Comscore Tracker

Harga Lebih Murah dari Pertamina, SPBU Shell Masih Sepi

Harga Shell Super lebih murah dari Pertamax

Jakarta, IDN Times - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Shell masih terpantau landai meskipun kini harga bahan bakar minyak (BBM) RON 92 yang mereka jual lebih murah dibandingkan Pertamina. Harga BBM Shell lebih murah dibandingkan Pertamina sejak 1 November setelah dilakukan penyesuaian harga.

Pantauan IDN Times, Rabu (2/11/2022), pukul 10.52 WIB pada SPBU Shell di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, tak ada antrean kendaraan yang hendak mengisi BBM. Hanya ada beberapa kendaraan yang datang silih berganti.

Pemandangan yang sama juga terlihat pada SPBU Shell di Jalan Menteng Raya dan SPBU Shell di Jalan Soeroso Kecamatan Menteng. Di kedua SPBU tersebut hanya terpantau sejumlah kendaraan yang datang bergantian untuk isi bensin.

Baca Juga: Perbandingan Harga BBM Terbaru di SPBU Pertamina, Shell, Vivo dan BP

1. Masyarakat ada yang berniat pindah ke SPBU Shell

Harga Lebih Murah dari Pertamina, SPBU Shell Masih SepiSPBU Shell di Jalan Menteng (IDN Times/Trio Hamdani)

Seorang pengguna kendaraan roda dua pribadi mengaku akan beralih menggunakan BBM milik Shell karena kini harganya lebih murah dibandingkan Pertamina, khususnya untuk RON 92.

"Ya jelas akan beralih karena dengan turunnya BBM Shell itu dan lagi saat ini semua SPBU antre untuk membeli BBM Pertamina," kata Taufik kepada IDN Times.

Sementara Yohana, yang sehari-hari bekerja menggunakan motor pribadi akan mencoba menggunakan BBM Shell. Dia mengaku baru mengetahui jika kini harga BBM di SPBU swasta itu lebih murah dari SPBU pelat merah.

"Baru tahu saya kalau Shell lebih murah. Mungkin kalau (bensin di motor) udah habis, mau coba, apalagi Shell SPBU-nya ada 3 di sekitar kosan saya," tuturnya.

Lidya yang juga kerap mengandalkan motor pribadinya untuk beraktivitas sehari-hari sudah beralih menjadi pelanggan Shell sejak harga Pertamax naik dari Rp12.500 per liter jadi Rp14.500 pada 3 September 2022. Saat itu harga Pertamax tetap lebih murah dari Shell namun selisihnya mulai mengecil.

"Dari awal Pertamax naik udah pindah ke Shell karena bedanya (harganya) cuma dikit. Alasannya pindah, ya selain harganya beda dikit, antrean di Shell juga gak sepanjang Pertamina. Jadi berharap sekarang meski harga Shell lebih murah semoga gak antre ya," ungkap Lidya.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Produk BBM Shell yang Ada di Indonesia

2. Masih ada pelanggan yang tetap setia dengan Pertamina

Harga Lebih Murah dari Pertamina, SPBU Shell Masih SepiSPBU Pertamina (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Meski harga Pertamax RON 92 kini lebih mahal dibandingkan Super milik Shell, sejumlah pelanggan mengaku akan tetap setia menggunakan BBM milik Pertamina.

"Tetap Pertamina sih maksudnya tetap Pertamax sejauh ini. Sebelum-sebelumnya kan sempat lebih rendah juga tapi gak pindah ke Shell juga. Pernah sekali isi Shell yang Super kurang enak aja. Gag tahu suges atau gak, tapi akhirnya sampai sekarang Pertamax aja walaupun harganya naik terus sekarang lebih mahal dari Shell," ujar Aulia.

Basir, yang sering beraktivitas menggunakan motor pribadinya juga akan tetap menggunakan Pertamax. Alasannya hanya karena di daerahnya lokasi SPBU Shell terbilang jauh dan belum begitu banyak.

"Tetap pakai Pertamax, mentok-mentok isi Pertalite soalnya nyari SPBU Shell juga lumayan jauh dari rumah. Kalau SPBU Pertamina banyak," tuturnya.

3. Perbandingan harga BBM Pertamina dan Shell

Harga Lebih Murah dari Pertamina, SPBU Shell Masih SepiSPBU Shell di Jalan Soeroso (IDN Times/Trio Hamdani)

Harga BBM di SPBU Pertamina

Pertamina merilis harga BBM terbaru yang berlaku mulai hari ini, 1 November. Ada kenaikan harga pada BBM jenis Dexlite dan Pertamina Dex, dan Pertamax Turbo turun harga. Sementara itu, harga Pertalite, Pertamax, dan Biosolar tak mengalami perubahan. Berikut rinciannya:

Pertalite Rp10.000
Pertamax: Rp13.900-Rp14.500
Pertamax Turbo: Rp14.300-Rp14.600
Pertamina Dex: Rp18.550-Rp19.350
Dexlite: Rp18.000-Rp18.700
Biosolar: Rp6.800

Harga BBM di SPBU Shell

Harga BBM Shell juga mengalami penyesuaian per 1 November. Super turun dari Rp14.150 per liter menjadi Rp13.550, V-Power turun dari Rp14.840 menjadi Rp14.210, V-Power Nitro+ turun dari Rp15.230 menjadi Rp14.560, V-Power Diesel naik dari Rp18.450 menjadi Rp18.840. Berikut rinciannya:

Jakarta, Banten, Jawa Barat
Shell Super Rp13.550
Shell V-Power Rp14.210
Shell V-Power Diesel Rp18.840
Shell V-Power Nitro+ Rp14.560

Jawa Timur
Shell Super Rp13.550
Shell V-Power Rp14.210
Shell Diesel Extra Rp18.380
Shell V-Power Nitro+ Rp14.560

Sumatera Utara
Shell Super Rp13.840
Shell V-Power Rp14.520
Shell Diesel Extra Rp18.780

Baca Juga: Kenapa BBM Shell Bisa Lebih Murah dari Pertamina?

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya