Comscore Tracker

5 Rekomendasi Penerbit Indie yang Siap Terbitkan Karya Terbaikmu!

Berkarya hari ini, cemerlang esok hari

Buat kamu yang suka banget nulis puisi, novel, atau apapun itu, kamu pasti pengen banget kalau karya itu bisa dibaca banyak orang. Kamu akan memiliki kebanggaan tersendiri ketika karyamu diapresiasi orang lain. Itu wajar, karena hak kekayaan intelektual itu memang tak mudah diciptakan.

Seiring ketatnya persaingan di dunia penerbitan buku, tak jarang banyak penulis terpaksa mengubur karyanya di laci meja. Daripada frustasi, simak penerbit di bawah ini yang siap terbitkan naskahmu!

1. Berdiri tahun 2014, Ellunar bisa jadi harapanmu!

5 Rekomendasi Penerbit Indie yang Siap Terbitkan Karya Terbaikmu!ellunarpublisher.com

Seperti bulan yang akan memeluk mimpi-mimpi bumi, begitulah cita-cita Ellunar. Penerbit yang memiliki follower 20 ribuan lebih di Instagram ini selalu terbuka menerbitkan naskah dengan genre apa saja selama tidak ada unsur SARA dan plagiarisme. Karena Ellunar adalah penerbit indie, maka biaya penerbitan yang mereka tawarkan sebesar Rp400 ribu untuk 100 halaman.

Eits, jangan salah budget segitu sudah termasuk semuanya, lho. Mulai dari cover buku keren, layout unik, dan ISBN. Bahkan bukumu akan dicetak 5 eksemplar. 2 buku untuk Perpustakaan Nasional (syarat ISBN), 1 buku untuk simpanan penerbit, 2 buku untuk penulis gratis ongkos kirim. Royalti yang kamu dapatkan minimal 15% dari buku yang terjual.

Gimana, kamu masih ragu? Sudah banyak yang menerbitkan naskahnya bersama Ellunar!

2. Belum berdiri setahun, jangan anggap sepele penerbit One Peach Media!

5 Rekomendasi Penerbit Indie yang Siap Terbitkan Karya Terbaikmu!instagram.com/onepeach.media

Berdiri sejak Maret 2018, Penerbit One Peach Media sering dibanjiri penulis dari berbagai kalangan untuk membukukan naskahnya. One Peach Media menawarkan biaya penerbitan buku sebesar 400 ribu sama dengan Ellunar dan fasilitas yang sama juga.

Menurut testimoni beberapa penulis yang sudah menerbitkan bukunya di sini, One Peach Media memiliki kualitas cover dan isi buku premium alias seperti buku-buku yang ada di toko buku gramedia. Pelayanannya juga cepat dan ramah.

One Peach Media bahkan tak segan membantu para penulisnya untuk mempromosikan buku mereka di media sosial. Royalti yang kamu terima sebesar 10-25 persen dari setiap buku yang terjual. Asyik, kan?

3. Memasuki 2 tahun berdiri, Stiletto Book juga bisa atasi kegalauanmu!

5 Rekomendasi Penerbit Indie yang Siap Terbitkan Karya Terbaikmu!instagram.com/stiletto_book

Masih galau naskahmu ditolak penerbit mayor? Tenang, dunia belum berakhir. Selain sebagai penerbit mayor, Stiletto juga penerbit indie. Itu artinya Stiletto sangat welcome dengan penulis yang ingin sekali menerbitkan naskahnya bersama mereka.

Kamu gak perlu nunggu berbulan-bulan ditambah harap-harap cemas naskahmu ditolak atau diterima. Stiletto Indie Book hadir untukmu tanpa proses seleksi. Mereka bersedia membukukan naskahmu baik itu fiksi ataupun non fiksi. Kamu tinggal memilih paket yang tersedia sesuai kantongmu.

Harga paket yang mereka tawarkan minimal Rp450 ribu. Harga ini sudah termasuk bukti terbit buatmu 2 eksemplar, konsultasi sampai buku terbit dan naskahmu juga akan di-proof sama editor.

Selain itu, kamu juga diberikan panduan booklet untuk mempromosikan bukumu di sosial media. Royalti yang kamu dapatkan adalah 65 persen dari harga jual buku dikurangi biaya produksi. Lumayan, kan?

Baca Juga: Biar Makin Cerdas, 6 Buku Pengetahuan Umum Ini Wajib Kamu Baca

4. Penerbit Deepublish hadir memenuhi kebutuhan para pendidik Indonesia

5 Rekomendasi Penerbit Indie yang Siap Terbitkan Karya Terbaikmu!instagram.com/penerbitbuku_deepublish

Cocok banget buat para dosen atau guru. Ratusan penulis dari puluhan Institusi Pendidikan sudah menerbitkan buku ajar dan buku referensi bersama Deepublish. Cukup membayar biaya cetak buku, maka ini sudah sangat membantu buat para pendidik Indonesia.

Yup, untuk proses penerbitkan buku (ISBN, Cover Buku, Layout) gak perlu bayar. Royalti yang didapat pun sekitar 15 persen dari harga jual buku yang penulis tentukan sendiri. Deepublish telah menerbitkan lebih dari 3000 naskah. Buku penulis juga akan dibantu dipromosikan di e-commerce ternama.

Yuk, para pendidik terbitkan buku sekarang juga demi bangsa yang lebih berwawasan dan cerdas!

5. Naskahmu ditolak penerbit mayor melulu? Coba kirimkan aja ke penerbit Wahyu Qolbu

5 Rekomendasi Penerbit Indie yang Siap Terbitkan Karya Terbaikmu!instagram.com/fathiyah_azizah

Setiap penulis memiliki ciri khas unik dalam menuangkan inspirasinya ke dalam sebuah buku. Fiksi-fiksi yang mereka tulis kadang terinspirasi dalam pengalaman hidup pribadi ataupun orang lain.

Banyak remaja Indonesia yang tidak pernah berhenti mengejar mimpinya menjadi penulis dan sangat ingin bukunya dipajang di toko buku gramedia. Selain Gramedia Pustaka Utama, Elexmedia, Inari, Bentang Pustaka, dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada satu penerbit unik yang khusus menerbitkan buku fiksi dan non fiksi islami yang desain covernya begitu memesona dan memikat hati bagi para pembaca. Ya, Penerbit Wahyu Qolbu!

Penerbit ini sering kali menerbitkan fiksi populer dan melahirkan penulis-penulis best seller di mana konten bukunya gak membosankan, alur cerita yang gak gampang ditebak dan punya pesan tersirat bagi pembacanya. Memang gak mudah menerbitkan buku di Wahyu Qolbu karena proses seleksi yang cukup ketat.

Percayalah kalau kamu memang penulis sejati, milikilah prinsip, "Niat baik pasti diberi jalan oleh Tuhan. Semua tergantung seberapa kuat tekad dan usaha seseorang." Bukankah naskah yang diterima atau ditolak hanyalah sebuah perjalanan?

Jangan berharap lebih, sebelum berusaha lebih!

Baca Juga: Siapa Sangka, 5 Penulis Dunia Ini Naskahnya Dulu Berkali-kali Ditolak Penerbit

Iffah Zehra Photo Community Writer Iffah Zehra

Creative Writer. Novelist. A Student. IG: @iffahzehra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You