4 Sumber Kekayaan Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia Pemilik Twitter

Sahamnya di Tesla makin meningkat

Bos Twitter dan Tesla, Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia menurut laporan Bloomberg Billionaire pada paruh pertama 2023. Elon Musk diperkirakan memiliki kekayaan mencapai 247 miliar dolar AS yang setara dengan Rp3,7 kuadriliun atau sama dengan Rp3.708 triliun (Rp15.014 per dolar AS).

Kekayaannya diprediksi meningkat setelah harga saham Tesla naik 6,9%. Kenaikan ini membuat kekayaannya bertambah 13 miliar dolar AS atau Rp195 triliun. Elon Musk berhasil menyalip Bernard Arnault, pemilik perusahaan mode Louis Vuitton yang sebelumnya di peringkat pertama.

Elon Musk juga ramai diperbincangkan warganet setelah kebijakan-kebijakan kontroversialnya di Twitter, salah satunya membatasi jumlah cuitan yang bisa dilihat pengguna setiap harinya. Bagaimana pun, Elon Musk kini menjadi pemuncak orang terkaya di dunia. Selain dari Twitter dan Tesla, dari mana saja sumber kekayaan Elon Musk? Simak selengkapnya di artikel ini, ya.

1. SpaceX

4 Sumber Kekayaan Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia Pemilik TwitterMisi percobaan roket Falcon milik SpaceX (unsplash.com/SpaceX)

Pada 2002, Elon Musk mendirikan perusahaan yang mulanya berambisi untuk menjelajah Mars bernama SpaceX. Modal awal Elon Musk untuk SpaceX adalah 100 juta dolar AS. Namun, perusahaan belum terlalu berkembang hingga hampir bangkrut.

Seiring waktu, Elon Musk sukses menyelamatkan SpaceX dari kebangkrutan dengan tetap berinvestasi lebih lanjut. Hingga pada 2008, SpaceX menjalin kerja sama dengan NASA senilai 1,6 miliar dolar AS.

SpaceX menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim astronot ke stasiun luar angkasa internasional dan meluncurkan liquid-propellant rocket, roket dengan bahan bakar cair sebagai massa pendorong menuju orbit. SpaceX menjadi penyedia layanan internet dengan satelit orbit rendah.

Pendanaan dari perusahaan sebelumnya

Pendirian SpaceX salah satunya didanai oleh modal investasi Elon Musk dari penjualan PayPal. Pada 1999, Elon Musk menjadi salah satu co-founder X.com, perusahaan penyedia platform transaksi digital. Saat itu, perusahaan ini dinilai sangat inovatif dan sukses menghasilkan lebih dari 200.000 pengguna baru dalam sebulan.

Pada Maret 2000, X.com merger dengan kompetitornya, Confinity. Penggabungan keduanya kemudian melahirkan PayPal, perusahaan penyedia transfer pembayaran digital terbesar di dunia.

Pada 2002, eBay mengakuisisi saham PayPal dengan nilai 1,5 miliar dolar AS. Elon Musk pun mendapatkan dana sekitar 180 juta dolar AS dan dijadikan sebagai modal untuk SpaceX dan Tesla.

Saham Elon Musk di SpaceX

Elon Musk diketahui memiliki 44% saham SpaceX yang ditaksir senilai 55 miliar dolar AS atau Rp825 triliun. Namun, Bloomberg memprediksi sahamnya bernilai 47 miliar dolar AS karena ada saham di pasar sekunder.

2. Tesla

4 Sumber Kekayaan Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia Pemilik TwitterElon Musk dan Tesla (techinfographics.com)

Kekayaan Elon Musk juga berasal dari perusahaan kendaraan ternama dunia, Tesla. Pada 2003, Elon Musk bergabung bersama Martin Eberhard dan Marc Tarpenning untuk mendirikan Tesla Motors. Perusahaan ini fokus memproduksi kendaraan listrik jarak jauh.

Pada 2008, Elon Musk menjadi CEO Tesla dan pemegang saham terbesar perusahaan. Seiring waktu, Tesla menjelma raksasa kendaraan EV (Electric Vehicle) dengan menguasai 60% pangsa pasar EV di Amerika Serikat. Nilai kapitalisasi pasar tesla diperkirakan mencapai 950 miliar dolar AS. Bahkan, pada 2021 nilainya mencapai 1 triliun dolar AS.

Sumber kekayaan yang utama

Kini, Elon Musk berinvestasi di Tesla dengan nilai 141 miliar dolar AS atau Rp2,1 kuadriliun. Tak mengherankan kalau Tesla menjadi sumber kekayaan utama Elon Musk saat ini.

Ditambah dengan saham Tesla yang menunjukkan tren positif selama paruh pertama 2023. Alhasil, sejak Januari 2023 hingga saat ini, kekayaan Elon Musk bertambah 96,6 miliar dolar AS atau Rp1.450 triliun.

3. The Boring Co.

4 Sumber Kekayaan Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia Pemilik TwitterBoring Co. (Instagram.com/boringcompany)

Kekayaan Elon Musk tak berhenti hanya di Tesla. Pada 2016, Elon Musk mendirikan The Boring Co., perusahaan transportasi yang menyediakan terowongan untuk kendaraan pada wilayah perkotaan. Elon Musk tercatat melakukan investasi senilai 100 juta dolar AS pada perusahaan ini.

Perusahaan ini didirikan untuk mengatasi masalah lalu lintas di kota-kota besar di Amerika Serikat. Kini, nilai kapitalisasi perusahaan diperkirakan 5,7 miliar dolar AS.

Baca Juga: Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya Dunia, Geser Bos Louis Vuitton

4. Neuralink

4 Sumber Kekayaan Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia Pemilik TwitterElon Musk (youtube.com/Neuralink)

Pada tahun yang sama dengan pendirian The Boring Co., Elon Musk juga mendirikan Neuralink dengan nilai investasi sebesar 100 juta dolar AS juga. Neuralink adalah perusahaan neuroteknologi untuk membantu masalah penglihatan, komunikasi, dan gerakan pada pasien.

Neuralink juga menjadi upaya Elon Musk untuk masuk ke dunia AI (artificial intelligence). Neuralink menggunakan AI dan sensor untuk menghubungkan secara telepati antara mesin dan manusia. Neuralink saat ini diperkirakan memiliki nilai perusahaan sebesar 500 juta dolar AS.

Baca Juga: Neuralink Milik Elon Musk Dapat Izin Uji Coba Implan Otak Manusia

5. Twitter

4 Sumber Kekayaan Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia Pemilik TwitterElon Musk telah merebut kembali gelar orang terkaya di dunia(twitter.com/Elon Musk)

Masyarakat seluruh dunia dikejutkan dengan kabar Elon Musk yang membeli perusahaan media sosial Twitter seharga 44 miliar dolar AS atau Rp660 triliun pada 27 Oktober 2022.

Akuisisi Twitter oleh Elon Musk ini mengundang banyak kontroversi. Sebab, di hari pertamanya sebagai pemilik Twitter, ia memecat jabatan chief executive dan chief financial officer. Kemudian ia juga dikabarkan memberhentikan sekitar 80% karyawan atau sekitar 6.000 orang.

Kontroversi kebijakan baru

Kontroversi demi kontroversi lahir dari kebijakan-kebijakan yang diterapkan Elon Musk selama menjadi petinggi Twitter. Meski sudah tak menjabat sebagai CEO dan beralih sebagai Kepala Eksekutif serta Chief Technology Officer (CTO), Elon Musk tetap dicecar warganet karena kebijakan Twitter yang baru.

Fitur centang biru berbayar dan batasan jumlah cuitan yang bisa dilihat satu akun pengguna per harinya sukses mengundang protes warganet. Alhasil, banyak warganet yang memutuskan untuk hengkang ke media sosial lain.

Namun bagaimana pun, Twitter menjadi salah satu sumber kekayaan Elon Musk saat ini. Twitter mendapat pemasukan dari iklan, pengguna, hingga penjualan data berbayar yang banyak dicari oleh para peneliti hingga pemerintah. Biasanya data pengguna digunakan untuk melacak tren atau memahami perilaku konsumen.

Nah, itulah pembahasan tentang sumber kekayaan Elon Musk, orang terkaya nomor satu di muka bumi saat ini.

Baca Juga: Jusuf Hamka: Profil, Karier, Kekayaan, dan Aset Mahal

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya