Comscore Tracker

Tips Membuka Cabang Usaha, Ini Sederet Hal yang Harus Diperhatikan! 

Opsi membuka cabang bisa dilakukan ketika bisnis berkembang

Jakarta, IDN Times - Saat berbisnis, tentunya bisnis tersebut dapat berkembang dan lebih maju. Ketika perkembangan sudah makin terasa dengan tingginya permintaan dan semakin ramainya usaha, kamu bisa mulai memikirkan opsi untuk membuka cabang. 

Membuka cabang tentunya membutuhkan banyak usaha. Tips berikut ini bisa kamu ikuti jika kamu ingin membuka cabang. Namun, pastikan usaha utama kamu lancar dan berjalan stabil. 

Hal ini karena salah satu kesiapan untuk membuka cabang usaha baru adalah tidak perlu melakukan pemantauan setiap hari terhadap usaha utama.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba di 2022, Tahun Macan Air!

1. Miliki tujuan dan modal yang memadai

Tips Membuka Cabang Usaha, Ini Sederet Hal yang Harus Diperhatikan! Ilustrasi Modal. (IDN Times/Aditya Pratama)

Memiliki sebuah tujuan yang ingin dicapai menjadi hal yang pertama dan penting untuk dipikirkan saat ingin membuka cabang. Hal ini karena adanya keperluan yang harus diperjelas sedari awal agar strategi yang digunakan pun lebih tepat.

Umumnya, saat ingin membuka cabang baru, kamu bisa membangun tujuan untuk memenuhi permintaan pelanggan yang semakin banyak atau untuk menembus pasar yang baru.

Tidak hanya itu, kamu juga memerlukan modal yang memadai untuk buka cabang. Berbagai biaya dibutuhkan untuk sewa tempat, gaji karyawan, dan dana kegiatan operasional.

Modal dapat berasal dari hasil keuntungan yang diperoleh saat menjalankan usaha utama atau mencari investor yang bersedia diajak bekerja sama untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Baca Juga: Mengenal GoModal: Pinjaman Modal Usaha Untuk Mitra Usaha Gojek

2. Telah lakukan riset pasar

Tips Membuka Cabang Usaha, Ini Sederet Hal yang Harus Diperhatikan! ilustrasi berbelanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Tips membuka cabang selanjutnya adalah kamu harus melakukan riset potensi pasar, khususnya terhadap lokasi baru yang akan ditempati.  Hal ini karena ada berbagai faktor yang berpengaruh, misalnya akses yang mudah dan kesesuaian target pasar.

Pastikan kamu mendapatkan lokasi strategis dan memiliki potensi pasar yang besar. Hal ini akan berdampak pada keberhasilan cabang baru.

Baca Juga: Ini 5 Keuntungan Usaha Warung kopi, Menjanjikan! 

3. Miliki SDM yang kompeten

Tips Membuka Cabang Usaha, Ini Sederet Hal yang Harus Diperhatikan! www.pexels.com

Di cabang baru kamu bisa menempatkan beberapa karyawan lama atau baru. Hal ini karena karyawan lama memiliki pengalaman yang lebih banyak dan akan sangat mudah menyesuaikan diri dengan ritme kerja meskipun di tempat baru. 

Namun, karyawan baru juga bisa memperoleh kesempatan untuk bekerja di tempat yang baru. Tentunya, dengan pertimbangkan yang matang supaya kegiatan operasional di cabang usaha baru dapat berjalan dengan optimal.

4. Kelola keuangan dengan tepat

Tips Membuka Cabang Usaha, Ini Sederet Hal yang Harus Diperhatikan! (IDN Times/Arief Rahmat)

Tips membuka cabang lainnya yang sangat krusial adalah melakukan pengelolaan keuangan dengan tepat. Pemilik usaha harus mampu mengelola keuangan di mana alokasi pendapatan dan pengeluaran harus distrategikan dengan baik.

Agar tidak terlalu rumit dalam mengelolanya, kamu bisa menyediakan layanan pembayaran non-tuna. Jadi, kamu tidak perlu lagi menyimpan cash dalam jumlah banyak karena risiko kehilangan lebih tinggi.

5. Lakukan promosi

Tips Membuka Cabang Usaha, Ini Sederet Hal yang Harus Diperhatikan! artikel

Tips membuka cabang yang terakhir adalah lakukan promosi cabang setelah usaha utama sukses. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah memberi informasi kepada pelanggan mengenai pembukaan cabang baru. 

Kamu bisa melakukannya melalui sosial media atau dari mulut ke mulut.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya