Comscore Tracker

5 Mobil Listrik Karya Anak Bangsa

Ada bus juga loh!

Jakarta, IDN Times – Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah meneken Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan pada 12 Agustus 2019. 

Namun jauh sebelumnya beberapa mobil listrik pernah muncul di tanah air. Hanya saja saat itu perkembangan mobil-mobil listrik tersebut terhambat karena ketiadaan regulasi. Nah, berikut mobil-mobil listrik yang pernah mencuri perhatian publik otomotif tanah air.

1. Ahmadi

5 Mobil Listrik Karya Anak Bangsaenciety.co

Unik ya namanya, seperti nama orang. Mobil listrik Ahmadi ini merupakan mobil listrik ini dibuat oleh PT Sarimas Ahmadi Pratama di Depok. Bentuknya sangat mungil mengingatkan kita pada Hyundai Atoz yang dulu sempat berjaya.

Mobil ini sempat diperkenalkan oleh Dahlan Iskan yang dulu menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 2012.

Baca Juga: Pemerintah Canangkan Mobil Listrik Nasional, Begini Kata Millennials

2. Tucuxi

5 Mobil Listrik Karya Anak BangsaANTARA/Sigid Kurniawan

Pada Desember 2012, mobil listrik karya anak bangsa kembali muncul, yakni Tucuxi. Mobil buatan Ricky Elson ini memiliki desain yang unik dengan bentuknya yang lonjong. Sekilas desainnya memang mirip dengan supercar Bugatti. Apa kabar Tucuxi sekarang, ya?

3. Gendhis

5 Mobil Listrik Karya Anak Bangsadahlaniskan.worpress.com

Pada 2013 diperkenalkan juga mobil listrik karya anak bangsa oleh Ricky Eelson. Mobil ini adalah mobil listrik berjenis minibus yang kalau dilihat-lihat hampir serupa dengan mobil keluarga mewah asal Toyota, yakni Alphard.

Gendhis ini dirakit di rumah modifikasi asal Yogyakarta yang memang sudah terkenal hasil karyanya di kalangan modifikator, yaitu bengkel Kupu-Kupu Malam.

4. Selo

5 Mobil Listrik Karya Anak BangsaANTARA News/Roberto Calvinantya Basuki

Masih di tahun 2013, satu lagi mobil listrik yang juga sempat diperkenalkan oleh Dahlan Iskan adalah mobil listrik Selo.

Mobil listrik ini juga berbentuk seperti supercar buatan Italia, McLaren MP12C. Mobil ini terlihat sangat elegan dan sporty dari segi eksterior, mulai dari bentuk bodinya, velg, hingga desain pintunya yang memiliki model scissors yaitu pintu yang terbuka ke arah atas.

Oh ya, mobil ini adalah pengganti atau bisa dikatakan penerus dari Tucuxi yang setahun sebelumnya juga diciptakan oleh Ricky Elson.

5. Mobil Anak Bangsa (MAB)

5 Mobil Listrik Karya Anak BangsaANTARA/Asep Firmansyah

Nah, kalau dari tadi hanya dibahas mobil penumpang atau mobil pribadi, kali ini ada juga mobil listrik Indonesia yang diperuntukkan sebagai angkutan umum berjenis bus.

Mobil ini bernama Mobil Anak Bangsa (MAB) yang dibuat oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB), diperkenalkan dan diuji coba tahun lalu, yakni 31 Agustus 2018 di kawasan Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: 3 Tahun Lagi, Industri Mobil Listrik Hadir di Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya