Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Khas Polandia yang Kaya Gizi dan Protein, Lezat!

Ada yang sudah pernah kamu coba sebelumnya?

Sebagian besar masyarakat Polandia memang gemar sekali mengonsumsi ikan yang diolah ke berbagai jenis makanan yang lezat. Selain memiliki rasa yang nikmat, ikan juga dikenal akan kandungan protein dan omega 3 yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak.

Dengan cita rasa yang autentik membuat hidangan ikan khas Polandia sangat terkenal di wilayah benua Eropa. Olahan ikan khas Polandia biasanya terbuat dari jenis, seperti salmon, herring, dan masih banyak lagi. Beirku lima menu hidangan ikan khas Polandia yang wajib untuk kamu coba.

1. Pierogi z lososiem

5 Olahan Ikan Khas Polandia yang Kaya Gizi dan Protein, Lezat!pierogi z lososiem (instagram.com/mspaullina)

Pierogi z lososiem sangat populer di kalangan masyarakat Polandia dikarenakan rasanya yang lezat dan mudah untuk dibuat. Hidangan ini berupa pangsit yang diisi daging ikan yang telah dicincang serta dicampur dengan berbagai jenis sayur-sayuran.

Sedangkan untuk penggunaan ikan biasanya memakai jenis salmon segar yang dikenal memiliki tekstur lembut dan kaya akan protein. Pierogi z lososiem sangat mudah sekali dijumpai di wilayah Gdynia dan Sopot.

2. Sledz

5 Olahan Ikan Khas Polandia yang Kaya Gizi dan Protein, Lezat!śledź (instagram.com/pan_tasak)

Śledź sering dijadikan sebagai makanan ringan dikarenakan memiliki porsi yang tidak terlalu besar. Hidangan ini terbuat dari daging ikan herring yang telah diasinkan lalu dicelupkan ke dalam acar campuran bawang dan tomat.

Śledź dapat dengan mudah dijumpai di banyak restoran yang ada di sepanjang kota di Polandia dan biasanya dijual dengan harga 2 euro atau sekitar Rp36 ribu. Selain itu, hidangan ini juga sering disajikan pada pesta pernikahan yang dinikmati bersama segelas bir.

Baca Juga: 9 Kuliner Sup Khas Polandia yang Cocok Disantap saat Musim Dingin

3. Forszmak

5 Olahan Ikan Khas Polandia yang Kaya Gizi dan Protein, Lezat!Forszmak (instagram.com/jbb_baldyga)

Kelezatan forszmak membuatnya tidak hanya disukai di Polandia, bahkan sangat digemari hingga ke Jerman dan Rusia. Hidangan ini terbuat dari jenis daging ikan herring yang dipanggang lalu dinikmati bersama kentang serta keju yang creamy.

Untuk menambah kelezatan saat menyantap forszmak, kamu juga dapat menambahkan telur dan irisan bawang. Biasanya, forszmak disajikan dalam panci kecil dan menjadi menu appetizer paling favorit.

4. Szalot

5 Olahan Ikan Khas Polandia yang Kaya Gizi dan Protein, Lezat!Szalot (instagram.com/psiubka)

Bahan utama yang harus disediakan untuk membuat szalot adalah daging ikan dan kentang. Langkah selanjutnya, kedua bahan tersebut dipotong menyerupai dadu kemudian direbus dalam air panas.

Setelah matang, kamu juga dapat menambahkan potongan wortel, sosis, hingga kacang polong. Proses terakhir campurkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk lalu tambahkan mayones dan bumbu khusus. Sekilas, szalot memang lebih mirip salad.

5. Ryba po grecku

5 Olahan Ikan Khas Polandia yang Kaya Gizi dan Protein, Lezat!Ryba po grecku (instagram.com/mamma.ichtroje)

Ryba po grecku merupakan salah satu hidangan klasik yang resepnya telah bertahan selama ratusan tahun lamanya. Makanan ini berupa ikan goreng yang disiram dengan saus tomat sehingga memiliki tekstur yang renyah dan basah.

Sedangkan ikan yang digunakan untuk pembuatan ryba po grecku adalah jenis apa pun yang memiliki daging berwarna putih. Masyarakat Polandia biasa menyajikan ryba po grecku pada malam Natal untuk dimakan bersama keluarga.

Nah, itulah beberapa hidangan ikan khas Polandia yang patut kamu coba. Dengan cara pengolahan yang terlihat unik membuat hidangan tersebut memiliki tampilan dan rasa yang autentik. Penasaran ingin mencicipi yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Fakta Arsik, Olahan Ikan Khas Sumatera Utara Tanpa Minyak dan Santan

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya