Comscore Tracker

Tips Parkir Mobil di Tanjakan 

Salah satunya dengan memberikan ganjalan

Jakarta, IDN Times - Bagi pengemudi pemula, memarkir mobil bisa jadi momen paling mengerikan. Sebab, sedikit saja salah perhitungan, bodi mobil bisa menyerempet mobil lain di sebelahnya. Apalagi jika terpaksa harus parkir di tanjakan curam.

Nah, berikut tips memarkir mobil di tanjakan. Biar kamu tenang dan mobilmu aman. Cekidot, ya!

1. Jangan lupa aktifkan rem tangan

Tips Parkir Mobil di Tanjakan eliottschool.org

Pertama, kamu perlu mengatur posisi parkir dengan rapih di bagian kiri jalan. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kendaraan lain yang ingin mengambil bagian kanan untuk mendahului. Kemudian, akitfkan rem tangan. Pastikan kamu telah menarik rem tangan agar mobil tidak bergerak maju atau mundur.

Baca Juga: Tiga Kelebihan Rem Tromol Dibanding Rem Cakram, Lebih Gampang Dirawat!

2. Masukan persneling lalu putar roda depan mobil

Tips Parkir Mobil di Tanjakan Raceseng.com

Untuk mobil manual, kamu perlu memasukan persneling, kemudian pindahkan tuas transmisi ke gigi 1 saat mobil terparkir di tanjakan. Tujuannya agar mobil tidak mundur.

Sedangkan untuk mobil matic, kamu bisa memindahkan tuas diindikator P saat parkir di jalan menanjak.

Setelah itu, putar setir sedikit sehingga ban berbelok menghadap tepi jalan atau trotoar. Tujuannya, jika rem tidak berfungsi, mobil tidak akan meluncur ke bawah, melainkan ke arah trotoar atau tepi jalan.

3. Ganjal ban mobil

Tips Parkir Mobil di Tanjakan Oto Detik.com

Terakhir, jika tanjakannya sangat curam, kamu bisa memberikan ganjalan pada roda bagian depan atau bagian belakang. Jika lokasi parkir sangat licin dan terjal, kamu bisa menambahkan ganjalan di roda bagian depan dan belakang secara menyilang.

Misalnya kamu bisa mengganjal roda depan bagian kanan dan roda belakang bagian kiri agar posisi mobil saat terparkir bisa tetap kuat dan aman.

Baca Juga: Kuno Tapi Bandel, Ini 3 Keunggulan Rem Tromol Dibanding Cakram

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya