Comscore Tracker

Mau Pakai Knalpot Racing? Yuk Kenali Plus dan Minusnya

Ternyata knalpot racing ada risikonya

Jakarta, IDN TIMES - Modifikasi kendaraan saat ini sudah menjadi hal yang lumrah, terutama bagi para bikers yang ingin menambah performa motornya.

Salah satu komponen pada motor yang sering dimodif adalah knalpot. Banyak bikers yang menggunakan knalpot racing dengan tujuan tertentu, seperti ingin meningkatkan akselerasi motor mereka.

Namun penggunaan knalpot racing sendiri punya manfaat beserta kekurangannya. Apa saja plus dan minusnya? Yuk kita simak bersama.

1. Meningkatkan performa dan tenaga mesin

Mau Pakai Knalpot Racing? Yuk Kenali Plus dan MinusnyaIlustrasi Kopling Mesin Sepeda Motor Honda (Dok. IDN Times)

Banyak bikers yang mengganti knalpot mereka dengan knalpot racing untuk meningkatkan tenaga mesin motor. Akselerasi motor akan meningkat, karena hambatan yang ada di knalpot racing tidak serumit pada knalpot bawaan motor tersebut. Walaupun tidak terlalu besar, setidaknya dapat membuat motor untuk memaksimalkan performanya di jalanan.

Baca Juga: Kapolda Metro Minta Razia Knalpot Racing, Sanksi Tilang Rp250 Ribu

2. Mendongkrak tampilan motor

Mau Pakai Knalpot Racing? Yuk Kenali Plus dan MinusnyaPixabay

Kedua, knalpot racing bisa meningkatkan tampilan motor kamu menjadi lebih keren, lho. Biasanya knalpot racing didesain lebih sporty dari knalpot standar. Gak mengherankan jika knalpot racing akan membuat motormu terlihat lebih gahar.

3. Polusi udara dan suara

Mau Pakai Knalpot Racing? Yuk Kenali Plus dan MinusnyaPixabay

Minusnya, tentu saja knalpot racing dapat menimbulkan polusi udara dan suara. Pertama, gas buangan yang dihasilkan kualitasnya tidak sebaik knalpot bawaan. Hal itu karena tidak adanya komponen catalytic converter yang berfungsi mengubah gas buang menjadi tidak terlalu beracun.

Kemudian, knalpot racing memiliki tingkat kebisingan yang sangat tinggi. Ini akan menyebabkan polusi suara bagi lingkungan sekitar. Banyak orang yang terganggu karenanya.

4. Risiko ditilang

Mau Pakai Knalpot Racing? Yuk Kenali Plus dan MinusnyaAnggota Satlantas Polrestro Depok melakukan penindakan terhadap pengendara yang menggunakan knalpot bising di fly over UI, Kota Depok. (Istimewa)

Bagi kamu yang menggunakan knalpot racing harap berhati-hati. Pasalnya, pemerintah mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaan knalpot racing di jalan raya. Tujuannya untuk menjaga lingkungan dari polusi udara dan suara. Jika kamu melanggarnya, maka siap-siap untuk ditilang.

5. Konsumsi bensin lebih boros

Mau Pakai Knalpot Racing? Yuk Kenali Plus dan Minusnyacraftsmanave.com

Walaupun bisa meningkatkan tenaga mesin motor kamu, penggunaan knalpot racing bisa membuat mesin menjadi cepat rusak. Ini terjadi karena mesin motor kamu mungkin tidak sesuai dengan knalpot aftermarket, sehingga tidak bisa mengimbangi kinerja dari knalpot racing tersebut. Oh ya, menggunakan knalpot racing juga boros BBM, lho. Hal ini karena tenaga yang dibutuhkan menjadi lebih besar. 

Baca Juga: Cara Membuat Knalpot Racing Biar Gak Berisik, Gampang Kok!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya