Comscore Tracker

3 Resep Sukses Kembangkan Bisnis dari Selat Vien's

Selat Vien’s adalah UMKM Solo yang punya lebih 10 cabang

Jakarta, IDN Times – Indonesia yang kaya akan budaya dan rempah-rempah memungkinkan setiap daerah untuk memiliki kuliner yang khas yang mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik domestik maupun internasional. Jika Padang memiliki rendang, maka Solo memiliki selat.

Selat yang merupakan paduan dari bistik atau bola-bola daging yang direbus dalam kuah yang dibumbui berbagai jenis rempah seperti pala, merica, dan bawang putih, kerap dihidangkan di acara perayaan di daerah Solo

Selat Vien’s, yang merupakan salah satu top merchant ShopeePay, telah sukses menjadi salah satu UMKM Solo yang berhasil berekspansi hingga ke lebih dari 10 cabang. Adapun rahasia kesuksesan tersebut yakni dengan menerapkan strategi bisnis yang tepat.

Sebagaimana disampaikan pendirinya, Serra Argo Rianda, bisnis yang dibangun bersama keluarga pada 2008 itu secara konsisten menggaungkan misinya untuk memperluas jangkauan hidangan selat agar dapat dinikmati oleh siapapun.

Serra mengatakan bahwa awalnya ia dan keluarga membuka rumah makan Selat Vien’s karena hobi mencicipi berbagai makanan serta tertarik dengan industri kuliner. Setelah terjun menekuni usaha rumah makan, Serra dan keluarga semakin bersemangat untuk menghadirkan cita rasa selat yang lezat dan lebih unik dari selat pada umumnya. Hal ini pun menjadi sebuah tantangan bagi Serra dan keluarga, terutama karena harus tetap menjaga rasa yang otentik namun dengan penyampaian yang modern agar tetap relevan dengan zaman.

“Saat mendirikan Selat Vien’s, saya dan keluarga ingin menyajikan makanan nikmat agar dapat memberikan rasa puas dan bahagia bagi yang menyantapnya. Selain itu, ketika kami memilih selat Solo sebagai menu andalan, kami ingin lebih banyak masyarakat yang mengenal dan bahkan menjadikan selat Solo sebagai menu favorit,” katanya.

“Dari awal terjun di dunia bisnis pun kami berpegang teguh pada tiga strategi sederhana yang ternyata membawa Selat Vien’s hingga memiliki 10 gerai yang tersebar di Kota Solo dan Solo Raya. Menurut saya, penting bagi para pelaku usaha untuk menekuni bisnis yang disukai seperti yang saya dan keluarga lakukan melalui Selat Vien’s,” tambahnya.

Namun demikian, berkat semangat dan tiga strategi yang diterapkan sedari awal mendirikan Selat Vien’s berikut, ia akhirnya bisa mengembangkan bisnisnya hingga seperti sekarang ini.

Berikut adalah tiga strategi bisnis yang diterapkan Selat Vien’s:

Baca Juga: 7 Ide Bisnis dengan Modal Kecil, Cocok untuk Menambah Penghasilan

1. Konsumen adalah prioritas utama

3 Resep Sukses Kembangkan Bisnis dari Selat Vien'sIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam sebuah bisnis, tentu konsumen merupakan prioritas utama karena mereka lah yang akan menilai, menyukai, hingga konsisten memilih dan membantu menyebarluaskan produk. Untuk mencapai hal tersebut, sebaiknya para pelaku bisnis mencari tahu preferensi dan tren yang ada di masyarakat lalu dipadukan dengan produk yang akan ditawarkan.

Misalnya Selat Vien’s menjual selat yang banyak disediakan oleh restoran di Solo, namun keunikan Selat Vien’s terletak pada segi rasa. Kuahnya dibuat berbeda dengan selat yang asli, karena Selat Vien’s menghadirkan makanan fusion yang sudah disesuaikan.

“Selain rasa yang unik, kami pun menerapkan sistem self-service sehingga pelanggan memiliki kesempatan dalam memilih sendiri menu yang diinginkan, sama halnya dengan yang diterapkan oleh banyak restoran besar lainnya. Keunikan inilah yang kami tonjolkan sembari mengevaluasi potensi yang ada di pasar,” jelas Serra.

2. Beri harga yang bersaing

3 Resep Sukses Kembangkan Bisnis dari Selat Vien'sIlustrasi Insentif. (IDN Times/Aditya Pratama)

Harga seringkali menjadi penentu keputusan pelanggan dalam memilih produk atau layanan. Bagi Serra, hal yang terpenting adalah bagaimana Selat Vien’s dapat memberikan kesempatan bagi sebanyak-banyaknya pelanggan untuk mencoba berbagai menu Selat Vien’s, sehingga harga yang dihadirkan pun sangat terjangkau.

Serra menerapkan low cost strategy di mana ia hanya mengambil keuntungan yang terbilang tipis demi mendorong volume pemesanan yang lebih banyak. Harapannya, perputaran modal pun dapat tetap tercapai. Selain itu, ada banyak jumlah anak muda yang sangat memperhatikan harga sebagai faktor penentu keputusannya dalam bertransaksi.

Baca Juga: Tips Memilih Partner Bisnis dari Pendiri Anomali Coffee dan Burgreens

3. Jangan ragu untuk terus up to date

3 Resep Sukses Kembangkan Bisnis dari Selat Vien'sIlustrasi Bank Digital. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sikap up to date dalam berbisnis dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Pertama, semakin populernya media sosial di kalangan masyarakat dan khususnya anak muda, mendorong Selat Vien’s aktif dalam memberikan informasi melalui media sosial. Mulai dari promo cashback, menu, dan cabang baru, hingga konten yang interaktif. Hal ini dilakukan untuk memberikan update dan membangun relevansi dengan pelanggan setia Selat Vien’s.

Kedua, di tengah era digital seperti saat ini, jelas banyak pelanggan yang menjadikan transaksi digital sebagai bagian dari aktivitas sehari-harinya. Untuk itu, mengadopsi layanan pembayaran digital merupakan salah satu hal penting dalam berbisnis.

Selat Vien’s pun mengambil langkah serupa dengan mengadopsi ShopeePay sebagai alternatif layanan pembayaran digital sejak pertengahan tahun 2020. Banyak manfaat positif yang dirasakan Serra, mulai dari pencatatan yang rapi, berkurangnya resiko uang palsu, serta keamanan pelanggan saat bertransaksi di gerai.

“Selat Vien’s selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman. Bergabung dengan ShopeePay menjadi salah satu langkah kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan transaksi digital. Transaksi non-tunai kami pun meningkat pesat terutama dengan metode pembayaran ShopeePay. Kehadiran sistem transaksi ini juga membantu kami dalam berbagai aspek di mana salah satunya menyelamatkan penurunan omzet yang Selat Vien’s alami di awal pandemi,” jelas Serra.

Baca Juga: Cara Daftar NIB Secara Online, Mudah Banget! 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya