Comscore Tracker

Tips Aman Melewati Polisi Tidur    

Biar kaki-kaki mobil awet 

Jakarta, IDN Times – Kamu yang sering naik mobil atau motor pasti gak asing dengan yang namanya speed bump atau polisi tidur. Biasanya polisi tidur dipasang agar pengendara menurunkan kecepatan.

Ada aturan khusus yang mengatur spesifikasi polisi tidur. Tapi banyak yang gak tahu dan karenanya melanggar aturan ini. Akibatnya ada banyak polisi tidur yang gundukannya kelewat tinggi sehingga membahayakan dan berpotensi merusak kendaraan.

Nah, berikut beberapa cara aman melintasi polisi tidur.

1. Perhatikan tekanan angin ban

Tips Aman Melewati Polisi Tidur    theramppeople.co.uk

Sebelum berkendara, ada baiknya memeriksa tekanan angin pada ban karena tekanan angin akan berpengaruh terhadap hentakkan yang diterima oleh kendaraan saat melalui polisi tidur.

Melalui polisi tidur dengan kondisi tekanan angin yang kurang tentu dapat merusak kaki-kaki mobil, terutama pada bagian pelek. Biasanya akan menyebabkan pelek menjadi peang (penyok).

Baca Juga: Asal Usul Istilah Polisi Tidur, Ternyata Diimpor dari Inggris! 

2. Perhatikan cara pengereman

Tips Aman Melewati Polisi Tidur    reliance-foundry.com

Sebaiknya kamu melakukan pengereman secara perlahan saat melalui deretan polisi tidur. Selain mengurangi aus pada kampas rem, suspensi kendaraan juga awet karena mengurangi daya kejut pada suspensi.

Selain berpengaruh pada komponen kendaraan, hal ini juga demi menjaga jarak aman dengan pengendara lain di belakangmu dan mencegah diri sendiri agar tidak jatuh bila menggunakan motor.

3. Kurangi kecepatan

Tips Aman Melewati Polisi Tidur    waterfordwishpersnews.com

Kalau teknik yang satu ini juga memiliki fungsi yang sama dengan teknik pengereman, hanya saja ini adalah kebalikannya.

Dengan tidak mengebut, kamu akan mengurangi daya kejut pada suspensi sehingga per ataupun tie rod tidak akan cepat rusak, juga kamu akan terhindar dari oleng dan jatuh dari motor.

So, jangan asal melibas polisi tidur ya. Sebab, selain bisa membuat kaki-kaki mobil atau mobil mu cepat rusak, juga membahayakan keselamatan!

4. Lakukan teknik menyamping

Tips Aman Melewati Polisi Tidur    youtube.com

Teknik ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kendaraan yang ceper. Melewati polisi tidur dengan cara menyamping akan meminimalisir resiko mentok atau gasrot pada kendaraan, baik itu sasis ataupun bumper.

Namun untuk melakukan hal ini, kamu juga perlu memerhatikan keadaan sekitar karena akan mengganggu pengguna jalan lain apabila kondisi jalan yang dilalui sedang ramai.

5. Gunakan lampu jauh saat malam hari

Tips Aman Melewati Polisi Tidur    shutterstock.com

Kondisi malam yang cenderung gelap, apalagi bila tidak ada tambahan penerangan lampu jalan akan sangat membahayakan pengendara. Untuk itu nyalakanlah lampu jauh saat malam hari karena dapat membantu kamu untuk mengukur apa saja hambatan yang ada di depan.

Baca Juga: Aturan Baru SIM C Berlaku Akhir Tahun, Ada SIM Khusus untuk Moge! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya