Comscore Tracker

Cara Merawat Kick Starter Pada Motor

Jangan menunggu sampai rusak, ya

Jakarta, IDN TIMES - Kick starter pada motor memiliki fungsi yang penting. Jika starter elektrik pada motor tidak dapat berfungsi dengan baik, kamu bisa menyalakan motor menggunakan kick starter yang biasanya berada di bagian bawah atau samping.

Namun, kick starter sering diabaikan oleh para bikers, lantaran lebih menyukai starter elektrik yang hanya membutuhkan satu kali tekan saja. Karena sering diabaikan, maka kick starter bisa saja bermasalah. Untuk itu, berikut adalah tips dalam merawat kick starter motor.

Baca Juga: Motor-motor Sport Touring Bekas Ini Dibanderol Kurang dari Rp10 Juta

1. Kontrol secara berkala

Cara Merawat Kick Starter Pada Motorkick starter

Lakukan pengontrolan secara teratur. Hal ini bertujuan agar kick starter dan komponen yang ada di dalamnya bisa terhindar dari karat.

Selain itu lakukan juga pengontrolan pada CVT agar tidak mogok kerja. Ada cara lain untuk menghindari karat, yaitu menggunakan penyemprot anti karat seperti WD-40.

2. Pakai minimal sekali sehari

Cara Merawat Kick Starter Pada Motorultimatemotorcycling.com/Kick Starter Motor

Kedua, kamu harus menggunakan kick starter minimal satu kali dalam sehari. Ini bertujuan untuk menghindari debu yang menempel pada area as dan gir pada kick starter.

Dengan menggunakan kick starter untuk memanaskan motor setiap pagi, kita tidak hanya membuang debu yang hinggap pada semua komponen kick starter, melainkan juga untuk menaikkan oli mesin. Selain itu, kamu juga perlu mencuci bagian kick starter secara berkala, ya. 

3. Selalu Bersihkan Komponen CVT

Cara Merawat Kick Starter Pada MotorIlustrasi CVT sepeda motor matik (Dok. IDN Times)

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan CVT motor. Kamu juga perlu melumasi setiap gigi pada bagian kick starter.

Gunakan pelumas khusus, karena oli biasa tidak akan bertahan lama. Menggunakan oli biasa juga akan membuat debu untuk melekat disana. 

Baca Juga: [FOTO] MotoGP Musim 2021, Motor-motor Ini Bakal Mencuri Perhatian

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya