Comscore Tracker

Cara Menggunakan Dongkrak Mobil yang Benar dan Aman

Jangan terlalu tinggi, bisa bahaya

Rute kendaraan yang tidak selalu mulus berpotensi menimbulkan masalah, seperti ban bocor. Keberadaan dongkrak sangatlah penting untuk menangani hal ini. Namun, penggunaan dongkrak pun tidak boleh sembarangan, lho!

Kamu harus paham bagaimana cara meletakkan dongkrak, menggunakan, serta mengunci rodanya. Nah, untuk itu, penting bagimu mengetahui cara menggunakan dongkrak mobil. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini/

Jenis dongkrak mobil

Cara Menggunakan Dongkrak Mobil yang Benar dan AmanDongkrak mobil (Instagram.com/langnotgood)

Terdapat dua jenis dongkrak menurut pengaplikasiannya. Bagi kamu yang masih awam di dunia otomotif, tentunya belum familier. Nah, berikut jenis dongkrak yang umum digunakan.

1. Dongkrak mekanis

Gaya dorong pada dongkrak jenis ini, bertumpu pada roda gigi yang diteruskan ke dimensi batang. Saat digunakan, roda gigi akan berputar dan menimbulkan daya tekan pada batang dongkrak sehingga mobil bisa terangkat.

2. Dongkrak hidrolis

Dongkrak hidrolis memberi daya tekan yang dihasilkan pada cairan fluida. Berbentuk seperti mulut buaya dengan titik tumpu pipih dan roda kecil, dongkrak jenis ini dinilai lebih praktis dan efektif. Oleh karena itu, cocok digunakan pada semua jenis mobil.

Baca Juga: Mobil Mogok di Tol, Begini Penanganannya

Cara menggunakan dongkrak mobil

Cara Menggunakan Dongkrak Mobil yang Benar dan AmanIlustrasi Dongkrak Mobil (Pexels.com/Artem Podrez)

Mendongkrak mobil bukanlah hal sulit. Namun, kamu harus mengetahui cara mendongkrak mobil dengan benar supaya lebih aman dan tidak makan banyak waktu. Cermati caranya berikut ini.

1. Baca buku panduan

Langkah awal adalah mencermati buku panduannya terlebih dulu. Di dalamnya sudah dijabarkan secara lengkap cara meletakkan serta mengunci roda dengan tepat. 

2. Cari lokasi parkir datar

Ada baiknya kamu memilih lokasi parkir yang datar guna mempermudah proses mendongkrak. Area seperti ini dapat meminimalkan mobil tergelincir yang dapat membahayakanmu dan pengguna jalan yang lain.

3. Gunakan rem tangan

Langkah selanjutnya, adalah menghentikan laju mobil dengan rem tangan. Bila perlu, kamu bisa mengganjal ban dengan balok supaya mobil benar-benar tidak bergerak. Untuk mobil matik, taruh posisi tuas transmisi di posisi P atau parking.

4. Pastikan titik tumpu aman

Biasanya, titik tumpu dongkrak berada di antara batang gardan atau bagian bawah mobil sebagai rangka utama. Untuk itu, pastikan kamu telah meletakkan titik tumpu dongkrak secara tepat, ya!

5. Jangan dongkrak terlalu tinggi

Mobil akan rentan tergelincir jika kamu mendongkraknya terlalu tinggi. Ukuran ketinggian maksimal saat mendongkrak adalah 15 sentimeter. Jika lebih dari itu, maka akan membahayakanmu.

Hindari pula memasukkan bagian tubuh ke kolong mobil. Dikhawatirkan. kamu akan tergencet akibat mobil tergelincir dari dongkraknya. Namun, jika memang diperlukan, gunakan jack stand supaya lebih aman.

Nah, itulah cara menggunakan dongkrak mobil dengan benar. Pastikan kamu benar-benar mencermati langkah-langkah di atas, sebelum mendongkrak mobil agar terhindar dari bahaya.

Namun, jika masih ragu, ada baiknya mendatangi bengkel saja. Selalu cek IDN Times untuk mendapat informasi menarik lainnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Sunroof Mobil, Awas Bocor!

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya