Comscore Tracker

10 Aksesoris Motor yang Lagi Tren dan Banyak Dicari

Beragam aksesoris untuk beragam jenis motor

Jakarta, IDN Times - Pengguna motor di Indonesia sangatlah masif, dengan beragam jenisnya mulai dari motor matic, motor bebek, hingga motor besar untuk touring. Oleh karenanya permintaan aksesoris pada motor pun juga cukup beragam tergantung dari jenis motornya.

Untuk beragam kebutuhan dan jenis motor yang kamu gunakan, berikut ada 10 aksesoris motor yang lagi trend dan banyak dicari sebagai bahan pertimbangan dan referensi. Yuk, disimak!

1. Socket charger handphone

Beberapa motor keluaran terbaru, seperti Yamaha Aerox dan Honda Genio, kini dilengkapi port charging sehingga kamu bisa mengisi ponsel saat sedang berkendara. Fitur ini sungguh membantu terutama bagi orang-orang yang menggunakan ponsel dalam frekuensi yang cukup sering saat berada di perjalanan, seperti driver ojol.

Untuk memanfaatkan fitur ini, kamu bisa membeli socket charger yang memiliki port usb untuk dapat mengisi daya pada ponsel saat berkendara motor.

2. Box motor

Aksesoris motor satu ini tentu tak boleh dilewatkan bagi para penggemar touring menggunakan motor. Yup, box motor merupakan aksesoris yang sangat berguna untuk menyimpan berbagai barang yang dibutuhkan selama di perjalanan jauh, terutama saat touring.

Selain dapat menampung banyak barang bawaan, box motor juga dapat berfungsi sebagai penyandar untuk penumpang motor.

Namun, pastikan untuk memilih box motor dengan kualitas material yang kokoh untuk dapat menyimpan barang bawaan serta menjadi sandaran penumpang motor.

3. Alarm motor

Alarm berguna untuk memperingatkan jika motormu hendak menjadi sasaran para curanmor. Fitur keamanan ini kini sudah banyak disematkan pada beberapa motor keluaran terbaru. Namun jika motormu belum dilengkapi dengan fitur alarm, kamu juga bisa memasangkan sendiri alarm pada motor di bengkel.

Agar fitur keamanan ini semakin ekstra terlindungi, bisa juga mencoba untuk menggunakan remote sebagai alat yang terhubung dengan alarmnya.

Remote ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu kamu lupa memarkirkan motor, sehingga dengan menekan remote maka alarm akan berbunyi sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan motor yang sedang terparkir.

4. Fairing

Aksesoris atau komponen satu ini tentu tak boleh terlewat oleh para pengguna motor sport atau motor balap. Fairing ini sebetulnya bukan hanya komponen penambah gaya semata, pasalnya fairing berguna untuk menjaga kestabilan terutama saat motor sport sedang berpacu dalam kecepatan tinggi. Walaupun begitu, motor sport yang dipasang fairing tambahan memang terlihat lebih maskulin dan bergaya, bukan?

Untuk kamu para pengguna motor sport dan balap, menambah komponen fairing pada motor kesayanganmu bisa menjadi pilihan yang sangat recommended. Karena selain menambah kestabilan saat melaju pada kecepatan tinggi, juga semakin meningkatkan citra maskulin pada motor.

5. Helm retro

Belakangan ini helm retro memang menjadi primadona di jalanan, terutama oleh para anak muda. Hal ini karena naiknya pamor skutik retro yang berlenggangan di jalanan. Sehingga untuk menambah kesan klasik yang semakin kental, banyak pengendara skutik retro yang memilih menggunakan helm retro untuk menemani dan memberikan aspek perlindungan saat berkendara.

Namun, selalu pastikan bahwa helm retro yang kamu gunakan berstandar SNI. Sehingga keamanan saat berkendara jadi lebih terjamin.

6. Lampu LED

Untuk beberapa motor keluaran terbaru memang sudah banyak yang menggunakan lampu LED sebagai sumber penerangannya. Namun, untuk motor keluaran lama biasanya masih menggunakan lampu jenis halogen. Padahal lampu LED mampu memberikan penerangan yang maksimal dengan konsumsi energi yang lebih ringan dibanding lampu halogen.

Jika kamu ingin mengganti lampu halogen pada motor menjadi lampu LED, kamu bisa mempercayakan pada bengkel-bengkel terpercaya dengan teknisi yang ahli pada bagian tersebut.

7. Knalpot racing

Walau banyak digandrungi oleh pengguna motor, khususnya motor balap. Knalpot racing memiliki dua sisi kelebihan dan kekurangan yang bertolak belakang. Untuk segi performa, motor balap dengan knalpot racing memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan motor berknalpot standar. Knalpot racing tidak memiliki penyaring gas sisa pembakaran. Gas pembuangan dibuang begitu saja sehingga tak menimbulkan tekanan balik pada mesin.

Namun, ada kekurangan yang terdapat pada knalpot jenis ini. Knalpot racing disinyalir tidak ramah lingkungan, hal ini karena pada knalpot racing tidak memiliki penteralisir gas buang atau yang disebut dengan katalitik konverter. Selain itu suaranya yang lebih bising akan menganggu kenyamanan pengendara lain saat berkendara. Oleh karena itu, gunakan knalpot racing ini dengan bijak dan sesuai dengan penggunaannya, ya!

8. Shockbreaker

Setiap motor tentu memiliki bekal shockbreaker bawaan dari pabrikan masing-masing. Namun, ada beberapa orang yang kurang nyaman dengan pengaturan tingkat suspensi dari pabrikannya. Ada yang merasa tingkat suspensinya terlalu keras, bahkan ada yang kurang nyaman jika suspensinya terlalu empuk. Sehingga modifikasi shockbreaker menjadi pilihan bagi para pengguna motor yang ingin menyesuaikan tingkat suspensi sesuai dengan kenyamanannya saat berkendara.

9. Jok motor

Jok motor menjadi salah satu aksesoris motor yang banyak diincar oleh para pengendara motor. Banyak yang ingin mengubah jok motor bawaanya menjadi jok motor variasi, mulai dari kulit hingga varian warna dan gambarnya. Selain itu jok motor modifikasi juga menjadi pilihan jika jok bawaan pabrikan motor sudah mulai rusak, karena harga serta variannya yang sangat beragam.

10. Windshield

Para pengguna motor untuk jarak jauh dan perjalanan touring seringkali mengincar aksesoris motor satu ini. Windshield berguna untuk menghalangi angin sehingga tak langsung menerpa tubuh bagian depan para pengendara. Selain itu windshield juga memberikan kesan motor jadi lebih stylish dibandingkan biasanya.

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya