Comscore Tracker

Presiden Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta Sore Ini

Pergerakan pesawat diharapkan meningkat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan meresmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1) sore. Presiden akan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Sore ini, Pak Menhub dijadwalkan akan mendampingi Bapak Presiden meresmikan runway ke-3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang diharapkan bisa menjadi solusi kepadatan aktivitas pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Baca Juga: Pegawai Mogok Kerja, Operasional Bandara Soekarno-Hatta Tetap Lancar

1. Penambahan runway dapat tingkatkan pergerakan pesawat

Presiden Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta Sore IniIlustrasi (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Landasan pacu ke-3 ini telah dibangun sejak akhir 2019, yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah tinggi. Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga landasan pacu yakni runway 1 di selatan dan runway 2 dan 3 di utara.

Runway dengan ukuran 3.000 x 60 meter ini diharapkan dapat meningkatkan pergerakan pesawat terbang, dari semula 81 pergerakan menjadi 113 pergerakan per jam, baik saat lepas landas maupun saat mendarat.

2. Memangkas waktu dari runway selatan ke utara

Presiden Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta Sore IniIlustrasi bandara (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Dengan adanya runway baru ini, waktu pergerakan pesawat dari runway selatan menuju utara, yang semula membutuhkan waktu 30 menit dapat dipangkas menjadi tujuh menit.

Pembangunan runway ini dirasa berdampak signifikan saat peak season seperti libur Natal dan Tahun Baru, karena saat itu Bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan yang lebih sibuk dibanding hari biasa.

3. PT Angkasa Pura II juga membangun east connection taxiway

Presiden Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta Sore Ini(Google Map)

Runway 3 ini juga diharapkan dapat meningkatkan keselamatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. Bersamaan dengan pembangunan runway ke-3, PT Angkasa Pura II (Persero) juga membangun east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara.

Dengan adanya east connection taxiway inilah jarak tempuh antar runway menjadi lebih singkat.

Baca Juga: Ini Fasilitas Digital untuk Milennialls di Bandara Soekarno Hatta

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya