TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diserbu Investor, Penawaran SRBI Naik 4 Kali Lipat dari Target

Penawaran yang masuk capai Rp29,9 Triliun

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Dok. Departemen Komunikasi Bank Indonesia)

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia (BI) melaporkan instrumen baru SRBI (Sekuritas Rupiah Bank Indonesia) diserbu investor dan mengalami oversubscribed sejak diterbitkan pada 15 September 2023.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan pada lelang perdana tanggal 15 September 2023, terdapat penawaran sebesar Rp29,9 triliun atau 4,2 kali dari target lelang Rp7 triliun. Selanjutnya pada lelang kedua pada tanggal 20 September 2023 dengan target Rp5 triliun terdapat penawaran yang masuk 3,12 kali lipat atau sebesar Rp15,6 triliun.

"Pasar menyambut baik penerbitan SRBI ini, seperti tecermin pada tingginya penawaran dibandingkan dengan target (oversubcribed) dalam dua kali lelang SRBI pada September 2023,” ujar Perry pada Jumat (22/9/2023).

Baca Juga: BI Terbitkan Sekuritas SRBI, Bisa Dibeli Masyarakat? 

1. SRBI promarket

Ilustrasi kebijakan moneter

Perry menegaskan instrumen moneter SBRI sifatnya promarket dalam rangka memperkuat upaya pendalaman pasar uang, mendukung upaya menarik portfolio inflows. Serta untuk optimalisasi aset SBN yang dimiliki Bank Indonesia sebagai underlying

2. Tenor 6,9,12 bulan paling diminati

Kantor Bank Indonesia (BI). IDN Times/Hana Adi Perdana

Menurut Perry,  permintaan tertinggi ada pada tenor 6, 9 dan 12 bulan. Hal ini akan mendorong terciptanya jual beli di pasar sekunder dengan sisa maturitas antara satu bulan dan tiga bulan, bahkan 2 minggu.

"Karena umumnya tenor itu di secondary market, praktiknya, adalah dua minggu, 1 bulan dan 3 bulan. Jadi nanti akan muncul tenor-tenor yang 3 bulan, 1 bulan dan 2 minggu. Tentu secondary antar parapihak bisa saja 1 minggu tapi praktik yang umum pada tenor tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Bank Jago Jadi Bank Digital Terbaik di RI versi Forbes

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya