Comscore Tracker

5 Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan, Prospek Bisnisnya Oke!

Bisnis ini lebih banyak menargetkan perempuan

Jakarta, IDN Times - Melakukan perawatan kecantikan di salon menjadi kegemaran setiap perempuan dan laki-laki karena pilihan perawatan yang ditawarkan dapat membuat diri menjadi lebih fresh dan healthy-looking. Melihat hal tersebut, memulai usaha salon kecantikan dapat menjadi satu peluang bisnis yang bisa dicoba. Namun, tidak berarti bisnis ini dapat dimulai dengan sembarangan. 

Tentunya, bisnis ini membutuhkan perencanaan yang matang, keterampilan, dan biaya yang cukup besar. Jadi, sebaiknya kamu memperhatikan 5 cara memulai usaha calon kecantikan berikut ini agar salon kecantikan yang dibangun tidak berhenti di tengah jalan. 

Baca Juga: Bingung Cari Ide Bisnis? 3 Bisnis Ini Bisa Laku Setiap Hari Lho!

1. Buat Rencana Bisnis yang Matang

5 Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan, Prospek Bisnisnya Oke!unsplash.com

Bisnis yang baik dimulai dengan rencana bisnis yang matang dan terarah, tidak terkecuali dengan bisnis kecantikan. Kamu bisa membuat rencana bisnis salon secara garis besar terlebih dahulu.

Rancang mulai dari konsep salon, segmen pelanggan, lokasi usaha, perlengkapan yang dibutuhkan, pembiayaan, rencana pemasok, sumber daya, jalur promosi dan lain sebagainya. Nantinya rencana ini akan berhubungan satu sama lain.

Setelah menyusun konsep, kamu bisa menentukan layanan dan keahlian apa yang akan dipilih dan pastikan benar-benar dikuasai. Untuk itu, kamu dapat mengambil kursus atau mempekerjakan karyawan dengan keahlian tersebut.

2. Tentukan Biaya Operasi Salon

5 Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan, Prospek Bisnisnya Oke!Unsplash/sharisocial

Selain rencana bisnis yang matang, biaya operasi juga penting dan menjadi hal yang utama yang harus dipikirkan. Biaya yang dikeluarkan untuk operasi salon kecantikan tentu berbeda-beda tergantung dengan konsep salon apa yang dipilih. Namun, jika modal yang dimiliki terbatas, maka perlu memilih layanan mana yang harus disediakan terlebih dahulu.

Kamu dapat menyusun anggaran dan melakukan survei terhadap peralatan yang akan digunakan dalam bisnis salon ini. Tentunya, peralatan yang dipilih harus berkualitas dan sesuai dengan besaran biaya yang dimiliki.

Baca Juga: 4 Tips Menjalankan Bisnis Salon Kecantikan Bagi Pemula Ala Steve

3. Memilih Lokasi Berdirinya Salon

5 Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan, Prospek Bisnisnya Oke!Dok Deal Medan

Tidak dapat dimungkiri bahwa lokasi menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan bisnis ini karena salon yang memiliki lokasi strategis dan dekat dengan target pelanggan akan membawa lebih banyak pelanggan untuk mendatangi salon kamu. 

Lokasi salon juga menjadi penting bagi kamu yang ingin memulai usaha salon kecantikan sendiri setelah bekerja dengan salon lainnya.

4. Perhatikan Tren Masa Kini

5 Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan, Prospek Bisnisnya Oke!vicsnailspa.com

Tentunya kamu harus update tren layanan kecantikan saat ini. Contohnya, jika kamu memulai bisnis salon dengan jasa potong rambut, maka kamu harus mengetahui potongan rambut apa yang sedang tren, mulai model rambut anak-anak, wanita hingga pria. 

Hal ini menjadi penting karena salon merupakan sarana untuk tampil lebih menarik, rapi dan kekinian. Jadi, kamu harus memahami kebutuhan pasar kecantikan saat ini.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Bisnis Dropship, Dagang Tanpa Modal!

5. Promosikan Salon

5 Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan, Prospek Bisnisnya Oke!neenahsatellite.com

Setelah semua rencana bisnis tela dilengkapi, tahap terakhir yang harus kamu lakukan adalah memperkenalkan salon kecantikan kamu. Di era digital seperti ini, model pemasaran yang ada  mampu memperkenalkan bisnis jauh hari sebelum toko benar-benar dibuka. 

Kamu bisa mempromosikan lewat media sosial atau website yang dibuat khusus untuk salon kamu. Dengan ini, calon pelanggan yang menjadi target pasar kamu akan menyadari keberadaan salon kecantikan yang kamu bangun. Itulah 5 cara memulai usaha salon kecantikan yang harus kamu perhatikan agar bisnismu tidak berhenti di tengah jalan.

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya