Comscore Tracker

3 Bahan Ini Ampuh Bersihkan Mika Lampu Motor

Salah satunya pasta gigi

Jakarta, IDN Times - Mika lampu motor merupakan salah satu komponen eksterior yang harus dijaga kebersihannya. Sebab, seiring berjalannya waktu, mika lampu akan menjadi kekuningan dan kusam.

Tapi jangan cemas karena ada beberapa komponen yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan mika lampu motor. Nah, berikut beberapa di antaranya 

1. Paket pembersih mika

3 Bahan Ini Ampuh Bersihkan Mika Lampu Motorm.crazysales.co.nz

Paket pembersih mika bisa menjadi solusi utama dalam upaya membersihkan mika lampu motor. Paket ini sudah banyak beredar di pasaran, biasanya berisi teko penguap, corong pengarah, antidrip, cairan nano, selotip kertas, amplas dan masker yang terdapat dalam satu box.

Dengan satu paket pembersih ini, kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan karena terjadinya pembersihan secara menyeluruh hingga ke pori-pori mika. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit saja dan tanpa harus bongkar kaca, maka mika pun sudah tampak kinclong seperti baru.

Langkah pertama membersihkannya, kamu harus tutup sekeliling mika menggunakan selotip kertas. Hal ini berguna agar permukaan cat gak rusak akibat lem perekat yang terkandung di dalam selotip kertas. Selanjutnya, kamu harus mengamplas mika lampu. Biasanya dalam paket tersebut tersedia amplas dengan tingkat kelembutan berbeda.

Sebelum menggunakan amplas, sebaiknya kamu merendamnya dengan air sabun terlebih dahulu selama lima menit. Hal tersebut juga berguna agar amplas gak menimbulkan goresan pada mika. Jika sudah, kamu bisa mengamplas mika lampu menggunakan amplas dengan lapisan kasar dan dilanjutkan dengan lapisan yang lebih lembut.

Selanjutnya, semprot cairan pembersih lalu poles dan lap sesuai petunjuk. Setelah itu masuk ke tahap penguapan, dengan menggunakan teko penguap yang telah diisi cairan nano. Penguapan gak boleh langsung terkena mika, harus diberi jarak sekitar 1 – 2 cm. So, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 10 Penyebab Lampu Motor Sering Putus

2. Pembersih kaca

3 Bahan Ini Ampuh Bersihkan Mika Lampu Motortokopedia.com

Meski mika lampu motor tidak terbuat dari kaca, tapi kamu masih bisa membersihkan area kekuningan pada mika menggunakan pembersih kaca lho. Sebelum membersihkannya, kamu harus pastikan terlebih dahulu bahwa spot yang menguning terdapat pada bagian luar atau dalam mika lampu. Sebab, kamu dianjurkan untuk mengganti mika dengan yang baru jika memang mengalami kekuningan di bagian dalam.

Apabila kuningnya di bagian luar, maka bersihkanlah menggunakan cairan pembersih kaca. Kamu bisa menggunakan jenis cairan pembersih kaca apapun asal aman untuk permukaan cat motor. Dalam pengaplikasiannya, langkah pertama kamu harus menyemprot cairan ke arah mika lampu, lalu lap dengan kain yang lembut secara perlahan dan merata.

Selanjutnya, kamu disarankan untuk mengoles polish pada mika lampu, namun jangan memolesnya di bawah paparan sinar matahari langsung. Biar hasil lebih maksimal, kamu bisa memoles mika lagi menggunakan pemoles elektrik setelah itu tambahkan wax silicone guna mencegah warna kekuningan pada mika lagi.

3. Pasta gigi

3 Bahan Ini Ampuh Bersihkan Mika Lampu Motorthewomensresourcegroup.com

Pada dasarnya, pasta gigi mengandung zat abrasif seperti silica atau soda sebagai pemutih, sehingga mampu membersihkan noda kuning pada mika lampu. Cara membersihkannya, pertama kamu harus cuci mika lampu dengan air bersih kemudian tutupi sekeliling mika menggunakan selotip kertas.

Setelah itu, tuangkan pasta gigi ke kain lembut yang basah terlebih dahulu , jangan langsung ke mika. Lalu, oleskan kain tersebut ke permukaan mika dan gosoklah secara perlahan dengan gerakan memutar. Jika masih kurang bersih, tambahkan pasta gigi lagi dan lakukan cara yang sama.

Goresan pada mika pun bisa dibersihkan oleh pasta gigi, dengan cara menekan kuat goresan dan pasta gigi menggunakan lap hingga memudar. Apabila sudah tampak bersih, lap mika dengan campuran air dan pasta gigi, setelah itu keringkan dengan kain lembut. Agar mika tampak lebih bening dan kinclong, kamu bisa menggunakan pemoles elektrik.

Baca Juga: Kymco Siapkan Stasiun Swap Baterai Motor Listrik dengan Lampu Jalan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya