TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Memanaskan Motor Matic Sebelum Bepergian

Memanasi motor yang benar dapat memengaruhi kinerja motor

Ilustrasi motor matic. Unsplash/Artem Bali

Jakarta, IDN Times - Memanaskan motor, khususnya motor matic, sering dilakukan pengendara sebelum bepergian. Aktivitas ini sepertinya sudah menjadi rutinas banyak biker di negeri ini.

Tapi sebenarnya apa sih kegunaan memanaskan motor dan bagaimana cara memanaskannya yang benar?

Nah, berikut penjelasan tentang ritual memanaskan motor yang perlu kamu ketahui.

1. Fungsi memanaskan motor matic

Ilustrasi motor matic (Shutterstock/Cornelius Krishna Tedjo)

Memanaskan motor matic umumnya dilakukan pada pagi hari sebelum kendaraan digunakan. Hal ini dilakukan untuk melumasi mesin dengan oli. Pada saat malam hari atau ketika motor matic lama tidak digunakan, terjadi proses pencampuran udara pada bahan bakar.

Ada baiknya memanasi motor dan kendaraan agar ketika digunakan kendaraan dalam keadaan prima dan nyaman. Jika mengikuti cara memanasi motor matic dengan benar juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Maka, memanasi kendaraan sangat direkomendasikan.

Baca Juga: Deretan Skuter Matik Bermesin 150 CC    

2. Sebaiknya gunakan kick starter untuk memanaskan motor

Dok.pribadi

Untuk memanaskan motor matic, ada baiknya menggunakan kick starter atau dengan menggunakan kaki. Jika menggunakan electrical starter, akan mempengaruhi kerja dan kualitas aki kendaraan.

Aki sebagai sumber listrik kendaraan akan mengisi daya dari perputaran mesin motor. Jika daya dari aki belum terisi penuh dan dipaksa untuk melakukan tugas seperti menyalakan motor dari electrical starter, maka beban kerja aki akan berat.

Baca Juga: Jangan Ulangi, 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memanaskan Motor

3. Durasi yang tepat memanaskan motor

Spesifikasi Suzuki Let's 2022 (Suzuki Japan)

Jika sudah distarter, maka cara memanasi motor matic selanjutnya adalah dengan memperhatikan durasinya. Disarankan memanaskan motor selama 30 detik saja. 

Sebab memanaskan motor matic tidak perlu terlalu lama karena itu hanya akan membuang bensin secara sia-sia. Memanaskan selama beberapa menit sudah cukup membuat bagian mesin terlumasi oli.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya