Comscore Tracker

5 Cara Bijak Menggunakan Uang THR, Jangan Langsung Dihabiskan!

Gunakan THR untuk hal yang bermanfaat!

Perayaan Idulfitri selalu identik dengan Tunjangan Hari Raya alias THR. Gak memandang kalangan dan umur, THR bisa didapatkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk tahun ini, berapa banyak THR yang kamu dapatkan? Tentunya banyak, dong! Nah, agar THR yang kamu dapatkan di tahun ini dapat digunakan sebaik mungkin, kamu bisa mengintip lima langkah bijak di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

1. Menabungnya

5 Cara Bijak Menggunakan Uang THR, Jangan Langsung Dihabiskan!ilustrasi menabung (pexels.com/JD'S)

Mendapatkan Tunjangan Hari Raya alias THR menjadi salah satu kesenangan tersendiri bagi tiap orang. Soalnya, hanya di perayaan ini kita mendapatkan 'jajan tambahan', baik itu dari atasan hingga keluarga dan kerabat terdekat.

Sebaiknya THR yang kamu dapatkan jangan langsung dibelanjakan, lho. Kamu bisa mengalihkannya secara bijak dalam menjadikan THR sebagai tabungan. Tentunya tabungan ini akan sangat membantumu di kemudian hari. Jadi, THR kamu pun bisa berguna untuk keperluan mendadak nanti!

2. Sedekah

5 Cara Bijak Menggunakan Uang THR, Jangan Langsung Dihabiskan!ilustrasi bersedekah (pexels.com/Timur Weber)

Jika ingin menambah pahala setelah bulan Ramadan, kamu bisa menggunakan sebagian dari THR untuk bersedekah, lho. Ada begitu banyak orang yang jelas sekali membutuhkan uluran tangan dari sesama. Kalau bukan kamu yang memulai, lalu siapa lagi?

Pilihan bersedekah pun bisa bermacam-macam. Bisa dapat berbentuk uang tunai atau bahkan membelikan sembako yang kemudian akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Selain telah berkontribusi untuk menunjang kehidupan orang, kamu juga mendapatkan pahala setimpal dari Tuhan. Ide yang mulia, bukan?

Baca Juga: 5 Kelalaian Diri yang Bikin THR Cepat Ludes Gak Bersisa, Yakin Khilaf?

3. Gunakan untuk belanja kebutuhan

5 Cara Bijak Menggunakan Uang THR, Jangan Langsung Dihabiskan!ilustrasi belanja kebutuhan (pexels.com/Jack Sparrow)

Agar THR lebih bermanfaat, kamu bisa alokasikannya untuk menjadi biaya tambahan dalam berbelanja kebutuhan. Sebelum membelanjakannya, ada baiknya kamu menghitung terlebih dahulu berapa total THR yang kamu dapatkan di tahun ini.

Lalu, mulailah catat kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi. Bisa saja kebutuhan sandang hingga pangan yang dapat menunjang kehidupanmu hingga berhari-hari ke depannya. Gunakan dengan bijak, ya!

4. Gunakan untuk hiburan

5 Cara Bijak Menggunakan Uang THR, Jangan Langsung Dihabiskan!ilustrasi seseorang menonton film (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Selain untuk berbelanja kebutuhan, kamu juga bisa alokasikan uang THR-mu untuk membiayai kegiatan hiburanmu. Tentunya ini bisa jadi pelarian untukmu saat hari liburan, gunakan waktu sebaik mungkin sebelum beraktivitas kembali, ya.

Perlu dicatat juga, hiburan untuk diri sendiri memang perlu sebagai bentuk apresiasi diri yang telah berjuang hingga detik ini. Namun alih-alih untuk menghabiskan uang dalam hal hiburan, kamu juga harus bisa membatasi pengeluaranmu agar tidak terjerumus ke dalam keborosan, ya. Gunakan dengan sewajarnya dan secukupnya saja.

5. Bayar utang atau cicilan

5 Cara Bijak Menggunakan Uang THR, Jangan Langsung Dihabiskan!ilustrasi membayar cicilan (pexels.com/Kampus Production)

Agar THR dapat lebih bermanfaat dan tidak berujung pada habis sia-sia, THR bisa juga kamu gunakan untuk membiayai cicilan ataupun utang yang sedang kamu miliki.

Dengan dana yang lebih ini segera tutupi cicilanmu. Tentunya hal ini tidak akan membebanimu nanti saat hari jatuh tempo cicilan telah tiba. 

THR menjadi hal yang paling dinantikan oleh tiap orang. Oleh karenanya saat telah memiliki THR, ada baiknya pula jika kita dapat membelanjakannya secara bijak. Hal ini tentu agar kamu gak terjerumus ke dalam perilaku boros yang berujung duit THR justru habis seketika. So, gunakan semuanya secukupnya dan seperlunya saja, ya.

Baca Juga: 4 Tujuan Investasi THR Lewat Reksa Dana, Kuy Dicoba!

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya