Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] 6 Tips Rumah Aman dari Pencuri Selama Libur Panjang!

Liburan jadi tenang tanpa kepikiran sana-sini

Libur Natal dan Tahun Baru tinggal hitungan hari. Biasanya momen ini dimanfaatkan sebagian orang untuk traveling ke luar kota atau luar negeri. Tapi ada satu hal yang sering bikin perjalanan jadi gak enjoy, karena kepikiran rumah yang sedang ditinggal dalam keadaan kosong.

Apalagi kalau kamu gak punya asisten rumah tanga. Tenang, jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan demi memastikan rumah tetap aman selama kamu tinggal liburan.

1. Lapor ke RT, RW, dan petugas keamanan kompleks

[INFOGRAFIS] 6 Tips Rumah Aman dari Pencuri Selama Libur Panjang!Unsplash.com/Nik MacMillan

Sebelum pergi liburan atau mudik dalam jangka waktu agak lama, pastikan ketua RT, RW, hingga satpam mengetahui jika rumahmu sedang kosong. Dengan begitu, mereka bisa membantu mengawasi dan memprioritaskan keamanan rumahmu. Saat ada sesuatu yang janggal atau orang tak dikenal, mereka bisa cepat bertindak.

2. Berhenti berlangganan koran sementara waktu

[INFOGRAFIS] 6 Tips Rumah Aman dari Pencuri Selama Libur Panjang!medium.com

Kalau kamu masih berlangganan koran harian, ada baiknya berhenti sementara sampai seluruh anggota keluarga kembali ke rumah. Koran yang menumpuk setiap hari di teras bisa jadi salah satu indikasi rumah sedang tak ada penghuninya dan memunculkan celah pencurian.

3. Pastikan kembali seluruh pintu terkunci

[INFOGRAFIS] 6 Tips Rumah Aman dari Pencuri Selama Libur Panjang!Unsplash.com/vivint.com

Pastikan berkali-kali kalau kamu sudah mengunci seluruh pintu, jendela, dan pagar. Sebisa mungkin hindari meninggalkan kunci dalam area rumah meski letaknya tersembunyi. Seperti dalam pot tanaman, jemuran, atau di atas pintu.

Bawa kunci rumah atau titipkan kepada tetangga yang kamu percaya. Sehingga ketika ada keadaan darurat, evakuasi jadi lebih mudah dilakukan dan barang berharga dalam rumah punya kesempatan diselamatkan.

4. Biarkan rumah tetap terlihat hidup

[INFOGRAFIS] 6 Tips Rumah Aman dari Pencuri Selama Libur Panjang!chrislewis.co.uk

Kalau aliran listrik atau lampu di rumahmu punya pengaturan waktu otomatis, ada baiknya atur lampu agar tetap menyala di malam hari dan padam di siang hari. Buat kesan rumah tetap "hidup" dan berpenghuni. Kalau tidak, pilih untuk tetap menyalakan lampu teras selama pergi. 

Baca Juga: 5 Destinasi Liburan Seru Bareng Si Kecil ala Artis, Asyik Banget 

5. Pasang CCTV

[INFOGRAFIS] 6 Tips Rumah Aman dari Pencuri Selama Libur Panjang!Phys.org

Memasang CCTV yang terhubung ke internet bisa jadi alternatif memantau kemanan rumah, kalau kamu punya bujet lebih. Kamu bisa tahu keadaan rumahmu kapan saja dengan mengaksesnya via smartphone. Selain CCTV, kamu bisa juga pasang alarm yang otomatis menyala saat ada perusakan dalam rumah.

6. Simpan benda berharga di tempat tak terduga

[INFOGRAFIS] 6 Tips Rumah Aman dari Pencuri Selama Libur Panjang!IDN Times/Sukma Mardya Shakti

Kita memang tak pernah tahu hal apa yang bisa terjadi selama meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dalam waktu panjang. Namun, langkah antisipasi untuk kemungkinan terburuk bisa dilakukan. Salah satunya menyimpan barang berharga, seperti perhiasan dan uang.

Hal yang bagus kalau kamu punya brankas khusus di rumah. Tapi buat kamu yang gak punya safety box, bisa simpan perhiasan di tempat yang tak terduga. Misalnya selipkan dalam kaus kaki dan simpan di sepatu, atau simpan dalam stoples gula yang tidak transparan dan isinya telah dikosongkan. 

Selain menjaga keamanan rumah dari tindak kejahatan, pastikan pula rumah aman dari masalah teknis yang bisa berujung bencana. Cek kondisi kelistrikan sebelum ditinggal pergi suapaya tak terjadi korsleting, pastikan pompa air dalam keadaan padam, serta cabut barang elektronik yang tidak perlu. Liburan jadi tenang dan nyaman, deh.

Baca Juga: Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmu

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci

Just For You