Comscore Tracker

Asyiknya Nikmati E-Commerce, E-Games Hingga Parkour di Bandara 

Bakalan ada di bandara Soekarno Hatta dan akan ada kompetisi

Jakarta, IDN Times – Pernah gak kamu berpikir main gim elektronik (e-games), olahraga elektronik (e-sports) sampai parkour di bandara? Hmmm, mungkin main game masih bisa ya. Tapi bagaimana dengan parkour?

Tapi tenang saja, karena semua itu kini mungkin dilakukan di bandara yang dikelola Angkasa Pura II. Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya menyiapkan program millennial airport  travel experience (MATE).

“Jadi kita ingin millennial travel experience itu jadi fokus kita. Karena milenial ini adalah future customer kita,” kata Awaluddin kepada IDN Times dalam program Suara Millennials.

Angkasa Pura II (AP II) menyiapkan program itu karena punya sekitar 12 juta atau 68 persen dari penumpang mereka yang usianya millennial.

“Mereka berpergian, mereka travelling macam-macam ada yang bisnis karena mereka mungkin  sudah kerja ya. Ada yang visit family, ada yang karena holiday macam-macam. Konsep-konsep yang memudahkan para millennial untuk dapat experience baru di bandara,” ujarnya.

1. Gaet millennial, Angkasa Pura II siapkan pendekatan 3A

Asyiknya Nikmati E-Commerce, E-Games Hingga Parkour di Bandara IDN Times/ Helmi Shemi

Nah untuk menerapkan program MATE ini, ada 3 pendekatan yang dilakukan AP II yakni, augmentation, activation, dan amenities. Apa saja tuh?

Untuk augmentation contohnya adalah vending machine atau berbagai fasilitas yang ada di bandara. Activation adalah acara-acara yang dibuat oleh AP II. Terakhir adalah amenities berupa sarana.

“Kalau ngomong vending machine itu salah satu  augmentation kita. Facilities kita yang sudah mulai  kita benahi. Yang kedua adalah activation-nya,  event-event-nya. Yang ketiga adalah amenities nya itu  tempatnya, sarananya. Makanya kalau kemudian di terminal 3, terminal 2 Bandara Soekarno Hatta itu ada airport digital lounge,” jelas Awaluddin.

2. Asyiknya main e-games dan e-sports di lounge

Asyiknya Nikmati E-Commerce, E-Games Hingga Parkour di Bandara unsplash.com/@rawpixel

Di terminal 2 dan 3 internasional bandara Soekarno Hatta ada yang namanya I MATE Lounge, sebuah tempat yang bisa kamu gunakan untuk bermain e-games dan e-sports, termasuk beragam suvenir yang bisa kamu beli.

“Itulah amenities-nya untuk segmen milenial  jadi nanti sana ada e-games, e-sports, terus ada juga  macam-macam ada jualan suvenir. Pengunjung bisa tanding  sama temannya, ini sedang kita siapkan dan nanti  yang juga salah satu amenities itu,” ungkap Awaluddin.

Baca Juga: Cita-cita Dirut Angkasa Pura II Ingin Jadi Kepala Dinas Kebersihan

3. E-Commerce sampai bisa sewa mobile Wi-Fi

Asyiknya Nikmati E-Commerce, E-Games Hingga Parkour di Bandara b1047.iheart.com

Pihak AP II juga kini sedang menyiapkan e-commerce di I MATE Lounge. Di mana nanti kamu dapat membeli barang secara online dan mendapatkan di bandara.

“Jadi kalau segmen  millennial, pelanggan kita 'Oh ya saya mau  berangkat ke Surabaya tapi saya lupa bawa. Saya mau  beli power bank, kabel charger, ada, bisa lewat online e-commerce. Nanti langsung delivery di lounge,” ucap Awaluddin.

Gak cuma itu, AP II juga sedang merancang agar kamu bisa menyewa mobile Wi-Fi loh. “Atau butuh mungkin Wi-Fi mobile, mobile Wi-Fi dalam artian yang gratis. Tapi kalau saya mau bawa ke Surabaya, saya bisa sewa nanti ke Jakarta dikembalikan,” kata Awaluddin.

Baca Juga: PT Angkasa Pura II Tingkatkan Layanan Bandara

4. Mau rapat? Ada co-working space kok di sini

Asyiknya Nikmati E-Commerce, E-Games Hingga Parkour di Bandara IDN Times / Helmi Shemi

Di bandara Soekarno Hatta, AP II juga sudah punya co-working space di terminal 3 domestik dan di terminal 3 internasional.

“Nanti di I MATE lounge, di  samping sana bisa sekaligus co-working space, nanti akan ada juga fasilitas co-working space untuk  millennial tadi. Jadi mereka bisa kerja sambil nunggu, terus juga  kita sediakan fasilitas video conference, jadi  mereka bisa Skype dan lain sebagainya,” papar Awaluddin.

Baca Juga: Di balik Kisah Dirut AP II yang ‘Menyamar’ Menjadi Helper

5. Main parkour di bandara, kenapa tidak?

Asyiknya Nikmati E-Commerce, E-Games Hingga Parkour di Bandara Dok. Angkasa Pura II

Sekadar bocoran nih dari AP II, kamu nantinya juga bisa bermain parkour di bandara Soekarno Hatta. Awaluddin ingin membuat kesan bandara tidak lagi sebagai tempat yang rumit.

“Jadi bandara itu bukan lagi ke suatu tempat yang yang sulit, tempat yang kemudian jauh dari bayangan orang. Ini  tempatnya biasa saja. Di bandara sekarang orang bisa meeting, bisa mau cari makanan enak di bandara. Udah  kayak datang ke mal aja. Dan orang kepengin menjadi tempat business meeting atau meeting point sudah terjadi,” jelasnya.

Ketika ditanya apakah parkour itu tidak akan menganggu pengunjung yang lain, Awaluddin mengaku tidak terlalu khawatir.

“Gak apa, kan yang penting nggak ganggu orang. Nanti malah kita mau bikin activation, event khusus  nanti mungkin akan bisa kita lombakan. Kalau sekarang yang sudah kita siapkan video sosialisasinya dulu. Bahwa anda sebagai parkour talent, main di bandara itu oke aja, boleh. Nanti bisa dilakukan semacam parkour competition kita mau bikin,” papar Awaluddin.

Gak cuma parkour, rencananya e-games juga akan dibuat kompetisi loh. “Bisa saja, suatu ketika kita bikin saja, mereka bisa  tanding sama temennya. Dan kita bisa berikan hadiah,” katanya.

Baca Juga: 3 Konsep Free Angkasa Pura II, Bandara Nyaman Kayak Rumah 

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar

Just For You