Comscore Tracker

6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anak

Baca ini agar kamu dapat mempersiapkan masa depan anak

Memilih asuransi pendidikan untuk anak sangat penting untuk menyiapkan masa depan yang gemilang. Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan, karena bisa saja suatu hari ekonomi sedang tidak stabil karena hal yang tidak diinginkan sehingga mempengaruhi pendidikan anak.

Banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi suatu siklus kehidupan, mulai dari ekonomi, keadaan sosial, keadaan lingkungan, dan masalah-masalah yang bisa saja terjadi. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk mempersiapkan masa depan anaknya.

Hal yang terpenting salah satunya dengan mempersiapkan asuransi pendidikan bagi anak. Berikut ini adalah tips untuk memilih asuransi untuk anak.

1. Buat rencana pendidikan anak

6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anakilustrasi asuransi (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelum memilih asuransi yang pas untuk anak. Perlu dibuat rencana yang matang untuk pendidikan anak. Tanpa adanya rencana yang jelas maka kamu akan kebingungan dengan produk asuransi mana yang pas.

Rencana pendidikan perlu diperhatikan hingga sedetail mungkin. Mulai dari anak akan bersekolah dimana, tahun masuknya, tempatnya di mana, dan lain sebagainya. Hal ini akan berkaitan erat dengan masalah biaya yang akan dihadapi.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membeli Polis Asuransi, Kamu yang Belum Tau Buruan Catat!

2. Tentukan jumlah dana sesuai target pendidikan

6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anakdreamstime.com

Kamu perlu melakukan riset terkait dengan biaya yang akan dikeluarkan perjenjang pendidikan yang ada selama anak bersekolah. Perlu diperhatikan pula jumlah biaya yang ada sekarang untuk mempertimbangkan berapa besaran yang akan dikeluarkan di masa depan.

Dengan mengetahui target dari besaran biaya pendidikan, maka akan mempermudah kamu dalam menentukan asuransi apa yang tepat untuk dipilih.

Setelah memilih asuransi yang tepat, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen asuransi. Hal tersebut untuk memperhatikan jumlah biaya yang akan dikeluarkan ketika sudah memilih asuransi tersebut.

Baca Juga: Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih Tenang

3. Kenali perusahaan dan bandingkan produknya

6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk AnakIlustrasi Asuransi (IDN Times/Aditya Pratama)

Banyak sekali asuransi-asuransi terkait dengan pendidikan. Sebelum kamu memilih asuransi yang tepat, kamu perlu memperhatikan banyak hal. Hal tersebut adalah kekuatan keuangan perusahaan, aset dan liabilitas, dan kualitas tenaga kerja.

Mungkin ini terkesan sepele, namun kamu perlu mengetahui rekam jejak dari perusahaan tersebut sehingga dapat di jadikan sebuah rujukan. Banyak sekali media yang dapat kamu ketahui dengan hal yang berkaitan dengan rekam jejak perusahaan. Kamu bisa mengaksesnya dari situs website, berita, media sosial, penghargaan, dan lain sebagainya

Baca Juga: 5 Pertimbangan untuk Miliki Asuransi Kesehatan sejak Muda

4. Pilih asuransi sesuai dengan budget

6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anakilustrasi seseorang memegang uang (Pexels.com/Karolina Grabowska)

 Sebelum kamu memilih produk investasi yang akan kamu pilih terkait dengan pendidikan anak. Kamu perlu mengetahui tentang keadaan finansial yang sedang ada.

Hal ini akan menjadi tolak ukur untuk memilih produk asuransi yang tepat. Selain itu kamu juga dapat mengetahui kekuatan finansialmu.

5. Pilih produk yang fleksibel

6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk AnakIlustrasi orang-orang mengobrol (Pexels/Askar Abayev)

Kamu perlu memilih asuransi yang bersifat fleksibel yang ditawarkan oleh agen asuransi, yang bisa diklaim sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Pastikan kamu melakukan perhitungan yang akurat agar tidak terjadi kekurangan biaya saat sesudah melakukan klaim.

Pelajari segala hal yang berkaitan dengan informasi asuransi tersebut. Kamu dapat memperoleh informasi tersebut dari agen asuransi maupun nasabah lain. Sesuaikan rencana pendidikan dengan program asuransi yang telah dipilih

6. Periksa manfaat tambahan dari produk asuransi yang ditawarkan

6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk AnakIlustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/savvas stavrinos)

Sebelum kamu memilih produk asuransi yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan benefit apa saja ketika kamu menjadi nasabah asuransi tersebut. Banyak sekali tambahan manfaat saat memilih sebuah asuransi yaitu mulai dari proteksi jiwa, kesehatan, dan lain-lain.

Walaupun banyak benefit yang akan didapatkan, pastikan prioritas yang utama adalah tentang pendidikan anak. Fasilitas yang menjadi tambahan tersebut sebaiknya tidak memotong investasi pendidikan sehingga biaya masa depan anak menjadi terjamin.

Berikut adalah tips untuk memilih asuransi yang tepat, kamu dapat menjadikan tips tersebut sebagai pertimbangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu!

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membeli Polis Asuransi, Kamu yang Belum Tau Buruan Catat!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Rendra Saputra
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya