Comscore Tracker

Steam Mobil: Kelebihan dan Hal yang Harus Diperhatikan

Bodi mobil jadi kinclong banget!

Jakarta, IDN Times - Banyak cara menjaga kilau mobil, salah satunya dengan memastikan kebersihannya. Untuk itu kamu bisa mencuci mobil secara rutin. Kalau lagi malas, kamu bisa membawanya ke tempat steam mobil.

Selain bisa menjaga kilau cat mobil, steam juga dapat mencegah korosi pada rangka dan bodi mobil. Sebelumnya, yuk, cari tahu apa itu cuci steam biar gak salah kaprah!

Apa itu steam mobil?

Steam Mobil: Kelebihan dan Hal yang Harus Diperhatikanilustrasi steam mobil (pexels.com/tima miroshnichenko)

Umumnya, tempat pencucian menyediakan fasilitas steam mobil. Ini merupakan proses mencuci menggunakan mesin steam. Mesin steam sendiri berupa alat semprot air dengan kompresor.

Mesin ini dapat mengeluarkan air bertekanan tinggi untuk mengikis kotoran pada sela-sela mobil. Meski begitu, selalu awasi mobilmu ketika di-steam karena berpotensi mengakibatkan kerusakan

Baca Juga: Bahaya Terlalu Sering Cuci Mobil Hidrolik 

Kelebihan steam mobil

Steam Mobil: Kelebihan dan Hal yang Harus Diperhatikanilustrasi steam mobil (pexels.com/julia avamotive)

Karena mayoritas tempat cuci mobil menyediakan steam, pasti terdapat kelebihan padanya. Selengkapnya, simak kelebihan steam mobil berikut ini:

  1. Mampu membersihkan kotoran secara tuntas, karena semburan air bertekanan tingginya. Ini diklaim lebih ampuh merontokan kotoran dibandingkan semprotan selang air biasa.
  2. Steam mobil bisa membuat tampilan mobil lebih kinclong, lho! Pasalnya, layanan ini  dilengkapi ekstra semir ban dan pembersihan interior dengan mesin vakum.
  3. Lebih efisien waktu dan biaya. Yap, dengan steam mobil penggunaan air di rumah dapat lebih hemat, mobil pun dijamin lebih bersih. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun lebih hemat. Steam mobil lengkap umumnya dipatok Rp100 ribu saja.

Hal yang harus diperhatikan saat cuci steam mobil

Steam Mobil: Kelebihan dan Hal yang Harus Diperhatikanilustrasi steam mobil (pexels.com/tima miroshnichenko)

Seperti yang diketahui, aktivitas steam mobil menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Meski efektif untuk membersihkan kotoran di sela-sela mobil, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan saat cuci steam. Berikut informasinya.

1. Hindari mengarahkan semprotan pada sensor kendaraan

Meski mobil keluaran terbaru telah disematkan komponen kelistrikan yang kuat serta tahan air. Namun, mintalah petugas cuci steam buat menghindari sejumlah spot sensor, karena berpotensi mengalami kerusakan.

2. Jauhi lapisan antikarat

Selanjutnya, hindari pelapis antikarat. Pasalnya, tekanan air yang tinggi dapat mengikis lapisan ini. Selain itu, himbau petugas cuci steam untuk gak menyikat area tersebut. Sebab, ini bisa menipiskan pelapis karat.

3. Perhatikan bodi dan cat mobil

Cat mobil memang didesain gak mudah terkelupas. Namun, mobil yang sudah melakukan pengecatan ulang dengan cat berkualitas rendah berpotensi mengalami ini. Terlebih, saat sisi bodi mobil gak presisi.

Nah, itulah informasi seputar steam mobil yang wajib kamu tahu. Meski memiliki sejumlah kelebihan, tetap perhatikanlah beberapa hal ketika melakukan cuci steam, ya.

Selanjutnya, temukan ulasan hingga solusi masalah otomotif lain di IDN Times. Sebab, semua yang kamu butuhkan ada di sini.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Memilih Sabun Cuci Mobil, Cek Dulu 5 Hal Ini

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Dwi Agustiar
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya