Comscore Tracker

New Honda Genio vs Honda Scoopy, Apa Saja Perbedaannya?

Sama-sama pakai pelek ring 12 nih

Jakarta, IDN Times - PT Astra Honda Motor Motor meluncurkan New Genio pada Senin (14/3/2022). Banyak yang baru di skutik satu ini, seperti desain yang lebih fresh hingga kaki-kakinya yang kini lebih kokoh.

FYI, New Honda Genio ini menggunakan pelek berdiameter 12 inci milik Scoopy, lho. Gak mengherankan jika tampilan keseluruhannya jadi ciamik. Tapi, meski berbagi pelek yang sama, New Genio dan Scoopy tetap memiliki beberapa perbedaan.    

Nah, berikut perbedaan antara New Genio dan Scoopy.

1. Desain New Honda Genio dan Scoopy

New Honda Genio vs Honda Scoopy, Apa Saja Perbedaannya?New Honda Genio meluncur (PT AHM)

Bicara soal desain keduanya memang sekilas mirip, tapi New Honda Genio body-nya menyiku dengan garis yang lebih runcing. Sementara Honda Scoopy body-nya terlihat lebih klasik karena garisnya membulat.

Tetapi kalau diperhatikan ada beberapa kemiripan antara desain New Honda Genio dengan Honda Scoopy. Seperti sama-sama punya dek rata, desain lampu depan dan sein terpisah dari batok setang, dan juga desain lampu serta sein belakang yang posisinya mirip. Apa lagi setelah PT Astra Honda Motor (AHM) membekali Genio dengan pelek ring 12 juga, jadi makin mirip!

Baca Juga: New Honda Genio Dirilis, Ini Daftar Fitur Barunya

2. Spesifikasi mesin dan fitur

New Honda Genio vs Honda Scoopy, Apa Saja Perbedaannya?Mesin Genio dan Scoopy sama (Dok. AHM)

Dari mesinnya New Honda Genio ini sebenarnya sama persis dengan Honda Scoopy. Kedua menggendong mesin 110 cc 1-silinder SOHC eSP. Yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal 8,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Beda keduanya ada pada fiturnya, Honda Genio memiliki fitur yang gak selengkap Honda Scoopy. Fitur pada Genio adalah lampu depan LED, panel instrumen digital, dan juga power charger.

Sementara itu Honda Scoopy diberikan headlamp LED projector di depan, power charger, smart key system dengan answer back dan anti theft alarm, serta kombinasi panel instrumen digital dan analog.

3. Honda Genio dan Scoopy punya pasar yang berbeda

New Honda Genio vs Honda Scoopy, Apa Saja Perbedaannya?Varian new honda scoopy generasi kelima (IDN Times/Dok. Astra Motor Sumsel)

"Genio ini kami produksi untuk mengisi pasar matik pemula atau entry level, karena kami melihat pasar ini sangat penting dan besar. Pasarnya ini berbeda dari Scoopy yang lebih naik kelas, jadi ini adalah dua pasar yang berbeda," ujar Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM saat peluncuran New Honda Genio.

Makanya dari harganya pun keduanya punya perbedaan yang cukup jauh nih, New Honda Genio dijual dengan harga Rp18.050.000 sampai Rp18.650.000 tergantung tipenya. Sedangkan Honda Scoopy dijual mulai Rp20.475.000 sampai Rp21.275.000 tergantung tipenya. Kamu lebih suka yang mana nih?

Baca Juga: [BREAKING] New Honda Genio Resmi Mengaspal, Harga Rp18 Jutaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya