Comscore Tracker

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besar

Cuma lewat handphone tetap bisa menghasilkan

Jakarta, IDN Times - Di zaman sekarang ini, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa ditekuni. Beberapa kegiatan yang biasanya dianggap sepele bahkan bisa menjadi ladang pekerjaan yang menghasilkan uang.

Tak melulu harus pergi ke kantor untuk bekerja atau perlu modal yang besar untuk membuka sebuah usaha. Kini, hanya dengan handphone saja seseorang sudah bisa bekerja dan mendapatkan cuan. Kemajuan teknologi dan digitalisasi semakin mempermudah banyak orang memperoleh pendapatan, bahkan hanya melalui media sosial.

IDN Times telah merangkum 14 rekomendasi usaha yang tidak memerlukan banyak modal, dikutip dari tokotalk. Simak ulasannya ya!

Baca Juga: Rekomendasi 10 Ide Bisnis Dropship bagi Pemula, Dijamin Mujur!

1. Bisnis barang preloved online

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarunsplash.com

Barang preloved merupakan barang bekas yang masih layak pakai atau layak pajang. Untuk memulai bisnis ini kamu tidak memerlukan modal yang besar.

Kamu bisa memanfaatkan barang-barang dirumahmu seperti baju, celana, aksesoris, sepatu, atau barang lainnya yang sudah tak terpakai. Selain hemat budget, bisnis barang preloved juga memiliki nilai positif karena dapat mengurangi sampah barang bekas.

2. Bisnis dropship

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarunsplash.com/benchaccounting

Saat ini bahkan banyak mahasiswa dan pelajar yang melakukan pekerjaan sampingan sebagai dropshiper. Hal itu dikarenakan untuk menjadi dropshiper kamu tidak memerlukan modal sama sekali.

Kamu hanya perlu memasarkan produk dan bila ada pelanggan yang ingin melakukan pembelian, pengiriman akan diurus oleh supplier atau produsen langsung ke pelanggan.

3. Bisnis jastip online

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarilustrasi barang (unsplash.com/srosinger3997)

Jasa titip beli produk atau jastip merupakan sebuah bisnis berbentuk jasa yang cukup mudah dilakukan. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar dan dapat dilakukan secara online.

Usaha jastip semakin berkembang karena meningkatnya permintaan masyarakat terhadap sebuah produk tanpa perlu pergi keluar rumah. Beberapa contoh usaha jastip seperti, jastip makanan korea, jastip skincare dan make-up korea, jastip parfum, jastip tas, dll.

4. Bisnis affiliate marketer

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarilustrasi menjadi agen affiliate marketing (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Affiliate marketing merupakan sebuah strategi marketing yang banyak digunakan perusahaan. Nantinya seorang affiliator akan mempromosikan produk atau jasa yang dibuat oleh perusahaan.

Hampir mirip seperti dropshiper. Namun bedanya, seorang affiliator akan mendapat komisi bila ada pelanggan yang membeli atau menggunakan produk dengan menggunakan kode refferal dari affiliator tersebut.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Franchise Makanan dan Minuman, Tertarik Mencoba? 

5. Freelancer

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarunsplash/mann_pantoja

Salah satu jenis usaha atau pekerjaan sampingan yang paling banyak dilakukan adalah menjadi freelancer.

Beberapa pekerjaan freelancer yang banyak dibutuhkan yaitu penulis, desainer grafis, admin, media sosial admin, editor, data entry, software engineer, analis, konsultan bisnis, web desainer, voice over, ahli SEO, editor foto, developer, talent video, dan lainnya. 

6. Streamer game

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang BesarPixabay/Bokskapet

Saat ini pekerjaan sebagai streamer game online sedang viral dan cukup diminati. Hanya dengan bermain game secara online saja kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan.

Beberapa aplikasi live streaming game yang bisa menghasilkan uang adalah Streamlabs, Omlet Arcade, Nimo TV, Twitch, Facebook Gaming, dll.

