Comscore Tracker

Motor Susah Distarter? Cek 3 Komponen Ini Sebelum ke Bengkel

Bukan semata karena aki tekor

Jakarta, IDN Times - Pernah mengalami motor matic mendadak susah distarter? Kalau pernah pasti tahu dong betapa menjengkelkannya masalah satu ini. Sebab, tanpa elektrik starter, berarti kamu harus mengengkol untuk menyalakan motor. Merepotkan dan akan sangat melelahkan.

Nah, berikut beberapa kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab kenapa motor matic sulit  dihidupkan atau distarter seperti dikutip dari situs resmi Wahana Honda. Cekidot ya!

1. Switch Starter

Motor Susah Distarter? Cek 3 Komponen Ini Sebelum ke BengkelYoutube.com/Far Reach Engineering

Switch starter berfungsi menghubungkan dan memutus arus listrik pada kendaraan secara tidak langsung. Karena itu kamu bisa mencurigai bagian ini jika motor maticmu gak mau distarter.

Cara paling gampang mengecek switch starter bermasalah atau nggak adalah dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Apabila terdengar bunyi seperti krek-krek, bisa jadi itu pertanda electric starter motormu bermasalah, entah karena rusak atau terlalu kotor sehingga perlu dibersihkan.

Baca Juga: Motor Mogok Terendam Banjir, Segera Lakukan 6 Hal Ini!

2. Dinamo starter

Motor Susah Distarter? Cek 3 Komponen Ini Sebelum ke BengkelIDN Times/Dwi Agustiar

Dinamo starter juga bisa dicurigai jika motor matik sulit dihidupkan. Karena dinamo starter bisa rusak karena korsleting, terputus, atau sejenisnya. Jika benar masalahnya ada di dinamo starter, kamu bisa mengganti arang kumparan yang terpasang pada dinamo.

Bianya gak mahal kok, sekitar Rp20 ribuan. Hanya saja kamu harus membawanya ke bengkel khusus dinamo dan itu berarti harus keluar biaya jasa untuk mekaniknya. So, siapkan uang lebih, ya.

3. Bendik dan aki

Motor Susah Distarter? Cek 3 Komponen Ini Sebelum ke BengkelIDN Times/Dwi Agustiar

Komponen lain yang bisa kamu curigai adalah bendik. Bendik berfungsi menyambungkan arus listrik yang dikirim aki ke dinamo starter. Jika terdapat kendala pada komponen ini, arus listrik yang seharusnya disalurkan ke dinamo tidak akan terhubung dengan baik akibatnya mesin kendaraan pun tidak dapat menyala.

Masalah pada bendik biasanya terdapat bunyi berisik seperti ‘cetak cetak’ saat mesin dinyalakan. Kerusakan bendik ini sering kali disebabkan oleh bagian kutubnya yang kotor dan menjadi penghalang bagi arus listrik dari aki.

Solusinya biasanya cukup dengan membersihkan bagian tersebut agar dapat berfungsi optimal seperti semula. 

Selain itu masalah motor sulit dihidupkan juga bisa karena aki sudah soak. Kalau ini gak ada opsi lain sebelum menggantinya dengan yang baru. 

Baca Juga: Suara Gredek pada Motor Matik Bikin Jengkel? Cek Tiga Bagian Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya