TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Perbedaan Chirashi Sushi dan Kaisendon, Pencinta Sashimi Wajib Tahu 

Chirashi sushi dan kaisendon adalah hidangan khas Jepang

chirashi sushi dan kaisendon (YouTube.com/Takoshiho Cooks Japan | commons.wikimedia.org/nesnad)

Salah satu hidangan Jepang paling terkenal yang terdiri atas nasi dan ikan mentah yang segar atau sashimi adalah sushi. Namun di Jepang, hidangan berbahan dasar nasi dan sashimi tidak terbatas pada sushi saja. Ada dua hidangan serupa yang menggunakan komposisi bahan yang sama, yaitu chirashi sushi dan kaisendon.

Sama-sama terdiri dari nasi dan sashimi, seringkali orang tidak bisa membedakan antara chirashi sushi dan kaisendon. Nah, bagi kamu pencinta makanan Jepang khususnya sashimi, patut mengetahui empat perbedaan di antara keduanya berikut ini.

1. Komposisi bahan pelengkap

kaisendon (commons.wikimedia.org/Daderot)

Bahan utama untuk membuat chirashi sushi dan kaisendon sama-sama nasi dan sashimi. Namun keduanya dibedakan dari komposisi bahan pelengkap.

Bahan pelengkap chirashi sushi bervariasi, tergantung ketersediaan dan selera. Tetapi biasanya chirashi sushi disajikan dengan sayuran seperti jamur shiitake, wortel, akar teratai, nori dan omelet telur.

Sedangkan kaisendon berfokus pada sashimi sebagai bahan utama yang disajikan di atas nasi putih. Dalam penyajiannya, telur dan sayur tidak selalu ada untuk melengkapi kaisendon.

Baca Juga: 3 Fakta Japanese Rice, Beras Khusus untuk Membuat Sushi

2. Nasi yang digunakan

chirashi sushi (YouTube.com/YUCa's Japanese Cooking)

Meskipun sama-sama menggunakan nasi, rupanya nasi untuk membuat chirashi sushi dan kaisendon juga berbeda.

Chirashi sushi menggunakan nasi khusus sushi yang sudah diberi cuka. Berbeda halnya dengan kaisendon yang menggunakan nasi putih biasa tanpa tambahan apapun.

3. Presentasi hidangan

kaisendon (commons.wikimedia.org/nesnad)

Bahan-bahan yang digunakan untuk chirashi sushi cenderung bervariasi. Dalam seporsi chirashi sushi terdapat kombinasi sayur mayur, sashimi, dan bahan pelengkap lain yang kemudian ditata dengan rapi sehingga membuat hidangan ini terlihat sangat berwarna.

Berbeda dengan kaisendon yang hanya menggunakan nasi dan sashimi saja. Presentasi kaisendon terlihat lebih sederhana dibandingkan chirashi sushi.

Baca Juga: [QUIZ] Buktikan kalau Kamu Penggemar Sushi Melalui Kuis Ini!

Verified Writer

Alfadhylla Rosalina Wibisono

An ESFP - but sometimes like to be quiet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya