5 Buah Ini Kaya Akan Vitamin C, Bagus Banget untuk Kesehatan Kulit!

Bikin awet muda guys

Vitamin C atau asam askorbik merupakan vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini mempunyai banyak fungsi di dalam tubuh. Beberapa contoh vitamin C adalah sebagai sintesis kolagen, absorbsi dan metabolisme besi, berperan dalam mencegah aterosklerosis, menurunkan kolesterol serta fungsi-fungsi lainnya.

Dalam memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, kamu perlu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C. Makanan tersebut bisa berupa produk nabati seperti buah maupun sayuran. Nah berikut lima buah yang bisa kamu gunakan sebagai sumber vitamin C.

1. Jambu batu

5 Buah Ini Kaya Akan Vitamin C, Bagus Banget untuk Kesehatan Kulit!unsplash.com/Amirul Islam

Salah satu buah yang bisa kamu jadikan sebagai sumber vitamin C adalah jambu batu. Vitamin C yang terkandung adalah 302mg dalam 100 gram jambu. Vitamin C tersebut terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C pada jambu akan semakin memuncak saat menjelang matang.

2. Jeruk lemon

5 Buah Ini Kaya Akan Vitamin C, Bagus Banget untuk Kesehatan Kulit!unsplash.com/Lauren Mancke

Buah laiannya yang mengandung kandungan vitamin C tinggi adalah jeruk lemon. Dalam 100gram jeruk lemon terdapat 50mg vitamin C. Jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dibandingkan jeruk nipis serta sebagai sumber vitamin A, B1, B2, fosfor, kalsium.

Baca Juga: 5 Sayuran Sebagai Sumber Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

3. Jeruk orange

5 Buah Ini Kaya Akan Vitamin C, Bagus Banget untuk Kesehatan Kulit!unsplash.com/Spencer Wing

Selain jeruk lemon, jeruk orange juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Jumlah vitamin C yang terkandung dalam 100 gram jeruk orange adalah 49mg. Vitamin C terdapat pada sari buah, daging, dan kulit, berperan dalam proses  penyerapan zat besi non organik. 

4. Mangga

5 Buah Ini Kaya Akan Vitamin C, Bagus Banget untuk Kesehatan Kulit!unsplash.com/Phoenix Han

Buah lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai sumber vitamin C adalah mangga. Kandungan vitamin C dalam 100gram mangga adalah 41mg. Berdasarkan hasil penelitian, mangga dodol merupakan mangga yang paling banyak mengandung vitamin C, sedangkan mangga kuini paling sedikit mengandung vitamin C.

5. Jeruk nipis

5 Buah Ini Kaya Akan Vitamin C, Bagus Banget untuk Kesehatan Kulit!unsplash.com/Luke Besley

Buah lainnnya yang dapat dijadikan sumber vitamin C adalah jeruk nipis. Namun kandungan kalsium pada jeruk nipis lebih tinggi dari pada vitamin C. Dalam 100gram jeruk nipis memiliki 27mg vitamin C dan 40mg kalsium. Manfaatnya adalah sebagai obat tradisional seperti obat batuk, penghilang rasa lelah, panas dalam. Jeruk nipis juga sering digunnakan dalam perawatan kecantikan.

Nah itulah lima buah yang bisa kamu makan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuhmu. Setelah membaca ini, jangan lagi malas mengonsumsi buah ya.

Baca Juga: Segar dan Kaya Vitamin C, Coba 6 Kue Enak dari Buah Kiwi Ini Yuk!

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You