Comscore Tracker

Deretan Motor 2 Tak, Jadul Tapi Mantul!

Beberapa di antaranya masih eksis lho!

Jakarta, IDN Times - Motor-motor 2 tak kini gak lagi diproduksi. Gas buang menjadi salah satu alasan kenapa motor jenis ini disuntik mati. Padahal motor-motor 2 tak pernah menjadi raja jalanan di tanah air. 

Nah, berikut ini IDN Times akan ajak kamu untuk bernostalgia dengan deretan motor 2 tak jadul yang hingga kini masih menjadi idaman, bahkan menjadi buruan para kolektor. Apa saja, ya?

1. Yamaha RX King

Deretan Motor 2 Tak, Jadul Tapi Mantul!olx.co.id

Motor 2 Tak keluaran Yamaha ini cukup legendaris. Sebab, meski hanya mengusung mesin 135cc, namun tenaga yang disemburkan bisa tembus 18,5 PS. Kesan beringas semakin melekat pada motor ini jika melihat desainnya yang naked dan knalpotnya yang cempereng. Gak heran kalau motor ini sempat diidentikan dengan motor penjambret.

Meski begitu penggemar RX King cukup banyak. Bahkan banyak dari mereka rela merestorasi motor ini sehingga tampak seperti baru lagi. Keren, ya!

Baca Juga: Gokil! 5 Motor RX King Ini Dijual dengan Harga Selangit

2. Honda NSR SP

Deretan Motor 2 Tak, Jadul Tapi Mantul!Pinterest

Honda NSR SP 150 cc ini masuk kategori The Most Wanted. Bahkan sampai saat ini. Maklum motor ini menggendong mesin 149cc enam percepatan yang mampu menyemburkan tenaga hingga 39.5 PS! 

Sisi lain yang membuat motor Honda ini membuat ngiler banyak orang adalah banana arm yang diusungnya, benar-benar terlihat mewah. Belum lagi desain dan handlingnya yang enak banget. Tapi, untuk semua itu, kamu harus merogoh kocek yang lumayan dalam.

Pada tahun 2000, motor ini dijual importir umum dengan kisaran harga Rp 40 juta! Agak mahal memang, tapi membeli motor ini adalah investasi. Sebab harganya saat ini meroket, karena unitnya yang langka.

3. Yamaha RX Z

Deretan Motor 2 Tak, Jadul Tapi Mantul!olx.co.id

Meskipun sama-sama dikeluarkan Yamaha, namun motor ini berbeda dengan RX King. Kapasitas mesin motor ini mencapai 133cc dengan tenaga maksimal 20 PS. Sedikit lebih bertenaga dari RX King.

Pada awal kemunculannya, motor ini dilengkapi dengan transmisi lima percepatan. Namun pada tahun 1990 motor ini diberikan transmisi enam percepatan. Motor ini berhenti masuk Indonesia pada tahun 1999.

4. Kawasaki Ninja 150RR

Deretan Motor 2 Tak, Jadul Tapi Mantul!IDN Times/Dwi Agustiar

Siapa yang tidak kenal motor keluaran Kawasaki ini? Mengusung mesin 149 cc, motor satu ini bisa menyemburkan tenaga hingga 28,5 PS, jauh di atas RX King. Tak mengejutkan jika Ninja RR sempat menjadi primadona --sebab Honda NSR SP kelewat mahal.

Kelebihan lain RR dibanding RX King ada pada sistem pendinginan. Jika RX King masih mengandalkan pendingin udara, maka Ninja RR sudah mengadopsi pendingin cairan alias sudah menggunakan radiator. Kawasaki saat itu mematok harga motor ini pada kisaran harga Rp 29 - 30 juta.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

5. Suzuki RGR 150

Deretan Motor 2 Tak, Jadul Tapi Mantul!olx.co.id

Motor keluaran Suzuki ini juga jadi ikon pada jamannya. Motor ini memiliki kapasitas mesin mencapai 147cc dengan transmisi enam percepatan dan mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 26,5 PS. 

Untuk kapasitas tangki bensinnya mencapai 11 liter. Ada dua teknologi ala Suzuki yang disematkan ke motor ini, yaitu Suzuki Intake Pulse Control (SIPC), tekonologi ini berfungsi untuk mengontrol masuknya bahan bakar yang dibutuhkan mesin.

Teknologi lain yang disematkan adalah Suzuki Super Scavenging System (SSS) yang berfungsi memberi asupan udara yang lebih besar ketika mesin membutuhkannnya di putaran tinggi

Oua, motor ini telah mengalami tiga kali perubahan desain bodi dari tahun 1989-2000. Sayang sekali motor ini sudah langka di jalanan.

6. Yamaha TZM 150

Deretan Motor 2 Tak, Jadul Tapi Mantul!Youtube

Motor ini merupakan penerus dari Yamaha RX Z. Mengusung mesin kapasitas 147cc dengan sistem transmisi enam percepatan, motor ini bisa meletupkan tenaga hingga 35,7 PS. T

Tidak hanya itu, motor ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin cairan dan dilengkapi teknologi Yamaha Power Valve System (YPVS) yang mengontrol waktu pembuangan sehingga semakin banyak daya yang diperoleh.  

Gimana guys jadi kangen gak sama motor-motor 2 tak jadul yang kece dan keren ini?

Baca Juga: Banting Harga, Kawasaki Jual Ninja 250 SL Cuma Rp 35 Jutaan!

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya