Comscore Tracker

3 Bahaya Memakai Helm Tanpa Visor

Jangan sepelekan, visor sangat berperan penting.

Jakarta, IDN Times - Menggunakan helm tanpa visor ternyata punya bahaya tersembunyi. Tanpa visor, kamu bisa saja celaka, meski sudah menggunakan helm saat berkendara.

Visor punya fungsi sebagai pelindung mata kamu. Memang, terkadang banyak pengendara risih menggunakan visor dengan berbagai alasan. Tapi, jangan pernah mengabaikan fungsi visor karena dampak yang ditimbulkan tanpa menggunakannya begitu berbahaya.

1. Pandangan terganggu

3 Bahaya Memakai Helm Tanpa Visorinstagram

Pada dasarnya, visor helm sudah dilengkapi pengkal sinar ultraviolet (UV), hal ini sangat penting ketika kamu berkendara pada siang hari. Karena terkena saat terpapar sinar matahari, penglihatanmu akan menjadi silau sehingga mengurangi kewaspadaan saat berkendara.

Fatalnya, silauan sinar UV dalam jangka panjang juga bisa merusak penglihatanmu secara permanen. Gak hanya itu, terdapat hal lainnya yang merugikanmu juga, seperti terbakarnya kulit wajah.

Baca Juga: Tips Gampang Merawat Visor Helm, Biar Selalu Bening dan Jernih   

2. Benda asing masuk ke dalam mata

3 Bahaya Memakai Helm Tanpa Visorwahanahonda.com

Visor juga sangat berperan untuk mencegah benda asing masuk ke dalam mata, seperti debu, kotoran, dan serangga kecil yang berterbangan di jalan. Nah, dengan memakainya, sudah pasti benda asing tersebut tidak akan masuk ke mata.

Jika masuk, biasanya kamu akan refleks mengucek mata, sehingga kestabilan saat berkendara terganggu. Tentu, hal ini meningkatkan risiko terjatuh atau menabrak sesuatu di sekitarmu.

3. Mata menjadi kering dan iritasi

3 Bahaya Memakai Helm Tanpa Visorgoogle

Kaca pelindung pada helm ini juga bertugas memecah angin saat berkendara. Jika tanpa kaca ini, maka kamu akan terkena paparan angin secara langsung dan besarnya terpaan ini berbanding lurus dengan kecepatan laju kendaraan.

Sehingga, mata bisa menjadi kering dan iritasi, tentu saja kondisi ini akan mengurangi konsentrasi karena mata terasa pedih.

Baca Juga: Sena Punya Dua Helm Canggih, Ada Lampu Remnya!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya