TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

15 Waralaba Restoran Terbesar di Dunia, McDonald's hingga Starbucks

Ternyata beberapa waralaba tersebut sudah ada di Indonesia

Logo Starbucks (sheknows.com)

Kamu pernah makan di McDonald’s atau KFC? Nah, McDonald’s dan KFC adalah salah satu waralaba restoran terbesar yang ada di Indonesia, bahkan di dunia.

Waralaba atau franchise adalah sebuah hak untuk melakukan pendistribusian produk ataupun layanan yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan ataupun digunakan oleh pihak berdasarkan perjanjian waralaba. Waralaba dianggap sebagai bisnis yang dapat meraup keuntungan dengan cepat dan hal ini membuat banyak orang menginvestasikan uanganya untuk bisnis waralaba karena dianggap menjanjikan.

Berikut ini adalah 15 waralaba restoran terbesar di dunia. Yuk lihat, kira-kira ada restoran favorit kamu atau tidak, nih?

1. McDonald’s

Ilustrasi gerai McDonald's (Pexels.com/MikechieEsparagoza)

Pertama kali dibuka pada tahun 1940, McDonald’s tumbuh menjadi restoran cepat saji yang besar dan sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Total sebanyak 38,700 waralaba yang dimiliki oleh McDonald’s hampir di seluruh dunia. Memiliki visi menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia, McDonald’s menjamin mutu-mutu produknya, memberikan pelayanan yang memuskan dengan menawarkan kebersihan serta keamanan produk pangan, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri, McDonald’s pertama kali masuk pada tahun 1991 di Sarinah, Thamrin. Di tahun 2009, PT. Rekso Nasional Food (RNF) yang merupakan anak perusahaan Rekso Group, menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO). Dengan begitu, pemberian izin diperoleh untuk mengoperasikan semua restoran dengan merk McDonald’s dan dapat membuka restoran baru di seluruh Indonesia. Telah lebih dari 200 gerai McDonald’s tersebar di Indonesia dan dengan produk unggulan dari restoran ini adalah burger bernama BigMac.

2. Subway

IDN Times/Debbie Sutrisno

Waralaba terbesar di dunia kedua adalah Subway. Identik dengan warna kuning dan hijau, Subway menawarkan makanan cepat saji berbentuk sandwich.

Didirikan pada tahun 1965 di Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat oleh sepasang teman Fred DeLuca dan Peter Buck. Sudah terdapat sekitar 36,800 lokasi di seluruh dunia.

Subway di Indonesia sendiri pernah hadir di Indonesia tahun 1986, tapi harus tutup di tahun 1998 karena krisis moneter. Lalu, dibuka lagi di Town Square Cilandak, Jakarta Selatan pada tanggal 15 Oktober 2021. Franchise Subway di Indonesia mungkin tidak sebanyak McDonals’s, tapi tentu Subway kemungkinan masih akan terus berkembang. 

Baca Juga: Waralaba: Pengertian, Jenis, dan Contoh Bisnisnya

3. Starbucks

starbucks.com

Suka nongkrong-nongkrong sambil minum kopi? Kamu bisa berkunjung ke waralaba Starbucks. Starbucks menjadi waralaba terbesar ketiga di dunia. Tidak hanya menjual minuman, Starbucks juga menjual makanan.

Waralaba ini didirikan oleh Jerry Baldwin, Gordon Bowker, dan Zev Siegl di Seattle, Amerika Serikat. Starbucks sendiri bertekad untuk menjadi sebuah perusahaan yang berbeda dengan perusahaan lainnya dengan misi memberikan inspirasi serta merawat jiwa setiap manusia, secangkir kopi, dan satu lingkungan pada satu waktu.

Starbucks juga ingin memastikan bahwa setiap orang menghargai setiap koneksi mulai dari komitmen terhadap kualitas kopi, hingga bagaimana mereka terlibat dengan pelanggan serta komunitas dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab. Saat ini, sudah terdapat sebanyak 33,800 cabang waralaba Starbucks di seluruh dunia. 

4. KFC

Ilustrasi Restoran Cepat Saji (IDN Times/Besse Fadhilah)

KFC atau Kentucky Friend Chicken adalah waralaba restoran cepat saji yang juga tidak kalah besar. Seperti namanya, menu utama dari KFC sendiri adalah ayam goreng dan juga terdapat beberapa makanan lain seperti burger dan juga minuman.

KFC termasuk ke dalam merk restoran cepat saji tertua yang saat ini masih eksis. Dibuka pada tahun 1930 oleh Harland Sanders di kota bernama North Corbin, yaitu negara bagian Kentucky, Amerika Serikat.

Sedangkan di Indonesia, pemegang hak waralaba untuk merk KFC adalah PT Fast Food Indonesia dan didirikan pertama kali di Indonesia pada Oktober 1979 tepatnya di Jalan Melawai, Jakarta. Pengembangan KFC semakin ekspansif semenjak pada tahun 1990 Salim Group bergabung sebagai salah satu pemegang saham di PT Fast Food Indonesia. 

5. Pizza Hut

Pizza Hut (pizzahut.co.id)

Berdasarkan jumlah lokasi, Pizza Hut menjadi waralaba restoran terbesar kelima. Pizza Hut didirikan pertama kali pada tahun 1958 oleh sepasang saudara Dan Darney serta Frank Darney di Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Perusahaan ini dikenal dengan menu masakan khas Italia-Amerika seperti pizza, pasta, serta lauk dan makanan penutup.

Terdapat sebanyak 18,700 waralaba Pizza Hut yang telah terbagi di seluruh dunia dan ini menjadikan Pizza Hut sebagai pembuat dan penjual pizza terbesar di dunia, termasuk Indonesia. Pizza Hut buka pertama kali di Indonesia pada tahun 1984 tepatnya di gedung Djakarta Theatre. Kini terdapat lebih dari 500 outlet tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Baca Juga: Mari Merapat! Ini 5 Spot Makan Burger Terlezat di Bogor

6. Burger King

pepper.ph

Seperti namanya, tentu Burger King menyediakan makanan burger sebagai menu utama. Namun, tidak hanya itu, Burger King juga menjual makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, dan minuman ringan.

Burger King pertama kali didirikan pada tahun 1953 di Miami-Dade, Florida, Amerika Serikat. Perkembangannya yang masif ini membuat Burger King mampu mempunya 17,800 lokasi yang tersebar di hampir seluruh dunia. Burger King merupakan waralaba jaringan restoran spesialis burger terbesar kedua setelah McDonald’s dan terbesar keenam untuk waralaba restoran.

7. Domino’s Pizza

foodbusinessnews.com

Domino’s adalah waralaba restoran cepat saji yang menjual pizza. Pertama kali didirikan pada tahun 1960 di Michigan, Amerika Serikat oleh dua bersaudara Tom Monaghan dan James Monaghan.

Domino’s Pizza membuka toko pertamanya di Indonesia pada 22 Agustus 2008 tepatnya di Pondok Indah. Kini telah memiliki lebih dari 120 toko yang tersebar di Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, Serang, Bandung, dan Bali. Domino’s Pizza termasuk ke dalam jajaran teratas merk restoran umum dengan lebih dari 11,250 gerai yang terletak lebih dari 75 negara.

8. Dunkin Donuts

wsj.com

Pertama kali didirikan di Massachusetts, Amerika Serikat oleh William Rosenberg pada tahun 1950. Dunkin Donuts adalah waralaba restoran dengan fokus menyajikan donat sebagai menu utamanya.

Dunkin Donuts dapat berkembang dengan pesat dalam kurun waktu 10 tahun, bahkan sudah dapat mendirikan 100 gerai. Hingga saat ini, sudah lebih dari 12,900 gerai didirikan di berbagai lokasi yang tersebar hampir di seluruh dunia. Meski namanya adalah Dunkin Donuts, tapi mereka juga menjual minuman seperti kopi, minuman cokelat, dan juga menjual makanan seperti sandwich.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Pizza di Jakarta Pusat, Topping Beragam

9. Hunt Brothers Pizza

Hunt Brothers Pizza (stripes.com)

Hunt Brother Pizza merupakan waralaba restoran yang menyajikan pizza Amerika dan didirikan pada tahun 1991 di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Saat ini, telah ada 8,000 lokasi Hunt Brother Pizza yang tersebar ke 30 negara bagian. Gerai Hunt Brother Pizza biasanya bergabung dengan mini market, SPBU, serta arena olahraga. 

10. Baskin Robbins

Baskin Robbins. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Pecinta es krim pasti tau waralaba ini. Baskin Robbins adalah waralaba restoran khusus es krim dan kue multinasional Amerika yang dimiliki oleh Inspire Brands.

Waralaba ini berbasis di Canton, Massachusetts dan didirikan pada tahun 1945. Setidaknya, kini Baskin Robbins memiliki total sebaran sebanyak 7,700 lokasi restoran di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, Baskin Robbins dioperasikan oleh perusahaan milik Chairul Tanjung, yaitu Trans Corp. Baskin Robbins telah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, diantaranya adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan lain-lain.

11. Krispy Kreme

historicoakwood.org

Krispy Kreme adalah waralaba restoran yang menjual berbagai macam donat. Waralaba ini didirikan tahun 1937 oleh Vernon Rudolph. Ekspansi besar-besaran mulai terjadi pada tahun 1950-an hingga Krispy Kreme telah dikenal di seluruh wilayah bagian Tenggara Amerika Serikat dan berkembang ke daerah lain juga.

Di Indonesia, hak penjualan atas waralaba Krispy Kreme dipegang oleh MItra Adi Perkasa dan pertama kali dibuka di Pondok Indah Mall 2 pada tahun 2006 dan terus berkembang. Krispy Kreme sendiri kebanyakan membuka gerainya di dalam mal.

12. A&W Restaurant

gerai A&W (yummyadvisor.id)

Waralaba ini menyediakan makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, burger, dan minuman. A&W didirikan pada tahun 1919 dan baru dijadikan franchise pada tahun 1925. Nama A&W ini berasal dari nama dua pendirinya, yaitu Roy W. Allen dan Frank Wright.

Pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1985 dan A&W selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Sudah terdapat lebih dari 230 gerai A&W yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 9 Potret Nama Restoran Cepat Saji Tiruan, Rasanya Mirip?

13. Auntie Anne

Jajanan di Auntie Anne's (instagram.com/auntieannesid)

Tidak jauh berbeda dengan Krispy Kreme yang menyajikan makanan berupa donat dan roti, Auntie Anne juga sama, tapi layanan yang ditawarkan lebih variatif. Auntie Anne berdiri pada tahun 1990 dan mulai dijadikan franchise pada tahun 1991. Waralaba ini berpusat di Atlanta, Georgia dan telah memiliki sebanyak 1,900 unit yang tersebar ke negara-negara lain. 

14. Wingstop

instagram.com/wingstop

Waralaba ini didirikan pada tahun 1994 dan membuka jasa franchise di tahun 1997. Wingstop merupakan waralaba restoran yang menyajikan ayam goreng dengan berbagai rasa.

Di Indonesia, hak waralaba Wingstop dipegang oleh PT Mega Mahadana Hadiya. Dengan kantor pusat di Dallas, Texas, saat ini Wingstop telah memiliki lebih dari 1,000 unit yang tersebar di banyak negara. Ekspansi pun dilakukan di Indonesia dan sekarang telah berada di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Cilegon, dan Surabaya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya