Comscore Tracker

Step by Step Mendirikan Komunitas dan Klub Motor, Gampang Kok!

Bikin komunitas motor yang bermanfaat untuk masyarakat ya

Jakarta, IDN Times - Punya banyak teman yang suka motor, kenapa gak bikin komunitas atau klub motor aja? Sebab, dengan komunitas atau klub, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Ikatan pertemanan di dalam klub biasanya lebih kuat, solidaritas antaranggota juga biasanya lebih kental. Selain itu kamu juga bisa sharing pengalaman sekaligus berbagi pengetahuan seputar motor bersama-sama.

Nah, berikut cara mendirikan komunitas atau klub motor. Gak sulit, kok!

1. Tentukan nama klub atau komunitas

Step by Step Mendirikan Komunitas dan Klub Motor, Gampang Kok!Komunitas motor 'Maluku Satu Darah' (riding read.com)

Saat hendak mendirikan klub atau komunitas motor, sebaiknya kamu tentukan nama klub atau komunitasnya terlebih dahulu. Akan lebih menarik jika nama yang dibuat memiliki makna bagus dan mudah diingat oleh orang.

Perlu dicatat, jangan sampai nama klub kamu menyerupai dengan nama klub lain yang sudah ada, karena nantinya kamu akan dianggap plagiat bahkan kompetitor. Berdiskusilah dengan teman-teman yang ingin turut membentuk klub motor bersamamu.

Baca Juga: 5 Fitur Motor Scoopy, Wajib Diketahui Pengguna Motor Scoopy

2. Tentukan logo

Step by Step Mendirikan Komunitas dan Klub Motor, Gampang Kok!Ilustrasi logo (istockphoto.com)

Setelah mempunyai nama, maka tentukanlah logo yang nantinya akan menjadi ciri khas dari komunitas. Kalau bisa membuatnya dengan filosofi yang menarik, agar orang berminat masuk komunitas. Sama seperti nama, hindari logo dari kemiripan dengan komunitas lain ya. Gak masalah simple, yang penting mudah diingat orang.

3. Susun kepengurusan

Step by Step Mendirikan Komunitas dan Klub Motor, Gampang Kok!ilustrasi klub motor (Pexels/Alig Magni)

Pastinya kamu gak bisa bergerak sendiri tanpa melibatkan tim dalam berkomunitas. Maka yang harus dilakukan adalah, kamu mencari anggota terlebih dahulu. Setelah itu, susunlah kepengurusan dengan menentukan ketua, bendahara, sekerteris, humas, bahkan bagian tata tertib.

Nah, jika sudah terbentuk kepengurusan sebaiknya kamu dan kepengurusan segera membuat visi, misi, dan tata tertib untuk komunitas. Paling tidak visi misi kamu juga bermanfaat dan menguntungkan masyarakat ya.

4. Mempunyai relasi yang baik dengan komunitas lain

Step by Step Mendirikan Komunitas dan Klub Motor, Gampang Kok!instagram.com/komunitasmotortua

Nah, agar komunitas kamu dikenal luas oleh masyarakat, maka jangan sungkan untuk membangun relasi dengan komunitas motor lainnya. Dengan adanya relasi, maka akan terbentuk pengalaman dan kesmpatan untu melakukan kegiatan bersama-sama. Bahkan, kamu dengan relasi bisa semakin dikenal karena kesolidaritasannya.

5. Tentukan lokasi kopdar yang mudah dijangkau

Step by Step Mendirikan Komunitas dan Klub Motor, Gampang Kok!Kopdar komunitas FOCI (Dok. Yamaha)

Jangan lupa juga menentukan lokasi kopi darat (kopdar), yaitu ajang berkumpul bersama anggota komunitas. Biar anggota semakin akrab dan menyatu. Usahakan kamu mendapatkan lokasi yang mudah dijangkau, berdekatan dengan komunitas lain juga gak masalah. Tapi, jangan sampai merebut lokasi kopdar komunitas lain, seba bisa memicu keributan.

6. Buat agenda

Step by Step Mendirikan Komunitas dan Klub Motor, Gampang Kok!sheadv.com

Supaya komunitas motor gak monoton atau membosankan, so sebaiknya kamu buat agenda untuk kedepannya seperti touring dan bakti sosial. Jangan sampai lupa juga, bikin agenda berkunjung ke komunitas lain bakal mempererat relasi ya!

Baca Juga: Bikin Motor Jadi Klasik, 6 Bagian Ini Harus Dimodifikasi  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya