Comscore Tracker

Prinsip Ekonomi: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Manfaat

Simak baik-baik, ya!

Prinsip ekonomi adalah paduan utama dalam berjalannya suatu sistem ekonomi di suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Secara sederhana prinsip ekonomi merupakan upaya setiap orang yang terlibat di dalamnya mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Pada dasarnya ekonomi dan prinsip ekonomi adalah tentang memuaskan suatu keinginan konsumen yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas.

Baca Juga: Memahami Arti Hiperinflasi dan Dampak Ngerinya ke Sebuah Negara

1. Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan ManfaatKurva pertumbuhan ekonomi Indonesia sejak 2020. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dikutip dari study.com, secara umum prinsip ekonomi adalah hal-hal yang mencakup berbagai macam hukum dan teori ekonomi. Khususnya yang menjelaskan bagaimana suatu ekonomi berupaya memenuhi permintaan tak terbatas di pasar dengan pasokan sumber daya yang terbatas.

Prinsip ekonomi adalah suatu cara dimana seseorang berusaha mendapatkan keuntungan yang besar dengan usaha minimal. Salah satu contoh prinsip ekonomi adalah ketika transaksi jual beli di suatu toko.

Prinsip ekonomi memberikan pemahaman pada kita bahwa tak ada di dunia ini yang benar-benar gratis. Segala hal di dunia ini dibutuhkan adanya timbal balik atas apa yang diberikan. Sehingga, untuk mendapatkan barang atau jasa, kita harus membayar atau melakukan sesuatu sebagai penggantinya.

Sementara itu, dikutip dari laman Kementerian Keuangan, prinsip ekonomi adalah panduan dalam kegiatan ekonomi untuk mencapai perbandingan rasional antara pengorbanan yang dikeluarkan dan hasil yang diperoleh.

Tujuan dari prinsip ekonomi adalah mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dan kerugian yang seminim-minimnya. Penerapan prinsip ekonomi adalah pada tiga kegiatan yang berbeda yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Secara sederhana, hubungan dari ketiga prinsip dasar atau prinsip ekonomi adalah serangkaian proses dari menghasilkan barang (produksi), memasarkan (distribusi), dan memakai barang tersebut (konsumsi).

2. Ciri-ciri Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan ManfaatIlustrasi neraca perdagangan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah mengetahui apa itu prinsip ekonomi, penting bagi kita untuk tahu dan mengenali ciri-ciri prinsip ekonomi itu sendiri. Prinsip ekonomi muncul karena adanya suatu konsep untuk meraup banyak keuntungan maksimal dengan usaha yang minimal.

Berikut IDN Times memberikan ciri-ciri prinsip ekonomi sebagai berikut:

  • Bersikap rasional dalam menentukan pengeluaran berdasarkan barang yang dibutuhkan
  • Menerapkan prinsip hemat agar kebutuhan terpenuhi tanpa pengeluaran berlebih
  • Berpikir secara ekonomis guna menghindari over budget
  • Menggunakan skala prioritas dengan mengutamakan kebutuhan primer sebelum kebutuhan lainnya
  • Menghitung perbandingan antara pengeluaran dan keuntungan yang didapat
  • Selalu berprinsip menggunakan prinsip cost dan benefit

Baca Juga: Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!

3. Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw

Prinsip Ekonomi: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan ManfaatIlustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Pencetus 10 prinsip ekonomi, Gregory Mankiw, mendasarkan teorinya dari perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi. Jenis-jenis prinsip ekonomi muncul karena beberapa faktor.

Hal ini bisa dilihat dari kemampuan individu menentukan pilihan, interaksi masyarakat, dan bagaimana ekonomi itu sendiri bekerja. Berikut 10 Prinsip Ekonomi menurut Mankiw:

  1. Dibutuhkan biaya untuk mendapatkan sesuatu
  2. Berpikir rasional dalam mencari keuntungan
  3. Tiap orang mengalami trade off
  4. Berdagang dengan menguntungkan semua pihak
  5. Setiap orang pasti suka insentif
  6. Pemerintah turut berperan dalam pasar
  7. Pasar sebagai tempat pengatur ekonomi
  8. Akan terjadi inflasi bila uang yang beredar terlalu banyak
  9. Masyarakat akan menghadapi trade off jangka pendek antara pengangguran dan inflasi
  10. Produksi barang dan jasa mempengaruhi standar hidup

4. Tujuan Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan ManfaatIlustrasi harta kekayaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Setelah mengetahui apa itu prinsip ekonomi, hal selanjutnya yang penting untuk dipahami adalah tujuan prinsip ekonomi itu sendiri. Minimnya pengeluaran dan besarnya keuntungan yang didapat merupakan tujuan prinsip ekonomi yang utama.

Tujuan prinsip ekonomi adalah mencapai perbandingan rasional antara usaha yang dilakukan dan hasil yang diperoleh. Sederhananya, tujuan prinsip ekonomi adalah memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir adanya kerugian. 

Dalam skala besar, penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan suatu masyarakat.

Baca Juga: Ini 5 Dampak Inflasi terhadap Perekonomian

5. Manfaat Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan ManfaatIDN Times/Arief Rahmat

Berkaitan dengan pengertian prinsip ekonomi dan jenis-jenis prinsip ekonomi sendiri, tujuan prinsip ekonomi adalah berlangsungnya kegiatan transaksi antara produsen dan konsumen secara efektif.

Manfaat dari prinsip ekonomi adalah memperkecil risiko kerugian atau kerusakan. Kemudian mencapai tingkat kemakmuran yang diinginkan dan mencapai hasil kerja terjamin mutunya untuk memenuhi tingkat kepuasan pelaku ekonomi.

Prinsip ekonomi selanjutnya adalah mencapai tujuan dengan tepat waktu serta hidup lebih maju dalam persaingan yang sehat. Konsumen di sini bisa jadi setiap orang, perusahaan, organisasi, atau badan pemerintah yang menggunakan produk atau jasa dengan tujuan memenuhi kebutuhannya. Konsumen sebagai orang yang hanya akan menggunakan produk tersebut tanpa menjualnya kembali pada pihak-pihak tertentu

Demikian adalah informasi mengenai prinsip ekonomi, pengertian, ciri-ciri, tujuan, dan manfaat. Bisa dikatakan prinsip ekonomi adalah paduan dalam memperkecil risiko kerugian serta mencapai perbandingan rasional dalam konsumsi, produksi, dan distribusi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Rizna Hidayah
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya