Comscore Tracker

Teknik Menyalip Slipstream Ala Sopir Bus Malam, Bisa Tabrakan Beruntun

Jangan pernah melakukan slipstream di Tol, Bahaya!

Jakarta, IDN Times - Banyak teknik untuk menyalip, salah satunya teknik ala sopir bus malam. Teknik ini dilakukan dengan cara menempel ketat kendaraan di depan, mengintip kendaraan dari lawan arah, lalu menyalip begitu ada kesempatan. Teknik ini punya nama keren, yakni slipstream. 

Ada anggapan teknik menyalip slipstream ini bisa menghemat bahan bakar. Sebab mobil hanya perlu mengikuti kendaraan di depannya tanpa harus memecah angin. Benarkah begitu?

1. Slipstream bisa memicu kendaraan beruntun

Teknik Menyalip Slipstream Ala Sopir Bus Malam, Bisa Tabrakan BeruntunFlickr.com/Jaguar MENA

Secara teoritis, teknik Slipstream  ini memang bisa menghemat bahan bakar. Namun pada saat yang sama teknik ini juga bisa memicu terjadinya kecelakaan beruntun. Sebab, jarak aman antara kendaraan jadi terabaikan. Sehingga jika terjadi sesuatu pada kendaraan di depan, seperti mengerem mendadak, akan sangat sulit bagi kendaraan di belakangnya untuk menghindar.

Baca Juga: Yuk! Intip Yamaha QBIX, Skuter Imut Nan Fashionable

2. Teknik yang biasa digunakan oleh pembalap mobil atau motor

Teknik Menyalip Slipstream Ala Sopir Bus Malam, Bisa Tabrakan Beruntunformula1.com

Nah slipstream sendiri memang sudah tidak asing lagi bagi para pembalap mobil ataupun motor. Istilah slipstream sendiri merupakan teknik yang pasti digunakan di dunia balap. Teknik ini sangat berguna untuk memanfaatkan kendaraan yang ada di depan untuk menahan terpaan angin.

3. Jangan lakukan slipstream di jalan biasa

Teknik Menyalip Slipstream Ala Sopir Bus Malam, Bisa Tabrakan BeruntunDok. IDN Times/Istimewa

Selain di jalan tol, kamu juga harus menghindari penggunaan teknik ini di jalan raya biasa, yang notabennya kendaraan lebih padat dan jarak antar mobil lebih dekat. Maka jika kamu lakukan ini di jalan biasa, dapat menimbulkan potensi kecelakaan beruntun akibat kurangnya ruang untuk bereaksi.

5. Banyak cara untuk menghemat bahan bakar selain slipstream

Teknik Menyalip Slipstream Ala Sopir Bus Malam, Bisa Tabrakan Beruntunauto2000.co.id

Mungkin untuk kamu yang tetap ingin mengirit bahan bakar kendaraan kamu karena mungkin mobil atau motor kamu boros, maka banyak cara untuk menghemat bahan bakar kendaraan bermotor kamu selain slipstream ya guys!

Apa saja caranya? Kamu bisa melakukan pengaktifan fitur eco mode pada kendaraan kamu atau bisa juga dengan cara pemeriksaan tekanan angin pada ban secara rutin yang pastinya bisa menghemat bahan bakar kendaraan kamu sekaligus terhindar dari kecelakaan atau hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Suara Klakson Jarang Terdengar di Thailand

Topic:

  • Aditya Perdana Putra
  • Dwi Agustiar

Just For You