Comscore Tracker

Ragam 9 Warna Visor Helm yang Ciamik

Bukan sekadar buat gaya, lho

Jakarta, IDN Times - Salah satu komponen yang tak boleh terlupakan saat berkendara motor adalah helm. Sebab helm berfungsi melindungi bagian kepala jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Selain itu visor pada helm juga berguna melindungi mata dan wajah. Visor memiliki berbagai warna yang disesuaikan untuk peruntukannya tersendiri. Kalau kamu bingung memilih warna visor pada helm, berikut ada 9 warna visor helm yang ciamik dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengendaranya masing-masing.

1. Visor Clear

Visor helm ini bening tak berwarna dan biasanya disematkan pada helm-helm bawaan dari pabrikan motor. Karena tak berwarna, pandangan mata saat menggunakan helm ini akan terlihat jelas baik siang maupun malam. Namun saat terik di siang hari, sorot matahari akan sangat menyilaukan pandangan mata karena warna visor yang bening tak menyamarkan silau dari matahari.

Baca Juga: Fungsi Spoiler Helm, Jenis, dan Cara Kerjanya

2. Visor Dark Smoke

Sesuai dengan namanya, warna visor helm ini berwarna gelap kehitaman yang begitu pekat. Saking pekatnya, wajah pengendara yang menggunakan helm dengan warna visor ini tak akan terlihat dari luar. Karena gelap, warna visor helm satu ini akan cocok digunakan saat cuaca terik namun kurang cocok jika digunakan untuk berkendara di malam hari.

3. Visor Smoke

Warna visor helm satu ini juga hitam gelap, namun tingkat kepekatannya lebih rendah dibandingkan dengan warna visor dark smoke. Sehingga wajah pengendara masih samar terlihat dari luar serta cukup efektif menyamarkan silau terik matahari saat berkendara.

Warna visor smoke pada helm ini juga masih bisa digunakan di malam hari, namun jika penglihatan mu tak begitu baik harap berhati-hati, ya! Karena walau warna gelap nya samar, bisa jadi kurang begitu jelas jika digunakan di malam hari bagi para pengendara yang penglihatannya kurang baik.

4. Visor Iridium Red

Iridium merupakan lapisan khusus yang ditempelkan pada visor helm sehingga warna visor tampak begitu mengkilap. Salah satu jenis warna visor iridium adalah merah atau red. Walaupun warna iridium nya merah, namun efek warna yang timbul pada warna visor ini adalah biru gelap.

Cukup efeketif digunakan untuk menyamarkan silau dari terik matahari, namun kurang disarankan digunakan di malam hari dan bagi para pengguna yang penglihatannya kurang baik, karena warnanya terlalu gelap.

5. Visor Iridium Blue

Dari sisi luar terlihat berwarna biru, namun warna visor iridium blue menghasilkan efek warna kuning dari dalam saat digunakan oleh pengendara. Warna visor helm ini dianggap paling aman digunakan di siang dan malam, karena selain ampuh untuk menyamarkan silau terik matahari, juga dapat menangkap kontras cahaya saat malam hari.

6. Visor Iridium Green

Warna visor helm iridium green ini berwarna hijau namun efek warna yang terlihat dari dalam helm adalah sedikit kemerahan. Untuk kejelasan pandangannya berada di bawah visor iridium blue, namun masih lebih jelas dibandingkan dengan visor iridium red yang begitu gelap.

7. Visor Iridium Silver

Jika dari luar memancarkan warna silver atau perak, tapi dari dalam warna yang terlihat adalah efek gelap yang cukup redup. Tingkat gelap pada warna visor iridium silver ini hampir mirip dengan visor smoke, namun visor iridium silver sedikit lebih gelap dibandingkan visor smoke. Sehingga bisa digunakan untuk menghalau silaunya terik matahari.

8. Visor Iridium Gold

Warna visor helm ini memancarkan warna keemasan yang mencolok dari luar, dan efek warna yang terlihat dari dalam warna visor helm ini berwarna gelap yang begitu redup. Cukup efektif untuk menjaga pandangan pengendara dari silau pancaran matahari namun kurang direkomendasikan digunakan di malam hari oleh pengguna yang penglihatannya tak begitu baik.

9. Visor Iridium Rainbow

Warna visor helm terakhir untuk varian iridium ini adalah warna rainbow atau campuran warna-warna yang begitu mengkilap, layaknya pelangi. Warna visor ini umumnya ditemui pada helm dengan motif yang cenderung ‘penuh’ sehingga kesan colorful dan ‘ramai’ nya semakin bersinergi.

Inilah ragam 9 warna visor helm yang cukup variatif dan menarik. Untuk teman berkendara motormu, sudah ada opsi menambatkan pilihan di jenis warna visor di atas?  

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto  

Baca Juga: Berbagai Macam Sistem Pengunci Helm, Mana Paling Aman?

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya