Comscore Tracker

Motor Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Pertama Penanganannya

Bongkar, jangan langsung dinyalakan mesinnya!

Jakarta, IDN Times – Hujan bisa diprediksi, tapi banjir sering kali sulit ditebak. Sebab banjir tak semata karena hujan, tapi bisa juga karena 'kiriman' dari daerah lain. Banjir kiriman inilah yang kerap merendam pemukiman, termasuk kendaraan.

Kendaraan yang terendam memang jadi pekerjaan rumah yang menyebalkan. Sebab memerlukan perlakuan khusus agar efek banjir tak berakibat fatal pada mesin. Nah, berikut langkah-langkah pertama yang harus kamu lakukan jika motormu terendam banjir.

1. Jangan langsung hidupkan mesin

Motor Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Pertama Penanganannyavideoblocks.com

Sesaat setelah motor terendam, menyalakan motor justru dapat memicu semua kotoran dari banjir tadi untuk masuk ke dalam ruang mesin dan akhirnya terjadi pengendapan. Alhasil, mesin pun lebih berisiko terserang karat dan aus. Lebih baik didiamkan saja dan lakukan tip berikutnya.

Baca Juga: Memasuki Musim Hujan, Ini Tip Melewati Banjir Dengan Motor

2. Buka mesinnya, bersihkan!

Motor Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Pertama Penanganannyacraftsmanave.com

Bongkar seluruh bagian, seperti busi, filter udara, blok silinder, dan lainnya. Ini memang sulit untuk dilakukan oleh orang awam, oleh karenanya lebih baik dorong motor ke bengkel terdekat untuk melakukan hal ini.

Tujuan pembongkaran ini tentu saja untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dari genangan air yang terlanjur merendam motormu. Rendam menggunakan cairan khusus penetral, atau semprot komponen-komponen tertentu dengan tekanan angin yang kuat hingga bersih, dan keringkan. Setelah itu, rangkai kembali.

3. Cek dan kuras oli

Motor Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Pertama Penanganannyarideapart.com

Menguras oli dan menggantinya dengan yang baru juga wajib dilakukan apabila motor sudah terlanjur terendam banjir karena biasanya oli cenderung sudah tercampur dengan air. Oli yang sudah tercampur ini tentu berubah tingkat kekentalannya dan bisa tidak cocok untuk mesin, yang akhirnya dapat menghambat kinerja mesin motor.

4. Keringkan komponen listrik

Motor Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Pertama Penanganannyamedium.com

Setelah komponen mesin dicek, dibersihkan, oli diganti, tahap selanjutnya adalah dengan mengeringkan komponen listrik. Sama dengan mesin, seluruh komponen kelistrikan ini perlu dibongkar agar dapat dengan mudah dikeringkan. Kemudian, pasang kembali dan lakukan percobaan untuk mengetahui apakah semuanya masih berfungsi dengan baik.

5. Periksa komponen rem

Motor Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Pertama PenanganannyaIDN Times/Yohanes Nugroho

Setelah semuanya beres, yang paling terakhir bisa diperiksa adalah sistem pengereman. Komponen rem, seperti kampas yang terendam banjir biasanya akan lembab, dan kalau kering bisa mengeras akibat tercampur kotoran.

Untuk mengatasinya, cuci terlebih dahulu kemudian lakukan pengetesan dengan menekan rem berulang kali sampai terasa dapat berfungsi dengan baik. Tapi akan lebih baik kalau kampas dan komponen lainnya segera diganti dengan yang baru untuk mengurangi risiko berbahaya selama berkendara.

Baca Juga: Tetap Aman dan Nyaman di Musim Hujan, 5 Item Ini Wajib Dimiliki Biker

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You