7. Podcaster

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang BesarPotret Gery Ardian Podcaster Lampung yang viral mengangkat tema percintaan (Intagram.com/Geryardian)

Bila kamu memiliki kemampuan public speaking yang baik atau ingin melatih kemampuan public speaking mu. Kamu bisa mencoba menjadi seorang podcaster.

Podcast merupakan siaran audio yang membahas berbagai topik dan dipublikasikan melalui internet. Kamu bisa mempublikasikan podcast mu di berbagai platform seperti youtube, Spotify, Anchor, Google Podcast, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Ide dan Tips Bisnis Graphic T-Shirt yang Menjanjikan

8. Content creator

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang BesarIlustrasi Content Writer (thethoughttree.com)

Pekerjaan sebagai content creator mengharuskan kamu untuk bisa membuat konten yang menarik dan kreatif. Meski begitu, konten yang dihasilkan tersebut sebaiknya juga memiliki nilai informatif, dapat mengedukasi, dan bukan hanya sekedar menghibur.

Perhatikan dengan cermat tiap konten yang kamu publikasikan. Hindari membuat konten dengan unsur SARA dan dapat menyinggung orang lain.

9. Influencer

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarpixabay.com/expresswriters

Influencer merupakan sebuah pekerjaan dimana seseorang bisa menjadi panutan dan menginspirasi orang lain. Umumnya seorang influencer ditandai dengan seseorang yang memiliki pengikut di media sosial dalam jumlah yang banyak.

Lewat ketenarannya tersebut, seorang influencer akan mendapatkan penghasilan dari iklan atau kerja sama dengan sebuah brand.

10. Tutor online

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarilustrasi tutor online (pexels.com/Vanessa Garcia)

Bagi kamu yang memiliki kelebihan dibidang akademik maupun non akademik, kamu bisa menjadi tutor online.

Kamu bisa melakukannya secara individual dengan membuat video mengajar dan mengupload nya di Youtube. Atau kamu bisa bergabung di komunitas maupun lembaga yang menyediakan tutor online.

11. Live streaming

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarnonton live streaming di IDN App (IDN Times/Gary Javan)

Siapa bilang melakukan live streaming di media sosial tidak ada manfaat nya? Kini ada beberapa platform media sosial yang menyediakan fitur live streaming yang dapat menghasilkan uang lho.

Audiens akan memberikan uang secara virtual kepada seseorang yang sedang melakukan live streaming bila dirasa konten live tersebut menarik baginya.

12. Vlogger

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang BesarYoutube.com/Miracle De Luna

Vlogger merupakan seseorangyang membuat konten video blog (vlog) dengan berbagai tema kemudian diunggah melalui Youtube.

Beberapa konten vlog yang biasanya dibuat seperti aktivitas sehari-hari, konten horor, review, mukbang, konten reaction, music cover, dan lainnya.

13. Blogger

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarunsplash/neonbrand

Mirip dengan vlog, seorang blogger juga menyajikan konten yang diunggah ke internet. Bedanya, konten yang dibagikan berupa tulisan bukan rekaman video. Beberapa konten blog yang bisa ditulis misalnya artikel, review, kisah inspiratif, dan lain sebagainya.

Seorang blogger juga bisa mendapat penghasilan dari iklan dan kerja sama dengan brand.

14. Bisnis online

14 Rekomendasi Usaha Minim Modal dengan Peluang Besarfreepik

Rekomendasi usaha yang terakhir adalah bisnis online. Bisnis satu ini memang sedang banyak digeluti oleh masyarakat yang baru atau ingin memulai bisnis.

Tak perlu modal besar dan tak perlu keluar rumah kamu sudah bisa membuka bisnis online. Namun, kamu tetap harus memikirkan produk atau layanan, target konsumen, dan strategi marketing yang akan dilakukan untuk mengembangkan bisnismu.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Digital dengan Potensi Penghasilan Tanpa Batas, Cobain!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya