Comscore Tracker

Uang Boleh Utang Dipakai Main Saham, Ini Pesan BEI

Hindari berutang saat membeli saham

Jakarta, IDN Times - Fenomena membeli saham pakai uang dari berutang tengah menjadi sorotan. Ini terungkap lantaran banyak masyarakat yang mengeluh rugi berinvestasi di pasar modal, padahal sumber modal yang digunakan berasal dari utang.

Menanggapi hal ini, Bursa Efek Indonesia, mengimbau masyarakat tidak berutang atau pinjam demi membeli saham di pasar modal.

BEI melihat hal ini sebagai fenomena yang tidak baik, sehingga selalu mengingatkan kepada masyarakat, para investor, bahwa berinvestasi saham, selain berpotensi memberikan keuntungan yang baik, juga mengandung risiko kerugian.

"Sehingga kami mengingatkan untuk tidak menggunakan dana yang bersumber dari pinjaman atau utang, atau dana yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari, atau dana untuk kebutuhan darurat, atau dana kebutuhan jangka pendek lainnya," kata Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi dikutip dari ANTARA, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Ngutang demi Beli Saham? Investor Pemula Wajib Catat 5 Hal Ini

1. Investor jangan mengejar keuntungan secara instan

Uang Boleh Utang Dipakai Main Saham, Ini Pesan BEIIlustrasi Penurunan/Bearish (IDN Times/Arief Rahmat)

Hasan mengatakan, sebaiknya investor jangan terlalu percaya diri dan berorientasi mengejar keuntungan secara instan dengan berinvestasi di pasar modal.

Dia menyarankan investor tidak melihat dari sisi keuntungannya semata-mata, tetapi juga menghitung dan mengelola risiko dalam berinvestasi.

Menurut dia, sumber dana dari utang akan semakin meningkatkan risiko investasi, karena ada keterbatasan waktu untuk segera mengembalikan dana pinjamannya dengan tingkat bunga tertentu.

"Hal ini tentunya juga akan semakin membatasi pilihan dan strategi investasinya dan juga dapat mempengaruhi aspek psikologis para investor," ujar Hasan.

2 . Investor diminta meningkatkan pemahaman berinvestasi di saham

Uang Boleh Utang Dipakai Main Saham, Ini Pesan BEIIlustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

BEI juga mendorong agar para investor terus belajar dan meningkatkan pemahamannya dalam berinvestasi saham.

Apalagi saat ini BEI sudah menyediakan berbagai program dan sarana dalam melakukan edukasi kepada masyarakat dan juga para investor, melalui kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM), webinar, workshop, dan melalui media sosial BEI.

"Silakan memanfaatkan program dan sarana edukasi ini, atau pun program edukasi yang dilakukan oleh para anggota bursa. Saat ini sebetulnya sudah sangat banyak program edukasi yang baik dalam berinvestasi saham ini, yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat dan para investor kita," kata Hasan.

3. Investor pemula jangan coba-coba berutang untuk membeli saham

Uang Boleh Utang Dipakai Main Saham, Ini Pesan BEIIlustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan Lifepol.com menyatakan, berutang memang memudahkan menambah modal investasi atau trading, namun hal itu memunculkan risiko yang juga jauh lebih besar.

Maka alangkah baiknya bagi pemula untuk tidak melakukan hal ini.
Bayangkan jika kamu menggunakan utang untuk modal trading lalu harus melakukan cut loss (jual rugi) saham demi meminimalisasi kerugian. Maka, selain ada penyusutan dalam nilai aset, kamu juga tetap memiliki kewajiban untuk membayar utang.

Baca Juga: 5 Istilah Penting Dipahami saat Kamu Menganalisis Saham

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya