Comscore Tracker

Di Balik Suksesnya Wardah, PT Paragon Ungkap Cara Bertahan di Pasaran

Menjadikan kebutuhan masyarakat sebagai peluang

Wardah merupakan brand kosmetik lokal pertama sebagai pionir brand halal di Indonesia. PT Paragon Technology and Innovation yang merupakan produsen brand Wardah yang saat ini juga menjadi perusahaan manufaktur kosmetik nasional terbesar di Indonesia.

Pada acara Indonesia Millennial Summit 2019 yang diadakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski pada Sabtu, 19 Januari 2019, Chief Marketing Officer PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat, menceritakan hal-hal yang ditanamkan Paragon secara turun-menurun dibalik kesuksesan brand-brand yang mereka ciptakan. 

1. Menciptakan kultur kekeluargaan di lingkungan kerja

Di Balik Suksesnya Wardah, PT Paragon Ungkap Cara Bertahan di Pasaran

Salah satu kultur yang diterapkan oleh Paragon yakni kekeluargaan. Menciptakan suasana kerja yang nyaman, nilai-nilai yang peduli dan menganggap semua stakeholder sebagai suatu keluarga besar akan membuat kinerja karyawan menjadi lebih baik dan efektif.

2. Membangun komunikasi yang baik

Di Balik Suksesnya Wardah, PT Paragon Ungkap Cara Bertahan di PasaranIDN Times/Nusyamsi Kusuma Dewi

Masalah terbesar yang sering dihadapi biasanya adalah komunikasi. Setiap orang memiliki gaya kerja yang berbeda dan sudut pandang yang berbeda, sehingga kesannya ada perbedaan. Namun Paragon berusaha untuk mengutamakan persamaan daripada perbedaan, fokus terhadap peluang dan tujuan daripada kendala, karena kendala pasti  akan selalu ada.

Baca Juga: Mindset Optimis Salman Subakat Jadi Modal Kesuksesan Wardah

3. Fokus dengan kebutuhan pelanggan

Di Balik Suksesnya Wardah, PT Paragon Ungkap Cara Bertahan di Pasaranwww.instagram.com/indonesia.millennial.summit

Fokus pada pelanggan juga menjadi salah satu kultur di Paragon. Paragon selalu berusaha untuk memenuhi standar kebutuhan pelanggan. Salah satunya produk kosmetik Wardah, dengan mayoritas muslim di Indonesia tentu para muslimah lebih tenang dan nyaman ketika menggunakan kosmetik yang telah dijamin kehalalannya. Tak hanya Wardah, begitu juga dengan produk Emina yang memenuhi kebutuhan untuk remaja yang baru memulai menggunakan make-up dan skin-care dengan formula yang lebih ringan dan sesuai dengan umur remaja.

4. Menjadi raja di pasar negeri sendiri

Di Balik Suksesnya Wardah, PT Paragon Ungkap Cara Bertahan di Pasaranwww.instagram.com/wardahbeauty

Saat ini banyak produk-produk kosmetik dari negara asing masuk dan memuncaki pasaran di Indonesia, oleh karena itu Paragon bertekad untuk menjadikan produknya sebagai raja di pasar Tanah Air dengan kualitas yang tak kalah hebat. Mereka ingin agar brand lokal lebih dicintai dan lebih unggul di Indonesia.

5. Tidak berhenti berinovasi

Di Balik Suksesnya Wardah, PT Paragon Ungkap Cara Bertahan di PasaranDok. Pribadi

Inovasi merupakan kunci paling penting dalam berbisnis, membuat sesuatu yang baru dan berbeda agar terus menjadi brand unggulan di pasaran lokal atau bahkan sampai ke mancanegara. Di tahun 2019 ini Paragon memiliki resolusi dengan slogan "Happy and Healthy Growth". Ditengah perubahan dunia yang cepat, Paragon ingin menciptakan kondisi positif untuk kolaborasi yang akan sangat menentukan kedepannya.

Nah itu dia cara Paragon dalam menanamkan kultur dan bertahan di pasaran yang penuh persaingan ketat. Dengan pembahasan "Balancing Business Performance and Culture" di Indonesia Millennial Summit 2019, Salman Subakat berharap millenial Indonesia agar jangan puas dengan kesuksesan yang sekarang, respect dengan perubahan dan "Start creating the ecosystem".

Baca Juga: Peta Baru PT Paragon Technology and Innovation Hadapi Tahun 2019

Nursyamsi K.D Photo Community Writer Nursyamsi K.D

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You