Comscore Tracker

Selain Oli, 5 Komponen Sepeda Motor Ini Wajib Juga untuk Diperiksa

Membuat berkendara menjadi aman dan nyaman

Oli dapat dikatakan sebagai pelumas yang membuat mesin dapat berjalan mulus. Sama-sama diketahui jika tidak rutin untuk periksa oli dapat dipastikan sangat berbahaya untuk kondisi sepeda motor. Hal terburuk bisa saja sewaktu-waktu mesin ngejim alias macet.

Ternyata selain oli yang harus diperiksa berkala. Beberapa komponen sepeda motor lainnya wajib juga lho untuk mendapatkan perhatian lebih. Alasannya, selain dapat membuat berkendara lebih aman juga membuat kondisi motor tetap terjaga. Agar lebih jelas, yuk simak di bawah ini.

1. Pastikan kondisi lampu dalam keadaaan terang

Selain Oli, 5 Komponen Sepeda Motor Ini Wajib Juga untuk Diperiksaunsplash.com/Duncan Adler

Dalam hal ini wajib kamu tekankan bahwa lampu merupakan suku cadang paling vital di sepeda motor. Tak hanya berfungsi untuk menerangi saat malam hari saja. Namun lampu juga diklaim bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di siang hari.

Untuk itu, coba pastikan sebelum berkendara periksa lampu sepeda motormu apakah masih dalam kondisi yang normal.

2. Periksa ban motor untuk menghindari terjadinya slip

Selain Oli, 5 Komponen Sepeda Motor Ini Wajib Juga untuk Diperiksaunsplash.com/Harley-Davidson

Selanjutnya yang perlu lakukan adalah memeriksa kondisi ban. Komponen satu ini tak bisa di anggap enteng lho. Yang dapat kamu lakukan seperti pastikan tekanan angin ban sudah pas, normalnya 30 Psi.

Selanjutnya jika ban sudah terlihat aus alias sudah tipis lebih baik segera ganti yang baru saja. Sebab daya cengkram di aspal bakal menurun.

3. Jika rantai kering coba diberikan pelumas

Selain Oli, 5 Komponen Sepeda Motor Ini Wajib Juga untuk Diperiksaunsplash.com/Artem Beliaikin

Rantai sepeda motor berfungsi sebagai penyalur tenaga dari crankshaft (poros engkol) ke roda belakang. Jika kondisi rantai kering tentunya bakal menimbulkan suara berbisik yang berdampak pada mengganggu kenyamanan saat berkendara bukan.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada sepeda motormu. Rantai perlu diberi pelumas apabila telah menempuh 1.000 km ataupun pemakaian seminggu sekali.

Baca Juga: Sederhana, 5 Langkah Mengganti Oli Motor Sendiri

4. Periksa bunyi klakson

Selain Oli, 5 Komponen Sepeda Motor Ini Wajib Juga untuk Diperiksaunsplash.com/Devon Wilson

Meski terlihat sepele, faktanya klakson sangat berperan penting juga saat berkendara. Contohnya saja, jika klakson sepeda motor tidak berfungsi secara normal bakal membuat pengendara mengalami kesulitan bukan.

Bunyi klakson pada saat kondisi normal tercatat memiliki taraf intensitas sebesar 40 dB. Jika bingung cara memeriksanya, kamu bisa unduh aplikasi pengukur tingkat kebisingan yang telah tersedia di ponsel Android mu.

5. Pastikan kerja rem tidak blong

Selain Oli, 5 Komponen Sepeda Motor Ini Wajib Juga untuk Diperiksapexels.com/Artem Beliaikin

Yang terakhir wajib untuk kamu periksa yakni rem. Pasalnya, komponen satu ini sangat erat kaitannya dengan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Untuk itu kamu pastikan sepeda motormu dapat berhenti dengan sempurna.

Jika kampas rem rasanya telah habis sangat disarankan untuk mengganti yang baru. Selain itu, untuk minyak rem kamu hanya perlu menggantinya setiap 2 tahun sekali atau telah mencapai jarak 24.000 km.

Itu dia lima komponen yang sangat penting untuk diperiksa berkala. Terlepas dari itu semua, semoga kamu selalu aman-aman saja dalam berkendara ya guys.

Baca Juga: 5 Tanda Sepeda Motormu Perlu Ganti Oli Segera, Sudah Dicek?

Deka Apriansyah Photo Verified Writer Deka Apriansyah

TEP, Universitas Andalas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya