Comscore Tracker

5 Menu Sarapan Praktis Khas Argentina yang Bikin Tubuh Berenergi

Pernah coba buat salah satunya di rumah?

Argentina memiliki berbagai jenis hidangan sarapan pagi yang lezat dan menggugah selera. Sebagian besar menu breakfast khas Argentina didominasi oleh roti-roti tradisional. Roti-roti tersebut pun mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber energi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati hidangan tersebut sambil ditemani secangkir teh atau kopi panas agar terasa lebih nikmat.

Dengan porsi yang tidak terlalu besar, hidangan khas Argentina pun terbilang praktis dan cepat untuk disantap. Berikut lima hidangan sarapan pagi khas Argentina yang paling populer.

1. Medialunas

5 Menu Sarapan Praktis Khas Argentina yang Bikin Tubuh Berenergimedialunas (instagram.com/ganacheokc)

Medialunas merupakan roti tradisional khas Argentina yang mempunyai tekstur lembut dan rasa sedikit manis. Namun, banyak orang yang beranggapan, bahwa roti berbentuk sabit ini merupakan tiruan dari roti khas Prancis, yaitu croissant.

Roti ini mempunyai dua varian. Ada medialunas berukuran besar yang terbuat dari mentega dan medialunas kecil yang dibuat menggunakan lemak babi.

Biasanya masyarakat Argentina menyantap medialunas sambil ditemani segelas kopi atau susu. Kue ini dapat dengan mudah ditemukan di warung pinggir jalan dan toko-toko roti.

2. Revuelto de gramajo

5 Menu Sarapan Praktis Khas Argentina yang Bikin Tubuh Berenergirevuelto de gramajo (instagram.com/buenmorfi)

Revuelto de gramajo dapat dijadikan sebagai menu sarapan pagi menyehatkan karena memiliki kandungan protein dan gizi yang tinggi. Hidangan ini terdiri dari telur orak-arik yang dipadukan dengan irisan daging dan kentang goreng. Namun, ada juga versi revuelto de gramajo yang menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti kacang polong, bawang merah, dan beberapa jenis sayuran.

Revuelto de gramajo termasuk hidangan sarapan pagi eksklusif bagi masyarakat Argentina. Sedangkan nama dari makanan ini diambil dari sang penemunya, yaitu Artemio Gramajo.

Baca Juga: 5 Street Food Khas Argentina, Rata-rata Punya Isian Keju Melimpah!

3. Empanada catamarquena

5 Menu Sarapan Praktis Khas Argentina yang Bikin Tubuh Berenergiempanada catamarquena (instagram.com/mylas_homemade_delicacies)

Dari segi tampilan, empanada catamarquena sangan mirip dengan pastel asal Indonesia. Namun, hal yang membedakannya adalah isian dari empanada catamarquena terdiri dari dengan daging sapi atau domba cincang yang telah dibumbui bawang merah dan bawang putih.

Untuk proses pembuatannya, adonan kue yang telah jadi kemudian digoreng dalam minyak panas. Hal itu dilakukan hingga warna kulit luarnya berubah menjadi keemasan. Pada saat sarapan, biasanya masyarakat Argentina dapat menghabiskan tiga hingga lima empanada catamarquena.

4. Churros

5 Menu Sarapan Praktis Khas Argentina yang Bikin Tubuh BerenergiChurros (instagram.com/kuncomida)

Churros dapat dijadikan sebagai menu sarapan yang praktis. Namun, beberapa restoran besar di Argentina juga sering menyajikan churros sebagai hidangan penutup.

Makanan ini terbuat dari adonan kue yang dibentuk panjang, lalu digoreng dan ditaburi gula pasir. Beberapa versi churros ada juga yang memiliki isian di dalamnya, seperti cokelat dan keju. Churros memiliki tekstur kulit luar yang renyah dan rasa manis yang mendominasi.

5. Panqueques con dulce de leche

5 Menu Sarapan Praktis Khas Argentina yang Bikin Tubuh Berenergipanqueques con dulce de leche (instagram.com/lourdes.ledesma_)

Beberapa negara di dunia memiliki varian pancake-nya masing-masing dengan bentuk dan rasa yang beranekaragam. Panqueques con dulce de leche merupakan hidangan pancake khas Argentina yang lebih tipis jika dibandingkan dengan jenis pada umumnya.

Proses pembuatan makanan ini pun sangat mudah, yaitu adonan pancake dimasak di atas wajan panas. Setelah matang, tambahkan selai dulce de leche pada bagian atasnya lalu lipat adonan dan siap untuk disajikan.

Kelima hidangan di atas dijadikan sebagai menu sarapan khas populer di Argentina. Cita rasa manis pun mendominasi kelima hidangan di atas. Apakah kamu pernah mencoba salah satu hidangan di atas?

Baca Juga: Resep Alfajor Khas Argentina, Renyah Bikin Nagih!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya