Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Harus Cek Kolong Mobil Sebelum Menginjak Pedal Gas

Salah satunya biar binatang kesayangan gak terlindas

Jakarta, IDN Times - Banyak pengendara yang langsung cus begitu mobil dinyalakan. Padahal kebiasaan tersebut gak bagus, loh.

Sebab mobil gak selalu dalam keadaan prima. Apalagi jika mobil tersebut sudah berumur. Bagaimana jika selang rem ternyata bocor?

So, ada baiknya menyisihkan sedikit waktu untuk mengecek mobil sebelum menginjak gas. Salah satu caranya dengan menengok kolong mobil.

1. Dengan mengecek kolong mobil, kamu bisa mengetahui jika terjadi kebocoran oli

5 Alasan Kenapa Harus Cek Kolong Mobil Sebelum Menginjak Pedal GasIDN Times/Dwi Agustiar

Mengecek kolong mobil memang simpel. Tapi cara ini bisa mendeteksi jika terjadi kebocoran oli. Sebab oli yang menetes tentu akan meninggalkan jejak di ubin.

Kalau ada tetesan oli, sebaiknya segera kamu periksa ke bengkel. Sebab bisa-bisa mobilmu kehabisan oli jika terus dibiarkan.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

2. Tetesan air AC juga bisa terdeteksi

5 Alasan Kenapa Harus Cek Kolong Mobil Sebelum Menginjak Pedal GasUnsplash/Clem Onojeghuo

Memeriksa kolong mobil juga berguna untuk mengetahui apakah ada tetesan air AC. Jika ini terjadi, besar kemungkinan sistem pembuangan AC mobilmu sudah mampat. Segera bawa ke bengkel AC, ya!

3. Bisa jadi ada kotoran yang menempel di kaki-kaki mobil

5 Alasan Kenapa Harus Cek Kolong Mobil Sebelum Menginjak Pedal Gasunsplash.com/Jesse Collins

Perhatikan juga kaki-kaki mobil. Jika ada kotoran, seperti plastik atau daun, segera bersihkan. Kebiasaan ini bisa meminimalisir kerusakan pada bagian kaki-kaki, loh.

Oya saat memeriksa kaki-kaki, perhatikan juga apakah ada lelehan oli pada shockbreaker atau bagian power steering. Jika ada pelumas atau oli yang bocor, berarti ada masalah dengan kaki-kaki mobilmu.

4. Jangan lupa mengecek ban mobil

5 Alasan Kenapa Harus Cek Kolong Mobil Sebelum Menginjak Pedal GasIDN Times/Dwi Agustiar

Mengecek kolong mobil termasuk memeriksa tekanan ban. Kami bisa mengetahui tekanan ban kurang hanya dengan melihatnya secara langsung. Selain itu periksa juga apakah permukaan ban masih rata atau sudah ada bagian yang menonjol ke luar. Pastikan juga usia banmu tidak terlalu tua.

5. Pastikan tidak ada binatang kesayangan

5 Alasan Kenapa Harus Cek Kolong Mobil Sebelum Menginjak Pedal GasUnsplash/Yeoul Shin

Selain itu pastikan juga gak ada binatang kesayanganmu di kolong mobil. Ini penting agar binatang tersebut tidak tergilas saat mobil parkir atau keluar garasi.

Selain itu pastikan juga gak ada binatang kesayanganmu di kolong mobil. Ini penting agar binatang tersebut tidak tergilas saat mobil parkir atau keluar garasi.

Baca Juga: Lakukan 3 Hal Ini Agar Terhindar dari Montir Nakal!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya