Comscore Tracker

Wajib Tahu 5 Tips Ini Sebelum Beli Mobil di 2021

Tin..tin.. Calon mobil mau lewat

Jakarta, IDN Times - Kendaraan mobil memang membuat mobilitas kamu dan keluarga jadi semakin mudah dan nyaman. Tapi, kamu ingin membeli mobil pada tahun ini? Jangan terburu-buru ya, guys. Mau itu mobil baru atau bekas, pokoknya wajib pertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar tidak banyak kejadian yang diinginkan. Jangan di-skip

1. Pahami dulu kebutuhan kamu

Wajib Tahu 5 Tips Ini Sebelum Beli Mobil di 2021Seseorang sedang melihat mobil baru di dealer mobil (Shutterstock/Nestor Rizhniak)

Pastikan saat ingin membeli kamu sesuaikan dengan kebutuhan, bukan keinginan kamu. Yang perlu diperhatikan tuh seputar berapa banyak nanti yang akan dibawa di dalam mobil. Apakah untuk sekeluarga besar? Berdua? Atau sendiri?

Setelah itu kamu bisa pertimbangkan jenis jalanan yang biasa sering kamu lewati dan berapa jarak tempuh rata-ratanya. Dan yang paling penting banget nih, sesuaikan juga dengan ukuran garasi yang tersedia ya, guys. Nah, semua ini adalah awal dari kamu memilih mana mobil yang cocok buat kamu. Coba deh di-list.

Baca Juga: Daftar 5 Merek Mobil Terlaris Sepanjang 2020, Wuling Masuk 10 Besar!

2. Sesuaikan dengan budget dan atur anggaran

Wajib Tahu 5 Tips Ini Sebelum Beli Mobil di 2021Pasangan sedang mengatur anggaran (Shutterstock/WAYHOME studio)

Nah, setelah kamu mengetahui apa kebutuhan kamu, segera deh sesuaikan dengan budget dan mulai atur anggaran. Hal ini agar keuangan dan dompet kamu tetap sehat, guys. Kalau kamu berencana membelinya cash keras sih kamu gak perlu repot memikirkan ini. 

Tapi, jika membelinya secara kredit, perlu diperhatikan ya! Tips-nya sih yang ideal cicilan mobil gak boleh lebih dari 15 persen total penghasilan kamu. Tapi bisa jadi berkurang kalau kamu memiliki pertimbangan yang lain. Intinya sih jangan sampai membebani diri ya!

3. Perhatikan teknologi dan kelengkapan fiturnya

Wajib Tahu 5 Tips Ini Sebelum Beli Mobil di 2021Interior mobil Wuling (Shutterstock/ardiwebs)

Kalau sudah semua, mulai deh pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Boleh lihat brosur atau searching di internet atau YouTube. Banyak juga yang review tentang mobil. Yang terpenting adalah juga memperhatikan teknologi dan fitur mobilnya untuk menunjang kebutuhan kamu. 

Salah satu yang menarik di awal tahun 2021 ini Wuling Motors memperkenalkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Sistem inovasi terbaru ini bisa menghubungkan kamu dengan kendaraan melalui internet car dan memaksimalkan keamanan. 

Jadi, dengan teknologi tersebut kamu bisa melakukan pengaturan via smartphone, misalnya engine start atau stop, mengunci mobil dan menyalakan serta mengatur AC. Selain itu kamu juga bisa mencari lokasi mobil kamu lewat smartphone, kalau lupa parkir di mana. Praktis banget, ‘kan?

Oh iya, dalam teknologi Internet Car juga ada fitur yang bisa diakses melalui head unit yaitu navigasi online, mengatur musik, dan internet messaging app. Semua didukung perintah berbasis suara. Jadi, gak ribet menekan tombol-tombol. Mau bales pesan dari si dia? Tinggal ngomong, nanti sistem voice to text akan membantu suaramu jadi pesan. Gak perlu ngetik. Kamu fokus nyetir aja.

Dengan teknologi ini kamu jadi bisa melakukan berbagai pengendalian dengan lebih mudah! Keren banget, ‘kan?

4. Pastikan juga memiliki fitur keselamatan

Wajib Tahu 5 Tips Ini Sebelum Beli Mobil di 2021Melihat fitur dan interior mobil di dealer (Shutterstock/Dragon Images)

Perhatikan pula saat memilih brand mobil, usahakan tak hanya melihat dari segi aesthetic-nya tetapi juga brand yang selalu prioritaskan keamanan untuk kamu. Wuling Motors juga memperkenalkan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang juga berada dalam payung inovasi WISE. Sistem ini membantu kamu untuk semakin mengurangi risiko kecelakaan.  

Teknologi ADAS ini tuh canggih banget. Dengan adaptive cruise, secara otomatis mobil akan menyesuaikan kecepatan dengan kecepatan kendaraan di depan biar jaraknya selalu aman. Apalagi saat lalu lintas lagi padat. Setelah itu juga bisa otomatis juga mengurangi kecepatan di tikungan.

Wajib Tahu 5 Tips Ini Sebelum Beli Mobil di 2021Mobil Wuling (Shutterstock/Pras Nazri)

Makin aman lagi dengan adanya safe distance & braking assistance. Hal itu akan memberikan peringatan ketika ada potensi tabrakan. Seperti peringatan suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya. Bahkan juga bisa menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya, saat kamu tidak cukup kuat menginjak rem. 

Dalam ADAS juga ada teknologi lane recognition. Jadi, kamu akan diperingatkan ketika kendaraan pindah lajur tanpa dikehendaki. Mobil pun akan secara otomatis nantinya mengoreksi kemudi untuk kembali ke lajur yang aman.

Selain itu juga terdapat fitur automatic light atau Intelligent Head Beam Assistance (IHMA). Kendaraan secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. 

Wah ini sih bakal membantu banget saat berkendara di jalan. Drive for a better life banget deh. Mau tahu lebih lanjut fitur dan sistem WISE dari Wuling Motors ini? Cek di sini, ya!

5. Pertimbangkan juga biaya perawatannya

Wajib Tahu 5 Tips Ini Sebelum Beli Mobil di 2021Ilustrasi mekanik mobil (Shutterstock/Nejron Photo)

Last but not least, kamu juga harus hitung juga ya biaya perawatannya. Seperti biaya cuci eksterior dan interior mobil. Lalu, kesehatan mesin untuk mengganti oli secara berkala. Hal ini tentu harus menyisihkan biaya untuk memastikan kondisi mobil tetap segar dan bugar. 

Nah, menurut kamu gimana? Kalau ada hal yang perlu dipertimbangkan lagi sebelum beli mobil di tahun ini tulis di kolom komentar, ya! Share juga ke teman-teman kamu. Siapa tahu ada juga yang mau beli mobil. (CSC)

Baca Juga: Wuling Almaz Jadi SUV Terlaris, Ini 5 Fitur Unggulannya!

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya