Comscore Tracker

Tips Berkendara Saat Gempa, Jangan Panik!

Karena gempa gak pernah bisa diprediksi

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi selalu menjadi momok di negeri ini. Sebab bencana alam satu ini kerap meminta korban jiwa dan memporakporandakan bangunan serta jalan dan jembatan. 

Banyaknya lantaran gempa bumi tak pernah bisa diprediksi kedatangannya. Sehingga kita tak siap menghadapinya. Lalu bagaimana jika gempa terjadi ketika kamu sedang menyetir mobil? 

1. Jangan panik! Segera menepi ke bahu jalan

Tips Berkendara Saat Gempa, Jangan Panik!Unsplash/Alexander Hough

Jika gempa tiba-tiba datang, jangan langsung panik. Sebaliknya, menepilah secara perlahan ke bahu jalan. Pastikan kamu tidak menepi di depan bangunan tinggi, seperti gedung perkantoran atau mal. Jangan juga menepi di dekat pohon.

Setelah kamu berhenti secara sempurna, lekas tarik tuas rem tangan kemudian nyalakan lampu hazard. Ini penting agar guncangan gempa tak membuat mobilmu tergelincir. Lampu hazard berguna agar pengendara lain waspada.

Baca Juga: Tips Parkir Mobil di Tanjakan 

2. Jangan parkir di atas sambungan beton

Tips Berkendara Saat Gempa, Jangan Panik!Unsplash/John Volante

Jika kamu sedang berada di fly over, pastikan kamu tidak berhenti tepat di atas sambungan beton. Sebab sambungan beton menjadi titik paling riskan saat terjadi gempa. 

3. Jangan lupa mematikan mesin mobil

Tips Berkendara Saat Gempa, Jangan Panik!videvo.net

Satu hal penting lainnya adalah matikan mesin mobilmu selama gempa. Sebab gempa sangat mungkin merusak bagian mobil, termasuk bagian bawah tempat tanki bensin tersimpan. Mematikan mobil mesin bisa mengurangi risiko mobil terbakar akibat bocornya tangki bensin akibat gempa.

4. Segera ke luar dari mobil

Tips Berkendara Saat Gempa, Jangan Panik!Unsplash/Jacob Ufkes

Jika memungkinkan, ada baiknya kamu ke luar dari mobil dan menuju tanah lapang. Sebab tanah lapang adalah tempat paling ideal agar terhindar dari dampak gempa bumi. So, tetap berhati-hati ya guys!

Baca Juga: Alasan Sepeda Motor Gak Boleh Masuk Jalan Tol

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya