Comscore Tracker

Mobil Listrik Tesla: Tipe dan Harga Terbaru 

3 jenis mobil Tesla dijual di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Mobil listrik kini semakin banyak diincar. Selain ramah lingkungan, perawatan mobil listrik cukup mudah dan simpel. Salah satu merek mobil listrik yang paling terkenal adalah Tesla.

Produsen mobil asal Amerika ini menguasai pasar mobil listrik di dunia. Meskipun di Indonesia sendiri masih belum banyak yang menggunakan mobil listrik, tetap saja mobil listrik Tesla banyak yang mengincarnya.

Berikut IDN Times rangkum beberapa mobil Tesla harga dan tipe terbaru.

1. Mobil Tesla di Indonesia

Mobil Listrik Tesla: Tipe dan Harga Terbaru Tesla model X (mbtech.info)

Di Indonesia sendiri, diler resmi penjualan Tesla dipegang oleh Prestige Image Motorcars. Tesla dilaporkan telah menguasai 22,2 persen pangsa pasar kendaraan listrik di dunia dengan penjualan mencapai 2,65 juta unit pada Januari-Juni 2021.

Mobil listrik Tesla dihargai mulai dari Rp1 miliar. Terdapat 3 jenis mobil yang dijual di pasar Indonesia, yaitu Tesla model S, Tesla model 3, dan Tesla model X.

Baca Juga: Ini 3 Perbedaan Utama Mobil Listrik dan Bensin

2. Tesla model 3

Mobil Listrik Tesla: Tipe dan Harga Terbaru Tesla Model 3 (oto.com)

Tipe mobil yang satu ini menjadi pilihan mobil Tesla dengan harga yang paling murah, yaitu Rp1,5 miliar. Mobil ini merupakan mobil jenis sedan dengan 5 dudukan. Mobil keluaran 2016 ini dapat mencapai jarak tempuh hingga 402 km dalam sekali pengisian.

Tersedia dalam 5 warna, mobil Tesla yang satu ini bisa menjadi pilihan yang aman bagi Anda yang baru ingin mencoba mobil listrik.

Baca Juga: Tesla Roadster Jadi Mobil Listrik Tercepat di Dunia 

3. Tesla model S

Mobil Listrik Tesla: Tipe dan Harga Terbaru Tesla Model S (oto.com)

Model sedan lainnya dari Tesla yang tersedia di Indonesia yaitu Tesla model S. Berbeda dengan model lainnya, desain dari mobil ini bertemakan futuristik. Lampu utama mobil di bagian depan menggunakan LED dengan bentuk yang menyipit.

Terdapat tiga varian model S yang dijual, yaitu P85+, long range, dan plaid. Perbedaan ketiga varian ini ada pada kapabilitas akselerasi dan jarak tempuh dalam sekali pengisian.

Model long range dapat mencapai jarak tempuh hingga 627 km, mobil ini dijual dengan harga Rp3 miliar. Sedangkan untuk Tesla model S P85+ dihargai Rp2,25 miliar dan Tesla model S Plaid + mencapai Rp4,4 miliar!

4. Tesla model X

Mobil Listrik Tesla: Tipe dan Harga Terbaru Tesla Model X (oto.com)

Selain mobil jenis sedan, Tesla juga mengeluarkan mobil listrik jenis SUV. Resmi dikeluarkan pada tahun 2015, Tesla model X telah mengalami beberapa perkembangan hingga saat ini.

Varian Tesla model X terbaru yang dikeluarkan pada tahun 2020, yakni Tesla model X Performance dijual dengan harga Rp4,4 miliar. Kelebihan mobil ini adalah bisa memuat banyak, hingga mencapai 7 orang dan dapat mencapai jarak tempuh hingga 490 km dalam sekali pengisian baterai.

5. Nilai lebih mobil listrik Tesla

Mobil Listrik Tesla: Tipe dan Harga Terbaru Interior mobil Tesla (unsplash/Jonas Leupe)

Seperti yang sudah diketahui, kelebihan utama mobil listrik adalah ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Hal ini dapat membantu mengurangi pencemaran udara dan memperbaiki kualitas udara lingkungan sekitar.

Namun, ada beberapa kelebihan lain yang ditawarkan Tesla, yaitu fitur Supercharger Tesla. Pengemudi dapat mengisi daya dengan cepat selama 15 menit dan mobil dapat mencapai jarak tempuh hingga 200 km. Hal ini tentunya sangat menarik perhatian calon pembeli.

Untuk interior, mobil Tesla didesain untuk memiliki tampilan seminimalis mungkin. Fungsi-fungsi yang biasanya ada pada dashboard mobil dipindahkan menjadi satu dalam monitor yang terletak di dashboard depan mobil.

Selain itu, mobil Tesla juga sudah dilengkapi dengan fitur autopilot dengan kecanggihan navigasi yang dimilikinya. Mobil listrik pun tidak menghasilkan suara yang bising saat dikendarai, sehingga pengemudi bisa nyaman saat mengendarai mobil Tesla di jalanan.

Penulis: Nafila Chaerunnisa

Baca Juga: 5 Pemain Utama Mobil Listrik Dunia, Tesla Masih Jadi Primadona?  

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya