Comscore Tracker

5 Tips Amankan Gaji dari Pemborosan, Harus Lebih Bijak

Siapa nih yang gajinya suka habis duluan?

Ada beberapa tips untuk mengamankan gaji dari pemborosan. Seseorang yang tidak bisa mengatur gaji dengan baik pasti akan sengsara. Hal itu terjadi karena uang gaji yang diterima hanya seperti 'angin lewat'. Salah satu penyebabnya adalah perilaku buruk dalam mengelola keuangan.

Banyak yang cenderung bersikap boros dan bereuforia sesaat setelah menerima uang yang jumlahnya cukup besar dalam satu hari. Tahan sikap tersebut dan segera benahi. Simak beberapa tips untuk mengamankan gaji dari pemborosan berikut ini!

1. Langsung sisihkan sebagian uang gaji untuk berinvestasi

5 Tips Amankan Gaji dari Pemborosan, Harus Lebih Bijakilustrasi uang (pexels.com/Lukas)

Sesaat setelah terima gaji, coba langsung menyisihkan sebagian uangmu untuk investasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk jangka panjang. Tidak apa-apa jika saat ini uang gajimu berkurang banyak untuk investasi.

Tetapi, hal tersebut tentunya bakal berdampak positif bagi kehidupanmu ke depannya. Daripada uangnya digunakan untuk foya-foya, cobalah untuk menabung dengan cara investasi biar ada gunanya.

2. Sesuaikan gaya hidup dengan besaran gajimu saat ini

5 Tips Amankan Gaji dari Pemborosan, Harus Lebih Bijakilustrasi merenung (pexels.com/MART PRODUCTION)

Jangan pernah memaksakan gaya hidup yang tidak sesuai isi dompet. Terkadang, hal ini dilakukan oleh seseorang dengan tujuan mengharapkan pengakuan dari orang lain. Padahal, hal itu malah akan membuat kondisi keuangannya menjadi boncos.

Cobalah untuk lebih bijak dalam menjalankan gaya hidup sebab kamu harus berpatokan kepada diri sendirinya. Jadi, jangan biarkan orang lain mengatur hidupmu sebab itu bakal membuatmu menjadi tidak bahagia secara materi.

Baca Juga: 5 Sikap yang Bisa Bantu Kamu Terhindar dari Pemborosan, Finansial Aman

3. Batasi pengeluaran hanya untuk pemenuhan kebutuhan

5 Tips Amankan Gaji dari Pemborosan, Harus Lebih Bijakilustrasi belanja (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Selanjutnya, kamu bisa mulai berusaha untuk membatasi pengeluaran dengan hanya digunakan tak lebih dari pemenuhan kebutuhan. Jangan terlalu memberikan porsi terlalu besar terhadap pemenuhan keinginan-keinginanmu.

Selagi kebutuhan terpenuhi, kamu masih tetap bisa hidup, kok. Namun, jika keinginan yang tidak bisa dipenuhi, itu tak masalah bagi keberlangsungan hidupmu. Intinya, kamu harus bijak dalam mengatur pengeluaran.

4. Jangan bersikap FOMO jika ada hal yang viral muncul

5 Tips Amankan Gaji dari Pemborosan, Harus Lebih Bijakilustrasi merenung (pexels.com/Anna Shvets)

Siapa nih yang suka banget bersikap FOMO atau fear of missing out? FOMO adalah sebuah kondisi di mana seseorang ingin mengikuti hal-hal yang sedang viral. Hal itu dilakukan agar mereka tidak ketinggalan zaman. Alhasil, mereka melakukan hal itu tanpa pikir panjang.

Contohnya di sini adalah token-token blockchain dari artis-artis ternama. Tidak sedikit orang yang ingin mengikuti hal tersebut. Tetapi beberapa saat kemudian, harga dari koin cryptocurrency itu turun drastis sehingga mereka merugi.

5. Berbelanja kebutuhan tersier saat ada diskonan

5 Tips Amankan Gaji dari Pemborosan, Harus Lebih Bijakilustrasi belanja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kamu bisa mulai menerapkan gaya hidup untuk berbelanja barang-barang jika ada diskon. Ketika ingin memberikan self-reward, sebisa mungkin kamu wajib menunggu adanya diskon yang tidak terlalu menguras isi kantong.

Hal itu bakal membuat keinginan batinmu terpenuhi serta kondisi dompet menjadi aman. Alhasil, kamu tidak akan merasakan yang namanya kehabisan gaji di tengah bulan hanya karena banyak membeli barang dengan harga selangit.

Dari kelima hal di atas, mana saja yang sudah kamu lakukan? Mengelola uang memang perlu kebijaksanaan tinggi. Jika hal itu diterapkan, gajimu pasti gak akan cepat habis.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Pemborosan Selama Ramadan, Mudah untuk Diterapkan!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya