Comscore Tracker

Runway 3 Bandara Soetta Penuhi Aspek Keselamatan dan Keamanan

Runway 3 dapat dioperasikan sesuai standar keselamatan

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, memastikan operasional Runway 3 Bandar Udara Soekarno Hatta mampu dioperasikan secara optimal. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, memastikan operasional Runway 3 dapat dioperasikan sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Sejak awal, Runway 3 dibangun dengan konsep dependen runway, dengan memenuhi aspek keselamatan yang diperlukan sesuai dengan ICAO compliances, dengan strategi penanganan sistem lalu lintas udara secara segregated," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (24/1).

1. Kemenhub sudah beri respon surat ICAO terkait jaminan mitigasi

Runway 3 Bandara Soetta Penuhi Aspek Keselamatan dan KeamananDirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti. IDN Times/Hana Adi Perdana

Terkait dengan Surat ICAO perihal Permintaan Jaminan Mitigasi, pihaknya telah menyampaikan surat balasan terkait skema mitigasi pengoperasian runway 3. Polana memerintahkan pengelola Bandara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II dan Airnav Indonesia, untuk melakukan peningkatan kompetensi personel terkait dengan perubahan konfigurasi Runway 2 dan Runway 3.

"Kepada PT. Angkasa Pura II untuk segera melakukan penyempurnaan marking Stop Bar dari Runway 2 ke Runway 3," tuturnya.

Baca Juga: Dirjen Perhubungan Udara Jamin Aspek Keselamatan Runway 3 Soetta

2. Runway 3 Optimal Layani Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta

Runway 3 Bandara Soetta Penuhi Aspek Keselamatan dan KeamananMiniatur landasan. IDN Times/Siti Umaiyah

Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini beroperasi dengan tiga landas pacu yaitu Runway 1 yang terletak di Selatan serta Runway 2 dan Runway 3 di Utara.  Runway 3 sudah dioperasikan secara penuh dengan dimensi 3.000 x 60 meter, yang bertujuan untuk memperlancar lalu lintas dan meningkatkan kapasitas penerbangan tentunya dengan mengutamakan prinsip keselamatan serta tunduk pada peraturan. 

"Terhadap adanya ulasan dari pengamat kebijakan publik dan perlindungan konsumen sebelumnya, pada dasarnya runway 3 ini sudah direncanakan sejak lama dan sudah melalui tahapan diskusi serta koordinasi dengan seluruh stakeholder serta melalui kajian yang ditetapkan dalam masterplan dan mendapatkan persetujuan regulator," kata VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano.

Hingga saat ini, jumlah penerbangan yang sudah dilayani di Runway 3 sendiri mencapai 864 pergerakan penerbangan sejak beroperasi penuh pada 20 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, dengan rincian 587 pergerakan penerbangan domestik dan 277 pergerakan penerbangan internasional.

“Runway 3 tidak akan sukses beroperasi jika stakeholder tidak berkoordinasi erat dan saling mendukung, kami sangat berterima kasih kepada AirNav Indonesia, maskapai, serta masyarakat atas dukungannya terhadap Bandara Soekarno-Hatta," tambah Yado.

Baca Juga: Selain Runway 3, Jokowi Resmikan Tiga Sarana Bandara Soetta

3. Operasional runway di Bandara Soetta dibagi menjadi dua bagian

Runway 3 Bandara Soetta Penuhi Aspek Keselamatan dan KeamananIDN Times/Andra Adyatama

Lebih lanjut, Yado menuturkan bahwa operasional ketiga runway di Soekarno-Hatta saat ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Runway Bagian Selatan (Runway 1) dan Runway Bagian Utara (Runway 2 dan 3).

Didukung dengan kehadiran east connecting taxiway (ECT) pada akhir tahun lalu, yang melengkapi operasional west connecting taxiway (WCT), maka ketiga runway tersebut dapat optimal dalam meningkatkan keselamatan penerbangan, efisiensi dan kapasitas penerbangan.

“Keselamatan penerbangan meningkat karena Soekarno-Hatta jelas memiliki ruang lebih di sisi udara. Efisiensi juga meningkat seiring dengan berkurangnya jumlah antrian pesawat di taxiway dan di udara [airborne holding]. Jarak tempuh taxi dari apron ke runway atau sebaliknya juga lebih dekat dan semakin variative," jelas Yado.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta Sore Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya