Comscore Tracker

Jokowi Minta 1 Juta Vaksinasi Sehari, Erick Thohir: Stok Vaksin Cukup

Stok vaksin COVID-19 di Indonesia lebih dari 300 juta dosis

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan kecukupan jumlah vaksin COVID-19 yang dimiliki Indonesia untuk menjalankan program satu juta vaksinasi dalam sehari pada Juli mendatang.

"Jumlah vaksinnya ada kok dan cukup. Indonesia sangat diuntungkan karena kita agresif di awal tahun lalu mencari vaksin ini," ucap Erick, dalam dalam acara webinar HUT ke-7 IDN Times bertema "BUMN Dukung Daerah Bangkit dari #COVID19", Selasa (15/6/2021).

1. Pemerintah telah amankan lebih dari 300 juta dosis vaksin

Jokowi Minta 1 Juta Vaksinasi Sehari, Erick Thohir: Stok Vaksin CukupVaksin Sinovac tiba di Indonesia (YouTube/Sekretariat Presiden)

Adapun, jumlah vaksin COVID-19 di Indonesia saat ini diklaim Erick sangat aman dan mampu mendukung percepatan vaksinasi guna mencapai herd immunity.

"Nah, ini kita sudah secure 339 juta dosis. Jadi kalau kita kebutuhan 70 persen penduduk indonesia sekitar 180 juta dikali dua itu kurang lebih 360 juta. Jadi, angka ini pada dasarnya sudah secure," ujarnya.

Jumlah itu mungkin saja bertambah kata Erick. Pasalnya, vaksin multilateral dari World Health Organization (WHO) yang berjumlah kurang lebih 102 juta masih belum didistribusikan ke Indonesia.

Baca Juga: Erick Thohir: Produksi EV Battery Mulai 2024

2. Satu juta vaksin per hari mulai Juli merupakan perintah Presiden Jokowi

Jokowi Minta 1 Juta Vaksinasi Sehari, Erick Thohir: Stok Vaksin CukupIlustrasi Vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Dalam kesempatan yang lain, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa pihaknya bersama TNI dan Polri siap melaksanakan arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk memulai dosis vaksin satu juta dalam sehari.

Hal itu bakal mulai dilakukan sejak bulan depan atau mulai Juli 2021.

"Pak Presiden kemarin dalam rapat memberikan penugasan bahwa target satu juta dicapai di bulan Juni di mana 600 ribu dari dinkes dan kemenkes serta 400 ribu dari TNI dan Polri. Kita harap Juli nanti anga satu juta per hari bisa dilakukan," tutur Airlangga, saat menghadiri webinar oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Selasa (15/6/2021).

3. Percepatan vaksinasi akan didukung perpanjangan masa PPKM mikro

Jokowi Minta 1 Juta Vaksinasi Sehari, Erick Thohir: Stok Vaksin CukupIlustrasi karantina wilayah terbatas atau lockdown skala mikro. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Airlangga menambahkan, upaya tersebut bakal didorong dengan penerapan kebijakan PPKM Mikro yang diperpanjang sejak 15 Juni hingga 28 Juni mendatang di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Mantan menteri perindustrian tersebut berharap agar pengetatan PPKM Mikro dan percepatan vaksinasi dapat menjadi pendorong dalam pemulihan ekonomi selama tahun ini.

"Kita lihat bahwa perbaikan dan peningkatan penanganan COVID ini tentunya akan memberikan efek kepada kegiatan ekonomi dan tentunya kita berharap bahwa perbaikan bisa dilakukan di tahun 2021 ini sehingga momentum perbaikan bisa terus berlanjut," kata Airlangga.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Erick Thohir: 3T Kita Masih Lemah

https://www.youtube.com/embed/eAV0sAfbpbU

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya