Comscore Tracker

Tips Menghadapi Anjing Liar Saat Bersepeda, Jangan Tatap Matanya!

Deg-degan pasti, tapi kabur bukan solusi

Jakarta, IDN Times - Banyak kejutan tak terduga saat belusukan dengan sepeda, seperti bertemu turunan curam atau tanjakan terjal nan panjang. Sering juga goweser bertemu anjing galak di tengah jalan. 

Kalau tidak terbiasa, biasanya goweser akan panik. Apalagi jika anjing tersebut menunjukkan wajah tak bersahabat dengan gonggongannya. Mengerikan banget, kan. Banyak yang kemudian memilih mengambil langkah seribu alias kabur. Padahal langkah tersebut sangat tidak disarankan, lho.

"Jadi sebaiknya kita biasa aja saat bertemu anjing. Kalau kita gak berani, ya kita hindari rutenya. Jadi rileks, tenang," kata pelatih anjing di Lovely Dog Training Center, Supriyono, kepada IDN Times, Jumat (25/9).

 Nah, berikut beberapa tips menghadapi anjing saat gowes.

1. Jangan panik

Tips Menghadapi Anjing Liar Saat Bersepeda, Jangan Tatap Matanya!manneliasinjurylaw.com

Jika di tengah perjalanan pesepeda dihadang oleh anjing yang tidak ada pemiliknya, Supriyono mengatakan agar pesepeda tetap bersikap tenang dan tidak memancing rasa curiga anjing tersebut.

"Jadi jangan malah kita curiga atau memancing kecurigaan si anjing itu sendiri dengan tingkah kita. Jadi ketakutan kita itu membuat si anjing merasa bisa nge-move kita," kata Supriyono.

Baca Juga: Mengurai Sejarah Sepeda Onthel, Sepeda Antik Paling Kece Sejak 1950

2. Jangan menatap mata anjing

Tips Menghadapi Anjing Liar Saat Bersepeda, Jangan Tatap Matanya!pexels.com/Vikas Solegaonkar

Supriyono melanjutkan, hal yang tidak boleh dilakukan pesepeda ketika dihadang anjing adalah menatap mata anjing. Menurutnya, tindakan ini seperti kita menantang si anjing.

"Kalau kita ketemu anjing lain terus kita gak boleh liatin dia. Ngeliatin dia itu bisa jadi membuat, kalau orang ya, itu bisa kayak tantang-tantangan. Jadi ya biasa, cuek aja," ujarnya.

3. Jangan mengebut

Tips Menghadapi Anjing Liar Saat Bersepeda, Jangan Tatap Matanya!bikeaccidentattorneys.com

Insting yang menghinggapi pikiran kita ketika berhadapan dengan anjing saat bersepeda adalah untuk ngebut menjauhi anjing secepat mungkin.

Supriyono mengatakan ini bukan strategi yang baik supaya anjing tidak mengejar. Ketika kita ngebut, bisa jadi memancing reaksi anjing. Ia mengatakan beberapa anjing punya karakter herding, seperti jenis German Shepherds.

"Herding tuh bisa ngejar karena begitu dia melihat yang bergerak gitu dia bisa membuat emosinya naik, terus ngejar kita. Jadi saya sarankan biasa aja," tutur Supriyono.

Namun cara terbaik adalah menghindari rute yang diperkirakan ada anjing liarnya. So, selalu berhati-hati saat bersepeda ya, gengs!

Baca Juga: Sejarah Unik di Balik BMX, Ternyata Mewarisi DNA Motocross

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya