TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ciri-ciri Ban Mobil Kempes, Jangan Anggap Angin Lalu!

Ban kempes bisa menyebabkan kecelakaan lho

ilustrasi mengisi angin ban mobil (pexels/Andrea Piacquadio)

Jakarta, IDN Times - Pernahkah ban mobil kamu kempes di tengah jalan? Hal itu sangat mengganggu sekali bukan? Apalagi jika kamu tengah berada di perjalanan menuju suatu tempat dan tidak ada jasa isi angin terdekat.

Untuk itu ada baiknya agar sedia payung sebelum hujan. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda ban yang mulai kempes. Apa saja ciri-ciri ban mobil yang mulai kempes? Yuk, kita simak berikut ini.

1. Ban terasa lebih empuk dari biasanya

ilustrasi ban (pixabay/nrjfalcon1)

Sebagai pemilik kendaraan, mungkin kamu sudah bisa membedakan mana ban yang kelebihan tekanan dan mana yang kekuarangan tekanan. Hal ini bisa kita rasakan lewat kenyamanannya.

Jika tekanan angin dirasa berlebihan, maka ban akan terasa keras sehingga feel berkendara akan terasa lebih kasar. Namun jika ban mulai kempes, maka selama mobil melaju akan terasa lebih empuk.

Baca Juga: Rotasi Ban Mobil Wajib Dilakukan, Bisa Mencegah Ban Aus Sebelah 

2. Terdengar suara gemuruh saat melaju

Poskota News

Ciri-ciri kedua adalah terdengar sedikit suara gemuruh saat mobil sedang melaju. Suara ini disebabkan oleh permukaan karet ban kempes yang menyentuh aspal. Sebenarnya, jika ban tidak kempes suara gemuruh itu tetap ada.

Namun saat ban mulai kempes, suara gemuruh tersebut dapat terdengar hingga ke dalam kabin karena permukaan ban yang menyentuh aspal semakin lebar.

3. Laju mobil terasa berat dan lambat

carfromjapan.com

Mungkin ini ciri-ciri yang paling bisa dirasakan oleh para pengemudi. Jika laju mobil mulai berat atau lambat, ini bisa diakibatkan oleh ban yang mulai kekurangan tekanan angin. Saat ban mobil kempes, permukaannya mulai melebar, sehingga gesekan dengan aspal akan meningkatkan beban mesin. Jadi, kecepatan mobil akan mulai terhambat dari biasanya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya