Comscore Tracker

Mau Pelek Mobilmu Tetap Kinclong? Ikuti Cara Ini!

#AutakAtik Bakal terlihat seperti baru

Alloy wheels atau rim atau velg atau juga pelek mobil bebas noda atau kotoran akan sedikit mendongkrak penampilan mobil. Meskipun mobil yang digunakan setiap hari adalah rilisan baru, tetapi kurang sedap dipandang jika peleknya kusam. Dan seperti bagian-bagian mobil lainnya, pelek juga membutuhkan perawatan berkala supaya tetap terlihat kinclong dan tahan lama.

Untuk diketahui, pelek mobil paling umum beredar berbahan aluminium dan krom. Dan untuk membersihkannya nggak perlu pergi ke salon mobil, karena bisa dilakukan sendiri. Berikut caranya!

1. Pelek mobilmu berbahan aluminium? Pakai saja minuman bersoda

Mau Pelek Mobilmu Tetap Kinclong? Ikuti Cara Ini!carfromjapan.com

Untuk alloy wheels yang terbuat dari aluminium, bisa menggunakan minuman ringan bersoda untuk menghilangkan noda. Setelah pelek dicuci dan dikeringkan, tuangkan minuman ringan bersodanya. Diamkan selama 20 menit, kemudian setelah itu gosok menggunakan spons yang biasa digunakan untuk mencuci piring.

2. Amplas tahan air juga bisa membersihkan noda di pelek berbahan aluminium

Mau Pelek Mobilmu Tetap Kinclong? Ikuti Cara Ini!Youtube.com/RobHoffmann20

Selain minuman bersoda, juga bisa menggunakan amplas tahan air untuk menghilangkan karat. Pilih amplas dengan kekasaran serendah mungkin untuk menghindari goresan pada pelek.

Jangan lupa untuk memercikkan air selama proses scrubbing dan segera siram dengan air bersih setelah selesai. Untuk memaksimalkan hasil, semprotkan cairan khusus supaya pelek terlihat mengkilap dan seperti baru.

3. Untuk pelek mobil berbahan krom, cukup pakai aluminium foil

Mau Pelek Mobilmu Tetap Kinclong? Ikuti Cara Ini!top10besttips.com

Untuk pelek krom, bisa menggunakan bahan aluminium foil. Cuci pelek dengan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran dan noda yang masih membandel. Jika terasa sukar, tambahkan saja air garam atau cuka untuk memudahkannya.

Setelah kering, ambil aluminium foil seperlunya dan gosokkan ke permukaan pelek yang memiliki noda atau karat. Jika karatnya tebal, beri sedikit tekanan ketika menggosoknya dan jangan lupa untuk memberikan sedikit air biasa atau air garam supaya lebih maksimal.

Jika karat telah hilang, siram sekali lagi dengan menggunakan air bersih dan segera lap sampai kering supaya nggak meninggalkan noda.

4. Pasta gigi juga bisa membersihkan noda di pelek berbahan krom

Mau Pelek Mobilmu Tetap Kinclong? Ikuti Cara Ini!Youtube.com/Emanuel Ciurariu

Selain aluminium foil, bisa juga menggunakan pasta gigi untuk mengirik kerak yang menempel. Setelah pelek dicuci dan dilap kering, oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan pelek. Diamkan beberapa saat sampai setengah kering dan lap menggunakan kain bersih yang lembut.

Good luck!

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You